Kulit ku

Makanan Yang Mengandung Antioksidan Untuk Kulit

Makanan Yang Mengandung Antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan tinggi sebenarnya sangat baik untuk mengatasi kerutan dan garis-garis halus pada kulit Anda. Salah satu faktor terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah jenis makanan apa yang selalu Anda konsumsi sehari-hari. Jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang sehat, tubuh Anda tentu akan terjaga kesehatannya termasuk kulit. Nah, salah satu jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan kulit adalah makanan yang mengandung antioksidan. Di bawah ini terdapat beberapa daftar makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Jadi, usahakan Anda memasukkan daftar makanan ini dalam menu harian Anda.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Daftar Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Sama seperti kesehatan tubuh, kulit yang cantik dan lembut tergantung dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Memang usaha-usaha lain seperti olahraga, pola tidur, dan gaya hidup juga berpengaruh besar terhadap tubuh dan kulit. Namun, makanan adalah faktor utama agar Anda tetap sehat, lebih cantik, dan lebih muda. Jika Anda menginginkan kulit yang lebih halus dan ingin terlihat lebih muda, ada beberapa makanan yang kaya akan antioksidan yang harus Anda masukkan dalam menu makanan harian Anda. Meskipun Tubuh memerlukan zat-zat yang bermanfaat seperti protein, lemak, asam omega, dan vitamin, namun yang terbaik untuk kulit sekaligus sebagai anti-penuaan adalah antioksidan. Berikut daftar makanan yang mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kulit:

  1. Kacang almond

Vitamin E adalah antioksidan yang berperan penting dalam mencegah terjadinya kerusakan akibat paparan sinar matahari secara terus-menerus. Anda dapat mengonsumsi kacang almond setiap hari. Selain karena rasanya yang lezat, makanan ini juga dapat mempertahankan berat badan dan mencukupi energi tubuh setiap hari.

  1. Tomat

Tomat mengandung zat yang bernama lycopene yang kaya akan antioksidan. Antioksidan berperan penting dalam mencegah terjadinya penuaan dini dan dampak buruk akibat radikal bebas. Bukan hanya tomat, Anda dapat menemukan zat ini pada semua jenis sayur dan buah-buahan yang berwarna merah dan oranye.

  1. Semangka

Semangka adalah buah dengan rasa manis dan segar, yang sangat lezat jika dinikmati pada musim panas. Semangka juga mengandung lycopene dengan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

  1. Paprika merah

Paprika merah mengandung vitamin C yang tinggi, bahkan melebihi buah jeruk. Paprika merah juga kaya akan antioksidan, yang jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah terjadinya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

  1. Biji bunga matahari

Jika Anda menginginkan kulit yang kencang dan halus, Anda memerlukan selenium. Untuk mendapatkannya Anda harus mencari biji bunga matahari yang kaya akan selenium. Biji bunga matahari sangat mudah untuk dikonsumsi setiap hari, karena makanan ini telah diproduksi dan dikemas menjadi makanan ringan yang mudah didapat. Selenium juga berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat membuat Anda menjadi awet muda ketika mengonsumsinya secara teratur.

  1. Coklat hitam

Siapa yang tidak suka dengan makanan coklat? Ya, makanan dengan rasa manis dan lezat ini ternyata juga bermanfaat bagi kulit Anda. Pilihlah coklat hitam atau dark chocolate dengan kandungan flavanols yang dapat bekerja sebagai antioksidan yang baik. Mengonsumsi coklat secara teratur dapat melindungi dan membuat kulit Anda menjadi lebih lembut dan sehat.

  1. Apel

Buah apel dengan rasa manis ini ternyata juga mengandung antioksidan yang tinggi. Zat yang terkandung di dalam buah apel mampu mencegah terjadinya kerusakan pada kulit yang disebabkan karena paparan sinar matahati secara terus-menerus.

  1. Blueberry

Kebutuhan antioksidan di dalam tubuh, dapat tercukupi hanya dengan setengah cangkir blueberry setiap hari. Hal ini akan menjadikan kulit Anda tetap sehat, bebas kerutan, dan membuat Anda terlihat awet muda. Jika Anda tidak dapat menemukan buah blueberry yang segar, Anda dapat mencari tart, sereal, atau muffin yang terdapat blueberry di dalamnya.

  1. Bawang

Kita harus bersyukur sebagai masyrakat Indonesia, karena banyak sekali jenis makanan yang menggunakan bawang dalam setiap masakan. Bawang kaya akan quercetin sebagai antioksidan yang dapat mencegah garis-garis halus dan kerutan pada kulit Anda. Bawang juga sangat bermanfaat untuk melawan penuaan.

  1. Delima

Buah yang berwarna merah ini memiliki kandungan vitamin C yang dikenal mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari anggur merah. Buah ini juga dapat mengurangi risiko kanker kulit.

  1. Wortel

Wortel dan sayuran yang berwarna oranye mangdung beta-karoten yang dapat mebantu tubuh untuk memproduksi vitamin A melwan kanker. Wortel juga dapat bekerja sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh Anda.

  1. Jagung

Jagung juga merupakan makanan dengan antioksidan yang tinggi dan dapat melawan kanker dengan baik. Jagung memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh antara lain ferulic, anti-kanker yang dapat mengurangi risiko tumor, kanker payudara, dan kanker hati. Dan anthocyanin yang dapat bekerja sabagai pembunuh radikal bebas penyebab kanker.

Demikian daftar makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Tentunya daftar makanan ini belum lengkap, karena masih banyak sekali makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda tetap harus banyak mengonsumsi  biji-bijian, makanan berserat, sayuran, buah-buahan, ikan, telur, dan unggas untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Anda juga harus menghindari rokok, paparan sinar matahari secara terus-menerus, alkohol, dan makanan cepat saji. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top