Parenting Info

Makanan yang Memperkuat Tulang Anak

Menjaga pertumbuhan dan tumbuh kembang anak menjadi satu hal yang sangat penting dengan memberikan segala kebutuhannya dengan maksimal. Pemberian Makanan yang Memperkuat Tulang Anak yang tepat sangat membantu untuk membuat anak bisa tumbuh dengan maksimal hingga ia besar nanti. Menjaga kesehatan tulang sejak dini menjadi hal yang sangat penting sehingga membuatnya tetap hidup sehat dan kuat hingga ia beranjak besar.

Makanan yang Memperkuat Tulang Anak

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Selain itu, menjaga kesehatan tulang dengan memberikan makanan yang tepat juga akan membantu anak untuk terhindar dari berbagai penyakit tulang. Misalnya saja penyakit osteoporosis hingga osteoarthitis atau flu tulang. Dengan pemberian asupan vitamin D  dan juga kalsium yang cukup maka pertumbuhan anak akan sangat terbantu hingga tulang dan juga giginya akan tumbuh dengan sehat dan kuat. Berikut ini beragam jenis makanan yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

1. Susu

Beragam jenis aneka produk susu menjadi makanan yang wajib untuk dikonsumsi oleh anak yang masih dalam usia berkembang dan usia pertumbuhan. Produk susu memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga tulang tetap kuat pada anak. Susu dengan kandungan kalsium yang tinggi menjadi jenis kalsium yang harus dipilih untuk dikonsumsi oleh anak. Baik itu susu olahan ataupun ASI memiliki kandungan kalsium yang cukup untuk membuat anak bisa tumbuh dengan lebih  maksimal.

2. Keju

Jangan salahkan anak jika ia justru sangat suka dengan makanan olahan keju ataupun keju itu sendiri. Keju merupakan makanan olahan yang terbuat dari susu yang juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan kalsium yang tinggi inilah yang merupakan kandungan yang dibutuhkan tubuh anak untuk bisa berkembang dengan tulang yang kuat.

3. Sayuran Hijau

Sayuran memang menjadi salah satu makanan yang wajib untuk dikonsumsi oleh anak. Aneka kandungan yang menyehatkan badan terdapat pada sayuran yang membuat anak bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan salah satunya adalah kandungan kalsium maupun vitamin D. Terutama untuk sayur-sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kangkung, selada air dan berbagai sayuran hijau lainnya menjadi makanan penyumbang kalsium tertinggi.

4. Ubi-ubian

Aneka jenis ubi-ubian seperti ubi jalar dan lainnya juga baik untuk dikonsumsi oleh anak dan bahkan juga bayi. Kandungan vitamin yang terdapat pad ubi membantu tulang untuk bisa menyerap kalsium dengan lebih maksimal lagi. Sehingga, sesekali Anda bisa memasakan ubi yang diolah menjadi aneka jenis makanan untuk bisa dikonsumsi si kecil untuk manfaat yang baik bagi tulang.

5. Kedelai

Susu kedali, tempe ataupun olahan lainnya juga membantu untuk membuat tulang anak menjadi kuat. Bahkan tidak hanya itu saja, kandungan kalsium yang tinggi juga sangat membantu untuk pemulihan pada tulang yang mengalami cedera. Mengingat manfaat yang luar biasa ini ada baiknya juga untuk membiasakan anak supaya mau untuk mengkonsumsi olahan kedelai bahkan untuk bayi pun makanan ini juga aman untuk dikonsumsi.

6. Telur

Memberikan makanan berupa telur juga bagus untuk anak apalagi dimasa pertumbuhannya. Telur memiliki kandungan protein dan juga vitamin D yang bisa menyehatkan  untuk anak. Yang berhubungan dengan pertumbuhan tulang anak adalah vitamin D yang terdapat pada telur yang bahkan bisa memenuhi kebutuhan 6% akan vitamin D pada anak. Tentu dengan mengkonsumsi telur bisa membuat tulang sehat dan juga mampu untuk menambah asupan kalori yang juga dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas seharian.

7. Ceker Ayam

Anak yang suka sekali dengan ceker ayam baik itu dengan beragam jenis olahan juga bisa mendapatkan manfaat dari olahan tersebut. Kandungan hidroksiapatin, kalsium dan juga kolagen merupakan kandungan-kandungan yang terdapat pada ceker ayam yang juga bisa menyehatkan untuk anak. Ketiga kandungan ini merupakan kandungan yang dibutuhkan tulang dan juga bisa sangat baik untuk tulang. Fungsi dari ketiga kandungan tersebut digunakan untuk menjadi penambah kekuatan pada tulang.

8. Apel

Bagian apel yang mengandung kalsium yang cukup tinggi terletak pada bagian kulitnya. Kandungan kalsium yang lumayan tinggi ini bagus untuk menjaga kesehatan tulang pada anak. Selain itu, apel juga memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Sehingga, dengan mengkonsumsi apel selain untuk menjaga tulang juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi pada anak.

9. Buah jeruk

Rasanya yang manis dan asam serta cara mengkonsumsinya yang mudah membuat jeruk bisa menjadi salah satu buah yang bisa Anda berikan untuk anak sejak ia berusia bayi. Jeruk memiliki kandungan vitamin C dan juga kalsium yang cukup tinggi sehingga membantu untuk memperkuat tulang dalam masa pertumbuhan hingga anak dewasa nantinya. Selain itu, jeruk juga menjaga supaya tulang bisa tumbuh dengan normal dan menjadi lebih kuat.

10. Almond

Untuk mendapatkan tambahan asupan kalsium pada anak, Almond menjadi satu jenis makanan yang bisa diberikan pada anak. Makanan olahan yang berbahan dasar almond pun juga tetap memiliki kandugnan yang sama yang juga berguna untuk memberikan kesempatan pada tulang supaya bisa lebih maksimal dan bisa lebih sehat. Kandungan kalsium yang bagus untuk tulang juga diimbangi dengan protein yang tinggi yang pastinya juga akan sangat menyehatkan untuk anak.

Kesehatan tulang menjadi satu bagian penting yang memang harus diperhatikan. Untuk bisa membuat anak bisa berkembang dengan baik berikan makanan yang memang membantu proses perkembangannya tersebut seperti berbagai jenis makanan yang disebutkan diatas. Dengan pemberian makanan yang baik maka tulang anak pun akan terjaga dan tumbuh dengan lebih sehat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top