Makanan Kesehatan

Makanan Sehat Yang Layak Dikonsumsi Saat Hujan

Cuaca yang dingin dan malas adalah hal yang sering menyertai pada saat musim penghujan tiba. Hal tersebut akan sangat mengganggu segala aktivitas yang akan Anda kerjakan dalam setiap harinya dan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Musim dingin pada saat hujan biasanya sangat cocok mengkonsumsi makanan yang hangat-hangat, karena selain mengenyangkan jenis makanan tersebut juga bermanfaat untuk menghangatkan badan sehingga Anda tidak akan merasakan kedinginan. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang layak dikonsumsi saat hujan yang dapat membantu mengatasi tubuh terhindar dari penyakit;

Sponsor: produk pemutih wajah

  • Sup Ayam

    Makanan Sehat Yang Layak Dikonsumsi Saat Hujan

Jenis makanan sehat yang sangat cocok dikonsumsi pada saat musim hujan adalah sup. Bahan utama dalam pembuatan sup yang menyehatkan adalah ayam, karena seperti telah diketahui daging ayam banyak mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga jika dikonsumsi secara rutin sup ayam bukan hanya berguna untuk menyehatkan badana akan tetapi juga akan memberikan rasa hangat pada tubuh Anda. dengan mengkonsumsi sup maka nafsu makan Anda akan meningkat serta badan akan berkeringat oleh karenanya. Jika tubuh berkeringat karena asupan makanan yang hangat maka tubuh tidak akan bereaksi terhadap cuaca dingin yang sedang terjadi dan tubuh menjadi kebal terhadap rasa dingin tersebut. bagi Anda yang sedang menjalankan program diet atau sedang mengurangi konsumsi daging anda juga dapat mengganti ayam dengan sayuran hijau yang segar seperti brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

  • Variasi Teh

Makanan Sehat Yang Layak Dikonsumsi Saat Hujan

Tidak dipungkiri lagi jika teh merupakan salah satu jenis minuman yang menyehatkan sekaligus menghangatkan badan terutama pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Teh banyak dikonsumsi pada saat musim dingin karena efeknya yang menghangatkan badan serta banyak sekali macamnya. Salah satu jenis teh yang kaya akan manfaatnya adalah teh hijau. Teh hijau banyak mengandung antioksidan sehingga sangat bermanfaat untuk menangkal virus serta bakteri yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. selain itu antioksidan juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. untuk itu ada baiknya Anda mengkonsumsi bermacam jenis teh sebagai menu sehat harian Anda, karena selain badan Anda akan terasa hangat juga akan terhindar dari berbagai penyakit. Teh lain yang bisa dinikmati saat musim hujan yakni teh olong, teh mint atau teh hitam.

  • Buah-Buahan

Makanan Sehat Yang Layak Dikonsumsi Saat Hujan

Jenis makanan yang menyehatkan berikutnya adalah buah-buahan. Seperti telah diketahui buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung berbagai macam vitamin serta nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat buah pada saat musim hujan adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika musim hujan tiba memang sangat rentan tubuh mengalami berbagai gangguan kesehatan, sehingga ada baiknya Anda tetap rutin mengkonsumsi buah walaupun sedang dalam musim hujan agar badan tetap terjaga kesehatannya. Buah-buahan juga banyak mengandung serat alami di dalamnya sehingga jika dikonsumsi secara teratur bukan hanya tubuh yang menjadi sehat akan tetapi juga pencernaan Anda akan terjaga kesehatannya. Pilih buah-buahan sehat seperti apel, pisang atau buah-buahan yang kaya vitamin C misalnya jeruk. Buah yang kaya vitamin C sangat cocok dikonsumsi ketika musim dingin dimana mampu mencegah masuknya virus. Seperti yang kita tahu, musim hujang sangat rentan mengalami gangguan imun berupa batuk, flu atau bersin.

  • Kacang Rebus

Makanan Sehat Yang Layak Dikonsumsi Saat Hujan

Kacang rebus termasuk golongan kacang-kacangan yang nikmat disantap saat mudim hujan. Selain rasanya yang nikmat, kacang rebus sangat baik dikonsmsi dibanding kacang dalam olahan lain misalnya kacang goreng. Kacang rebus bisa menjadi camilan yang mengenyangkat. Dibalik itu semua ternyata kacang rebus memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Berbagai studi pun dikembangkan melalui risert terhadap kacang ini. Dan hasil mengungkapkan bahwa beberapa jenis kacang memang memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Dalam kacang rebus tersimpan vitamin E, asam folat, serat, protein, magnesium, kaya antioksidan dan lemak tak jenuh. Karena nutrisi inilah yang mampu membuat kacang sehat untuk jantung jika mengkonsumsi sekita 140 gram kacang. Beberapa dapat membantu kacangan meningkatkan kadar kolesterol baik, mengurangi kadar kolesterol jahat, juga mencegah pengerasan pembulu darah arteri.

  • Ubi Jalar

Makanan Sehat Yang Layak Dikonsumsi Saat Hujan

Ubi jalar terkenal dengan rasanya yang manis dengan tekstur lembut saat digigit. Ubi jalar adalah sumber karbohidrat dengan serat penting serta vitamin didalamnya. Untuk dapat dikonsumsi ubi jalar bisa diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dipanggang, atau cara lainnya. Dan mengkonsumsinya tak membutuhkan tambahan pemanis sebab ubi jalar sudah mengandung gula alami. Ubi jalar baik dinikmati saat musim hujan karena mampu membantu mengurangi rasa lapar yang tiba0tiba muncul saat musim ini. Kandungan nutrisi penting ubi jalar adalah 28% mangan, 16% vitamin B-6, dan 15% potasium. Zat pembangun lain berupa koling yang berperan sebagai transmisi sel saraf, penyerapan lemak, dan mempertahankan struktur membran sel. Kolin adalah zat penting untuk otot, gerak dan memori juga memberikan efek anti radang dan anti radikal bebas. Kemudian ada Vitamin A yang membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan mata juga 6 gram serat ditambah 400 mg kalium.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top