Makanan Kesehatan

Makanan Sehat Untuk Sarapan Dari Semangkuk Granola

Makanan Sehat Untuk Sarapan Dari Semangkuk Granola

Menu sarapan yang bisa dibilang masih asing bagi sebagian orang adalah granola. Makanan sehat untuk sarapan dari semangkuk granola ini mengandung serat sangat tinggi yang bisa dijadikan alternatif makan pagi yang menyehatkan. Sarapan ini pernah menjadi trend dan banyak dikonsumsi untuk menambah stamina tubuh. Seperti apakah granola itu?

Sponsor: perawatan wajah

Granola adalah makanan perpaduan antara oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, ditambah dengan madu, minyak, atau pemanis lain sebagai pelengkapnya. Mengkonsumsi satu porsi granola bisa mengandung bahan yang berbeda. Sehingga nilai gizi yang didapat juga berbeda. Kandungan gizi seporsi granola bisa berupa protein, kalsium, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Karena kandungan utama granola terbuat dari oat (sejenis gandum) dan juga kacang, tak heran jika makanan ini sumber serat yang baik untuk pencernaan. Serat yang tinggi pada granola mampu mengontrol kadar gula, membantu menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, dan membantu program diet karena bersifat mengenyangkan.

Granola juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak ganda. Dimana dua asam emak tersebut sangat baik untuk membantu penurunan kadar kolesterol, mengurangi pengendapan sekaligus menurunkan tekaan darah. Manfaatnya mampu mencegah penyakit seperti diabetes, menyehatkan jantung, baik untuk kesehatan otak dan anti kanker. Granola memiliki vitamin dan mineral penting seperti vitamin E, seng, tiamin,  fosfor, asam folat,  magnesium, tembaga, mangan, dan selenium. Itulah beberapa komposisi lengkap dari seporsi granola untuk sarapan pagi yang menyehatkan.

Makanan Sehat Untuk Sarapan Dari Semangkuk Granola

 

Manfaat granola untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Granola adalah salah satu sumber pangan yang baik untuk sarapan. Menu ini juga tengah populer yang selain enak dimakan juga bisa dijadikan snack atau camilan sehat. Saat ini pun telah banyak produk granola yang berupa snack bar yang diyakini mampu menyehatkan sistem pencernaan, dan menjadi camilan sehat untuk diet. Mengkonsumsi granola memantu mengatasi masalah asupan yang berkaitan dengan program penurunan berat badan. Pasalnya, makanan ini mengandung serat yang bersifat mengenyangkan. Kalori yang ada pada granola bermanfaat untuk memberikan energi yang baik digunakan untuk aktifitas. Meski makan dalam jumlah cukup, energinya akan terbakar dengan cepat bersama aktivitas.

2. Membuat kenyang lebih lama

Selain serat, granola mengandung kalori padat yang mamp membuat kenyang lebih lama. Tetapi perlu diingat bahwa mengkonsumsi granola harus sesuai dengan takaran. Hal ini supaya menghindari kalori berlebih yang bisa mengganggua kandungan gizi saat masuk dalam tubuh. Jadi, jika mencari produk granola usahakan melihat jumlah kalori dan komposisi sebelum yakin membelinya. Karena granola terdiri dari lemak dan gula, maka pilih yang mengandung serat tinggi 20% dari nilai harian yang direkomendasi. Gula pada granola berasal dari buah-buahan sementara lemak atau kalorinya berasal dari produk granola sendiri. Lebih utama tidak memilih granola yang bebas gula atau lemak karena dapat mempengaruhi gizi seimbangnya.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Kandungan serat alami yang sangat tinggi dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan. Oleh sebab itu, sarapan dengan granola membantu mencegah gangguan BAB seperti sembelit. Serat granola masuk dalam kategori serat larut dan tidak larut, dimana kedua serat sangat baik menjaga keseimbangan pencernaan. Dalam jangka pendek, serat granola mampu mendorong penyerapan dalam usus jauh lebih banyak. Sedangkan di sisi lain, serat tak ralurnya juga membantu menjaga gerakan peristaltik di usus serta efektik menjaga kadar biota sehat pada usus sehingga tetap normal. Akibat serat seimbang yang tersimpan maka makanan ini baik untuk mengatasi maslaah enzim tak seimbang yang berkaitan dengan asam lambung.

4. Mendorong pembentukan energi

Granola hanya memiliki kadar lemak yang rendah, ditambah tinggi protein sekaligus sumber karbohidrat yang sehat. Karena perpaduan antara ketiga zat yang komplek tersebut membuat sarapan bersama granola dapat memberikan energi jauh lebih baik. Mineral seperti mangan juga sangat dibutuhkan untuk pembentukan energi sehingga sistem metabolisme dalam tubuh jadi lebih efisien. Tak hanya itu, granola sangat baik melindungi kerja ginjal dan liver dimana protein yang diubah kedalam asam amino yang bisa diserap mudah oleh otot dan sel. Jika kedua organ tubuh itu bekerja sangat baik, maka akan membantu mengatasi residu atau racun metabolisme.

5. Menurunkan kolesterol tinggi, menstabilkan gula darah, tekanan dara dan anemia

Serat larut pada granola bekerja baik sebagai anti kolesterol. Asam omega 3 dan 6 akan membantu meningkatkan kolesterol sehat. Granola memiliki zat potasium yang ampu mencegah naiknya tekanan darah. Pilih yang mengandun jenis buah kering lebih banyak. Pada anak-anak dan remaja sering mengalami kondisi anemia. Mengkonsumsi granola sangat baik sebab mengandung vitamin B1 dan zat besi yang baik dalam proses pembentukan sel darah merah. Terakhir, granola mengandung  mangan dan sejumlah senyawa fitonutrien  yang berasal dari kacang atau biji, efektif untuk membantu menjaga kadar gula dalam darah. Pilih granola yang mengandung flavonoid dari buah-buahan kering. Flavonoid sendiri sangat baik untuk memperbaiki fungsi pankreas dan oksidasi.

Makanan Sehat Untuk Sarapan Dari Semangkuk Granola

Cara menyajika granola untuk sarapan pagi:

Agar mendapat manfaat granola, sarapan ini bisa disajikan dengan memilih komposisi yang tepat dan sesuai kebutuhan. Karena biasanya produk olahan dari granola telah mendapat tambahan gula dan lemak tanpa lemak atau yogurt, maka pilih yang memiliki kalori rendah namun tinggi serat dan vitamin. Sajikan granola seperti sereal dan tambahkan susu. Agar lebih nikmat bisa masukkan kedalam kue atau muffin. Bisa juga tambahkan buah-buahan segar agar kandungan gizinya lebih komplit. Konsumsi 1/4 dalam sehari agar menjaga kalori.

0
0%
like
0
0%
love
1
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top