Makanan Kesehatan

Makanan Yang Bisa Buat Gigi Bersih Dan Lebih Kuat

Makanan Yang Bisa Buat Gigi Bersih Dan Lebih Kuat

Gigi yang sehat adalah gigi yang bersih serta kuat. Untuk mendapatkan gigi sehat maka banyak cara dilakukan seperti pergi ke dokter gigi, menyikat gigi secara rutin, menghindari makanan pemicu gigi rusak hingga memilik pasta gigi yang sesuai. Selain itu memilih makanan yang baik untuk gigi juga menjadi langkah dapatkan gigi sehat dan lebih kuat.

Sponsor: cream perawatan wajah

Ada banyak ragam makanan yang menyehatkan gigi dan bisa dikonsumsi sehari-hari. Anda tak butuh makanan mahal untuk dapatkan gigi kuat alami dan terawat. Berikut daftar makanan yang bisa buat gigi bersih dan lebih kuat.

1. Keju

Menurut Journal of General Dentistry yang terbit pada tahun 2015 menyebut bahwa anak-anak yang berusia  12 -15 tahun dan senang memakan keju cheddar ternyata memiliki kadar asam pada mulutnya lebih rendah ketimbang anak yang tidak mengkonsumsi keju. Selain itu, kadar asam yang terdapat pada mulut sehabis minum ternyata bisa menetralkan asam penyebab karang gigi. Jadi, dengan mengkonsumsi keju ditambah meminum air ternyata bisa menjaga kesehatan gigi sekaligus merawatnya.

2. Kismis

Kismis merupakan jenis makanan yang baik untuk kesehatan gigi. Kismi sangat mudah dtemui dan sering dijadikan camilan yang enak. Mengkonsumsi kismis kering yang terbuat dari anggur pilihan justru memiliki kandungan gula sukrosa 0%. Artinya kismis yang terbuat dari anggur ini sama sekali tidak mengandung gula atau pemanis yang menjadi penyebab rusaknya gigi. Makanan yang mengandung gula justru dapat mengundang bakteri penyebab plak yang menempel pada gigi. Jika plak terus terjadi maka gigi pun akan mengalami sejumlah gangguan. Kismis adalah makanan sumber fitokimia yang justru dapat membantu membunuh bakteri penyebab lubang pada gigi.

3. Jamur Sintake

Siapa yang belum pernah mencoba rasa lezat dari jamur sintake? Sayangnya jamur ini memang dijual dengan harga cukup mahal dan terbatas. Jamur asal Jepang ini ternyata baik dikonsumsi sekaligus membantu menyehatkan gigi. Didalam jamur sintake mengandung senyawa bernawa letinan atau sering disebut gula alami yang jusru dapat mencegah peradangan pada gusi. Peradangan gusi umumnya terjadi akibat menumpuknya sejumlah plak yang akhirnya membuat gusi berdarah. Seringnya gusi meradang dan tidak segera tertangani justru dapat menyebabkan masalah lain pada kesehatan.

4. Bawang putih

Makanan yang baik untuk kesehatan gigi selanjutnya adalah bawang putih. Siapa sangka bahwa bawang putih bisa dijadikan obat alami pembasmi bakteri dalam mulut. Didalamnya terdapat sejumlah senyawa anti bakteri yang bisa menghindarkan gigi dari kerusakan akibat lubang. Anda bisa konsumsi bawang putih beberapa kali dalam seminggu untuk membantu menjaga kesehatan gigi juga mulut. Sayangnya, mengunyah bawang putih dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

5. Apel, Stroberi dan kiwi

Makanan yang baik unuk kesehatan gigi dan mulut selanjutnya berasal dari buah-buahan segar seperti apel, strowberi dan kiwi. Ketiga buah ini mengandung viatmin C yang penting untuk kesehata gusi. Vitamin C akan membantu pembentukan kolagen gusi sehingga membuatnya menjadi lebih lembut, sehat dan bebas penyakit periodontal. Tak hanya itu, kiwi memiliki sifat astringency yang dapat membuat warna gigi jadi lebih putih cemerlang. Selain buah apel, strowberi dan kiwi Anda pun bisa mengkonsumsi berbagai buah atau sayuran segar yang mudah dikunyah. Menurut penelitian, mengunyah makanan justru bisa membersihkan plak yang menempel pada gigi berkat gerakan yang mengakibatkan rongga mulut dan gigi bergerak. Mengunyak juga mampu membersihkan gigi dari sisa makanan yang terselip di sela-sela gisi.

6. Biji wijen

Banyak yang berfikir apakah benar bahwa biji wijen mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi? Faktanya biji wijen dapat membantu menghilangkan atau membersihkan plak sekaligus menguatkan email (lapisan gigi terluar). Didalam biji wijen terdapat sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tulang gigi serta gusi. Selain rasanya yang renyah biji wijen dapat pula dijadikan camilan yang menyehatkan untuk tubuh, baik untuk kesehatan kulit dan rambut serta mampu mencegah penyakit degeneratif.

Selain biji wijen yang mengandung kalsium, sumber makanan berkalsium lainnya juga baik untuk membantu menjaga kesehatan gigi. Seperti yang dikupas oleh American Dental Association dimana gigi adalah bagian yang tersusun dari kalsium, fosfor, dan mineral lain. Jadi untuk membantu memperkuat gigi, konsumsi sumber kalsium sangat dianjurkan. Contoh makanan berkalsium selain wijen seperti susu, kacang almond, keju, atau sayuran hijau. Dan lebih dianjurkan lagi untuk menghindari makanan dengan kadar asam tinggi penyebab lesi atau lubang kecil pada gigi muncul. Anda pun bisa mencoba produk makanan atau minuman berkalsium tinggi.

7. Buah cranberry

Terakhir, sumber makanan yang baik untuk kesehatan gigi adalah buah canberry. Cranberry adalah buah satu jenis dengan buah berry namun memiliki rasa asam. Meskipun begitu canberry memiliki sejumlah manfaat serta khasiat terutama untuk gigi. Menurut Journal of Karies Research, buah cranberry memiliki polifenol sangat baik untuk untuk mencegah munculnya plak gigi, menurunkan risiko gigi berlubang dan menyehatkan gusi. Lebih baik mengkonsumsi 40-50 gram buah cranberry sangat dianjurkan sebab buah ini mengandung asam yang apabila terlalu berlebihan bisa menyebabkan lapisan gigi jadi makin berlubang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top