Parenting Info

Makanan yang membuat anak menjadi cerdas

Perkembangan anak menjadi hal yang penting untuk di perhatikan oleh orang tua. Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan anak terutama untuk perkembangan kecerdasannya adalah dengan memperhatikan asupan gizi pada anak. Memberikan makanan yang membuat anak cerdas dengan cara melengkapi nutrisi untuk otak sehingga kecerdasan anak bisa meningkat sejak dini. Orang tua bisa memberikan asupan makanan dengan nutrisi tinggi khusus pada otak sejak anak berusia 1 hingga 5 tahun.

Sponsosored: cream perawatan wajah

Meskipun tingkat kecerdasan anak dipengaruhi oleh hal yang berbeda-beda namun asupan nutrisi dari makanan sehat tetap berperan penting. Makanan sehat berfungsi sebagai sumber energi untuk anak beraktifitas dan menumbuhkan sel-sel otak. Anak-anak yang mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan sehat akan mengalami peningkatan pada kemampuan kecerdasan akademik dan psikologis.

Makanan yang membuat anak menjadi cerdas.3

Berikut aneka jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi:

Ikan salmon

Jenis ikan yang satu ini merupakan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kecerdasan anak. Kandungan lemak omega 3, EPA, DHA yang ada pada ikan salmon sangat membantu pertumbuhan dan fungsi otak. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan salmon secara teratur akan meningkatkan ketajaman cara berfikir anak.

Telur

Makanan yang satu ini memang menjadi makanan yang bisa didapatkan dengan mudah dan juga dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, didalam telur juga terkandung aneka nutrisi yang sangat membantu untuk meningkatkan kecerdasan anak dengan baik. Pada kuning telur saja terkandung berbagai kandungan seperti kolin dimana kandungan ini membantu untuk menjaga dan meningkatkan perkembangan memori anak. Anda bisa menyajikan telur dengan berbagai olahan, yang tentu saja tetap bisa anda dapatkan manfaatnya yang luar biasa dari olahan telur tersebut.

Kacang Merah

Kacang-kacangan juga menjadi salah satu makanan sehat yang memiliki begitu banyak kandungan yang menyehatkan. Terutama untuk kacang merah ini mengandung omega 3 ALA yang cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya, kacang merah menjadi salah satu jenis makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi jika Anda ingin meningkatkan cara dan pola pikir anak.

Oatmeal

Saat pagi, oatmeal bisa Anda pilih menjadi salah satu jenis makanan yang Anda sajikan untuk sarapan anak. Oatmeal yang merupakan salah satu jenis sereal untuk anak-anak ini memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan dan bisa mencerdaskan anak. Oatmeal memiliki kandungan vitamin E, vitamin B, dan juga serat yang akan menjadi sumber energi untuk beraktifitas dan juga kinerja otak. Kandungan lain yang juga terkandung pada makanan ini antara lain seperti Seng dan juga Kalium yang bisa berfungsi maksimal untuk kesehatan otak.

Buah Berry

Buah-buahan memang selalu memiliki kandungan nutrisi dan juga gizi yang cukup untuk membuat tubuh anak menjadi lebih sehat. Salah satu jenis buah yang menjadi makanan sehat untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah buah berry. Buah-buahan yang termasuk menjadi buah berry diantaranya seperti ceri, blueberry dan strawberry. Kandungan yang terdapat di buah-buahan ini antara lain seperti omega-3 yang merupakan kandungan yang sangat berguna untuk kebutuhan kecerdasan otak.

Susu dan Yoghurt

Memberikan makanan tambahan ketika anak akan beraktivitas tentu bisa menjadi makanan yang begitu maksimal untuk digunakan. Yoghurt dan juga Susu merupakan jenis makanan sehat dengan kandungan vitamin B, vitamin D dan juga protein dimana kandungan ini merupakan nutrisi yang sangat membantu untuk perkembangan otak. Kedua jenis makanan ini menjadi jenis makanan yang tidak boleh untuk ditinggalkan sebagai menu utama karena memang makanan ini begitu penting dengan kandungan yang menyehatkan. Bahkan untuk anak semua umur dianjurkan agar tetap bisa mengkonsumsi susu untuk menambah kecerdasan dan perkembangan otot.

Kubis dan Bayam

Sayuran menjadi salah satu jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh anak terutama pada masa pertumbuhan. Dua jenis sayur yang sangat berfungsi untuk meningkatkan kinerja otak adalah kubis dan bayam. Kedua jenis sayuran ini memiliki kandungan antioksidan yang begitu tinggi dimana kandungan ini akan membantu perkembangan sel otak. Selain itu, bayam dank kubis juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti vitamin dan juga folat yang begitu berguna untuk tumbuh kembang anak.

Beragam Jenis Daging

Aneka jenis daging tanpa lemak juga menjadi makanan sehat yang kan meningkatkan tumbuh kembang anak. Ragam jenis daging seperti daging sapi merupakan daging yang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.  Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk anak terutama dimasa pertumbuhan karena kandungan ini akan memberikan energi lebih untuk anak agar bisa tetap fokus ketika mendapatkan pelajaran di sekolah.

Selai Kacang

Ketika memberikan roti untuk sarapan di pagi hari, Anda bisa menambahkan selai kacang untuk tabahan energi pada anak. Selai kacang memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi dimana vitamin E ini berfungsi sebagai aktioksidan. Mengkonsumsi selai kacang ini secara rutin akan membuat anak terlindung dari kerusakan membrane sel saraf sehingga membuat kinerja otak tetap dalam kondisi yang sehat dan focus. Ditambah lagi dengan adanya glukosa pada selai kacang akan menambah energi untuk anak sehingga kuat untuk beraktifitas seharian penuh.

Beragam jenis makanan menyehatkan diatas tentu menjadi salah satu kebutuhan anak yang harus dipenuhi. Dengan terpenuhinya kebutuhan akan makanan yang sehat dan bernutrisi maka kecerdasan anak pun akan meningkat dan terus meningkat. Namun, selain diberikan makanan sehat yang tepat, Anda juga harus terus mendorong anak untuk belajar untuk membuat kecerdasan menjadi semakin lebih baik lagi.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top