Makanan Kesehatan

Makanan Super Yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak Saat Puasa

Makanan Super Yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak Saat Puasa

Memberikan makanan bergizi untuk anak pada saat puasa tiba memang sangat penting dilakukan. Pasalnya, nutrisi yang dikonsumsi anak bisa memberikan banyak manfaat seperti pemberi energi, penambah stamina, dan menjaga metabolisme tubuh, sehingga anak jadi tidak mudah lemas dan sakit-sakitan.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Memilih superfood yang baik akan memberikan sumber makanan yang penuh dengan nutrisi serta bermanfaat bagi kesehatan. Sejatinya, memasukkan makanan ke dalam piring anak tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Langsung saja, untuk memulai kebiasaan makan yang baik, berikut makanan super yang ampuh tingkatkan gizi anak saat puasa

1. Alpukat si superfood kaya lemak baik

Makanan Super Yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak Saat Puasa

Buah alpukat biasa disebut sebagai satu-satunya buah yang kaya akan lemak essensial sangat baik bagi tubuh. Bahkan lemak baiknya mampu menurunkan kolesterol jahat dan menambah pasokan kolesterol baik yang mampu melindungi jantung. Alpukan juga sumber serat alami yang sangat mudah terurai sehingga membuat tubuh jadi bebas gangguan sembelit dan cocok dikonsumsi untuk usia anak yang sangat rentan mengalami sembelit. Alpukat memiliki sifat anti kanker berkat kandungan vitamin E yang kaya.

Untuk bisa memberikan asupan nutrisi pada anak dengan buah ini, Anda bisa menyiapkan buah alpukat yang sudah matang. Masukkan daging buah kedalam wadah dan tumbuh dengan menambahkan sedikit sari jeruk nipis atau jus lemon. Bila suka tambahkan sedikit yogurt untuk camilan. Alternatif lain, Anda bisa mencamprkan alpukat dengan buah lain seperti pisang, persik, pir atau sesuai serela. Lumatkan bersama susu agar teksturan mirip bubur. Namun bila ingin lebih sehat, lebih utama tidak menambahkan gula dan ganti dengan madu.

2. Blueberry untuk serat alami

Makanan Super Yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak Saat Puasa

Untuk mempersipkan sahur atau buka puasa, Anda bisa sajikan menu dengan buah blueberry yang anak sukai. Blueberry segar mengandung vitamin, mineral dan antioksidan penting penangkal radikal. Buah ini juga mencegah anak dari gangguan kolesterol, melawan masuknya jenis kanker serta menguatkan memori yang dibutuhkan anak selama masa pertumbuhan.

Supaya anak tidak merasa bosan, Anda bisa membuat puding lembut dengan bahan blueberry. Cara membuatnya yaitu lumatkan atau blender secangkir buah hingga halus dan tambahkan secangkir air. Masukkan campuran bluberry halus kedalam agar-agar yang sudah dimasak dan tambahkan putih telur. Masak dan aduk hingga matang. Terakhir tuangkan kedalam wadah, dinginkan dan sajikan. Sajian puding blueberry coock untuk santap disaat berbuka. Anda juga bisa coba muffin dengan bahan dasar buah ini.

3. Oatmeal untuk sarapan bergizi

Makanan Super Yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak Saat Puasa

Superfood yang bisa Anda berikan untuk si kecil saat puasa adalah oatmeal. Oatmeal atau gandum utuh memiliki rasa dan teksture yang ringan sehingga mampu mencegah masuknya kadar gula berlebih dalam darah. Oatmeal adalah makanan berenergi kaya serat sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga mampu mengurangi kolesterol jahat yang baik untuk sarapan sahur sang anak. Anda bisa hidangkan semangkuk oatmeal dengan tambahan susu atau taburkan buah-buahan segar sesuai selera.

 4. Salmon sumber omega 3

Makanan Super Yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak Saat Puasa

Jika ingin memasukkan sumber daging, Anda bisa menambahkan ikan salmon pada menu makanan anak. Ikan salmon dikenal memiliki sumber lemak baik yang sering dikenal dengan lemak omega-3. Omega 3 berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaganya tetap sehat. Omega 3 juga mampu memperbaiki mood sekaligus mencegak kehilangan memori pada otak anak.

Cara agar menu ikan salmo tetap menarik untuk anak yaitu bisa dnegan membuat fish finger yang pasti anak suka. Lebih utama pilih ikan salmon liar agar terhindar dari bahan berbahaya seperti merkuri dan PCB. Pilih ½ kg fillet salmon segar, potong beberapa bagian atau sesuai selera. Celupkan potongan daging salmon kedalam teluk kocok, kemudian masukkan ke tepung roti/jagung. Tambahkan sedikit garam, bubuk bawang, parmesan untuk memberi rasa. Tambahkan pula potongan paprika dan masak kedalam wajan berisi minyak dengan api sedang.

5. Bayam sumber pemambah zat besi

Makanan Super Yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak Saat Puasa

Zat besi berguna untuk mencegah anak dari ganguan lemas dan lesu. Bayam adalah sumber zat besi yang kaya. Bayam juga mengandung tinggi alsium, asam folat, dan vitamin A dan C dan baik untuk pertumbuhan tulang dan otak selama masa pertumbuhan. Anda bisa memasak bayam dalam bentuk sayuran dengan menambahkan beberapa sayuran pelengkap lain seperti wortel, kubis, kacang panjang atau jagung. Sayur bayam paling cocok disantap pada waktu berbuka.

6. Ubi si sumber karbohidrat yang bervitamin

Makanan Super Yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak Saat Puasa

Untuk camilansang anak, Anda bisa menambahkan ubi. Mengkonsumsi ubi sangat baik untuk pertumbuhan dan gizi anak sebab umu mengandung bermacam vitamin seperti vitamin B, C, dan E. Ubi jalar memiliki sumber mineral zat besi,  kalsium, kalium, diperkaya karbohidrat kompleks dan serat. Sangat baik untuk pencernaan, mencegah kadar gula tinggi, memiliki serat yang mampu membuat kenyang dan cocok untuk resep camilan saat puasa.

7. Yogurt

Makanan Super Yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak Saat Puasa

Sumber nutrisi penting yang tak boleh tertinggal saat puasa adalah yogurt. Yogurt adalah susu hasil fermentasi yang baik untuk organ pencernaan. Yogurt kaya kalsium dan sumber protein baik untuk tulang dan gigi lebih kuat. Di dalam yogurt terdapat bakteri baik pencegah kanker usus. Anda bisa sajikan plain yogurt atau yogurt tanpa rasa dan rendah lemak untuk menu buka puasa si kecil. Agar lebih menarik, tambahkan aneka buah segar untuk memberi rasa alami.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top