Makanan Kesehatan

Makanan Yang Baik Untuk Berbuka Puasa

Setelah seharian berpuasa, mencari menu berbuka puasa terbaik adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Tubuh yang lemah setelah berbuasa tentu membutuhkan menu berbuka yang sehat dan menyegarkan. Namun, kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan terlalu banyak pada saat berbuka puasa. Hal ini didasarkan untuk mengisi perut yang kosong setelah sebelumnya tidak mengkonsumsi apa-apa. Anda tentu harus tahu bahwa mengkonsumsi terlalu banyak makanan pada saat berbuka puasa adalah hal yang kurang baik karena akan meningkatkan gula darah dengan cukup signifikan dan mengangetkan kerja lambung serta sistem pencernaan. Nah, oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui beberapa makanan yang baik untuk berbuka puasa yang akan memberikan gizi yang cukup untuk mengembalikan tenaga Anda yang hilang, sembari Anda menjaga diri untuk tidak mengkonsumsi makanan terlalu banyak. Nah, apa saja makanan yang tepat untuk menu berbuka puasa? Simak ulasan di bawah ini.

Makanan Yang Baik Untuk Berbuka Puasa.2

Sponsor : cream pemutih wajah

  1. Kurma

Berbicara tentang bulan puasa dan waktu berbuka, tentu kita akan selalu mengingat kurma. Ya, buah yang satu ini begitu populer di kalangan masyarakat dan selalu dicari untuk menu berbuka puasa. Pada faktanya, kurma memang merupakan salah satu makanan terbaik untuk berbuka puasa yang bisa Anda konsumsi. Kurma mengandung beragam manfaat yang sangat baik sekali untuk mengembalikan kondisi tubuh pada posisi normal. Di dalam kurma terdapat kandungan glukosa, fruktosa, sukrosa serta kalori yang rendah yang tentu akan menyetabilkan metabolisme tubuh tanpa harus membebani sistem pencernaan Anda. Selain itu, mengkonsumsi kurma untuk menu berbuka puasa adalah salah satu sunnah Nabi yang wajib dilaksanakan oleh umat.

  1. Madu

Berbuka puasa dengan madu merupakan salah satu ide yang juga baik untuk dilakukan. Kita tentu tahu bahwa herbal yang satu ini memiliki rasa manis alami yang sangat enak. Rasa manis pada madu tergolong sangat efektif untuk memberikan tenaga yang baru setelah Anda seharian berpuasa dan kehilangan banyak energy. Rasa manis dari madu juga sangat enak untuk dinikmati. Lalu, bagaimana dengan kandungan madu? Madu mengandung banyak sekali manfaat seperti antioksidan, vitamin, kalium, magnesium, zat besi, mangan, dan sulfur yang bisa digunakan untuk memulihkan tenaga Anda yang hilang. Dengan konsumsi madu pada saat berbuka puasa, metabolisme Anda dapat dikembalikan pada posisi yang normal, seperti sebelumya. Nah, Anda bisa mengkonsumi madu secara langsung atau mencampurnya dengan air putih hangat untuk berbuka.

  1. Air putih

Jika Anda sedang menghindari beragam jenis makanan yang manis karena suatu alasan kesehatan, berbuka dengan air putih merupakan salah satu alternative yang bisa Anda lakukan. Memang, air putih memiliki rasa tawar yang mungkin kurang nikmat dibandingkan dengan kedua menu sebelumnya untuk berbuka puasa. Namun, kandungan air putih tidak bisa begitu saja disepelekan. Di balik rasa tawarnya, air putih menyimpan banyak manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh Anda. Saat berpuasa, tubuh akan terasa lemah dan dehidrasi. Air putih adalah agen yang sangat baik untuk mengatasi dehidrasi yang terjadi. Saat Anda mengkonsumsi air putih di waktu berbuka, tubuh akan terasa lebih segar dan dehidrasi dapat dihilangkan.

  1. Buah segar

Mengkonsumsi buah segar sebagai salah satu menu buka puasa adalah hal yang dianjurkan untuk Anda pilih. Ya, kita tentu tidak perlu ragu tentang kandungan buah yang bisa menyehatkan tubuh. Buah mengandung banyak kandungan, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan glukosa yang akan memberikan kesegaran yang lebih dan membuat tubuh kembali prima. Untuk menu berbuka puasa, mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air, seperti semangka merupakan pilihan yang tepat. Namun, sebaiknya Anda menghindari konsumsi buah yang mengandung asam terlalu tinggi, seperti jeruk, apel, atau lainnya karena akan berpotensi buruk pada sistem pencernaan Anda. Asam yang tinggi akan membuat asam lambung naik dan bisa saja maag yang Anda derita akan kembali terasa.

  1. Yogurt

Menu berbuka puasa lain yang tepat dan juga menyehatkan badan adalah yogurt. Kita tentu tahu bahwa yogurt merupakan salah satu olahan susu yang banyak digemari oleh masyarakat karena kandungannya. Yogurt mengandung banyak sekali manfaat yang sangat baik. Dalam yogurt terdapat bakteri baik yang aka menyehatkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, rasa manis dan asam pada yogurt dapat menghilangkan dehidrasi setelah seharian berpuasa. Mungkin beberapa dari Anda nampak ragu mengkonsumsi yogurt pada saat berbuka puasa karena kandungan asamnya. Namun, kandungan asam yogurt yang memiliki 4-5 pH masih bisa ditolerir oleh perut sehingga aman untuk dikonsumsi. Tentu saja Anda tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Beberapa ide makanan dan minuman di atas merupakan pilihan terbaik saat Anda ingin memilih menu berbuka Anda yang terbaik. Kandungan gizi yang ada pada beberapa makanan di atas akan sangat membantu Anda mendapatkan tenaga baru pengganti energy yang hilang saat berpuasa. Oleh karena itu, pilihlah menu berbuka sebagaimana di atas untuk menjaga kesehatan Anda selama berpuasa. Perlu ditekankan bahwa Anda sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa. Mengkonsumsi makanan yang berlebihan saat buka puasa akan berdampak pada kesehatan percernaan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
100%
angry

Comments

comments

To Top