Makanan Kesehatan

Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Memilih makanan yang membuat kenyang lebih lama merupakan satu langkah sering dilakukan oleh mereka yang akan menurunkan berat badan. Pasalnya, makanan ini bisa mencegah perut keroncongan sehingga bisa menekan rasa lapar berlebih. Kelebihan lain dari mekanan ini bisa menekan karoli yang masuk dan mencegah kita makanan lagi setelah sarapan, makan siang, program baik untuk makan malam atau alternatif menghindari junk food.

makanan yang membuat kenyang lebih lama

Sponsor: halo jasa

1. Kedelai

Kedelai adalah sumber protein nabati yang baik untuk tubuh dan menjaga kesehatan. Menurut penelitian medis protein dalam kedelai dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Hal itu karena dalam kedelai terdapat serat dan protein sangat tinggi. Makan kedelai bisa membantu Anda terhindar dari kebiasaan ngemil setelah jam makan. Makan kedela di saat waktu break bisa menekan rasa lapar menjelang tidur. Sumbet protein, rendah lemak dan karbohidrat, serta indek glikemik nya yang juga rendah mampu menekan naiknya kadar gula dalam darah. Sehingga mencegah sekresi insulin yang berlebih dalam tubuh. Semakin stabil kadat gula darah dan insulin maka tubuh mampu mengurangi rasa lapar berlebih sehingga jumlah kalori yang masuk dapat dibatasi.

Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

2. Buah Apel

Buah apel adalah makanan favorit warga vegetarian dan penyuka diet. Buah berukuran kecil ini rata-rata memiliki 4,4 gram serat. Berkat seratnya yang cukup tinggi bisa dijadikan makanan pencegah rasa lapar. Mngkonsumsi apel setengah jama sebelum makan menjadikan serat dan sumber air nya mampu mengisi perut sehingga membuat perut lebih kenyang sehingga mengurangi porsi makan. Tak kalah pentingnya, apel mengandung senyawa seperti nutrisi dan vitamin. Apel juga kaya akan anti oksidan yang bisa menangkal masuknya zat radikal bebas ke dalam tubuh. Untuk bisa menikmati camilan apel, bersihkan kulit apel dengan air sampai bersih baru dikonsumsi langsung dengan kulitnya. Jika perlu rendam terlebih dahulu apel dengan air panas, gunanya untuk melunturkan lilin yang sering dipakai untuk mencegah pembusukan buah saat masih berada di toko.

Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

3. Alpukat

Sumber makanan pembuat kenyang lebih lama berikutnya adalah alpukat. Buah ini begitu dikenal akan sumber lemak sehatnya sehingga baik pula untuk kesehatan jantung. Konsumai alpukat di saat jam makan sianh biaa membantu perut Anda terasa kenyang hingga menjelang waktu makan malam. Studi yang diterbitkan oleh Nutrition Journal, alpukat tak hanya mengandung kadar lemak tinggi (lemak tak jenuh tunggal) saja, melainkam juga kaya akan serat. Satu buah alpikat sedang mengandung 13,5 gram nutrisi yang bisa mengenyangkan. Namun perlu diingat, meski buah ini tingg gizi, kalori dalam alpukat bisa dibilang cukup tinggi, yakni sekitar 140 kalori. Untuk mendapatkan khasiatnya, gunakan alpukat sebagai camilan dengan mengkonsumsi setengah nya saja.

Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

4. Ikan Salmon

Sumber makanan mengenyangkan yang berasal dari laut adalah ikan salmon. Yah, sejak lama salmon dijadikan menu istimewa kaya gizi untuk para penyuka diet dan yang ingin meningkatkan sumber gizi. Salmon adalah lauk kaya protein, sumber omega-3 paling baik, dan rendah lemak jahat. Salmon adalah sarana yang sering dikonsumai untuk menurunkan berat badan. Manfaat lain yakni membantu mengurangi resistensi insulin, tingkatkan sensitivitas glukosa, mencegah peradangan sekaligus mempercepat proses oksidasi lemak yang akhirnya membuat tubuh tidak cepat gemuk. Tingkat manfaat salmon pun bisa dibilang dua kali lipat dibanding ikan air tawar biasa. Mengkonsumsinya lengkap dengan sayuran pendamping seperti artichoke, brokoli, atau bayam bisa memberikan tubuh asupan serat sebanyak 5 gram per porsi. Komsumsi salmon di siang atau malam hari mencegah perut lapar setiap saat.

Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

5. Telur

Telur merupakan sumber protein paling banyak dikonsumsi orang. Menurut penelitian dati Biomedical Research Center, Baton Rouge, LA, seseorang yang mengkonsumsi telur ketika sarapan bisa membantu mengingkatkan kadar ghrelin. Ghrelin sendiri adalah hormon nafsu makan yang membuat otak memerintahkan tubuh untuk makan. Telur mengandung kadar ghrelin lebih rendah dan memiliki tingkat PPY atau hormon penyebab rasa kenyang yang cukup tinggi. Mengkombinasikan telur dengan sarapan lain bisa membetikan tambahan protein dan lemak yang membantu perut lebih kenyang. Banyak yang menganggap jika kuning telur adalah sumber kolesterol. Padahal bukan hanya kuning telur saja sumber kolesterol. Namun jika ragu, bisa pilih putih telur yang mengandung protein sehingga menunda rasa lapar Anda.

Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

6. Sayuran non-pati

Sayuran non-pati merupakan sayuran sumber serat tinggi dan kaya air. Beberapa sayuran jenis ini adalah mentimun, brokoli, bayam, wortel, seledri, kubis, zucchini, sayur kale, brussel, dan kubis. Sayuran non-pati mengandung kalori rendah namunsangat tinggi antioksidan. Cobalah konsumsi brokoli atau brussel sprouts saat sarapan atau jam makan siang. Kandungan nutrisi dan zat anti-kanker sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap 100gg brokoli mengandung 5,1 gram serat, dan brussel sprout mengandung 4,1 gram serat. Itu artinya serat pada sayuran ini bisa membantu perut merasa kenyang lebih cepat. Jika Anda bukan tipe orang penyuka dua sayuran ini, bisa pilih mentimun, wortel, bayam atau kubis.

makanan yang membuat kenyang lebih lama

 

7. Sup Kaldu

Makanan pencegah selera makan berlebih selanjutnya adalah sup kaldu. Banyak penelitian menyebut jika sup kaldu bening bisa dijadikan makanan sehat kaya gizi terlebih jika dipadukan dengan beberapa sayuran. Kombinasi sup dengan zat padat lainnya bisa menekan nafsu makan. Sup kaya akan serat dan protein non-lemak. Penelitian dari Pennsylvania State University, mereka yang mengonsumsi semangkuk nasi ditambah sup ayam rendah kalori nisa dijadikan sarapan  yang mengandung 100 kalori lebih sedikit dibanding mereka yang memulai sarapan dengan naai atau ayam panggang.  Untuk Anda yang tertarik mencoba sup kaldu, pastikan pilih sup kaldu bening bukan sup krim yang kental. Sup adalah cara praktis untuk kenyang sekaligus lezat rasanya.

Sekian beberapa sumber makanan yang bisa membuat perut terasa lebih kenyang. Sumber makanan ink bisa membantu program diet Anda sehingga tetap menjaga berat badan. Berbicara soal berat badan, belumlah sempurna tanpa mengikuti kelas body builder. Dan di Halo Jasa, adalah tempat dimana Anda akan menemukan banyak jasa trainer body builder.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top