Makanan Kesehatan

Makanan Sehat Penunjang Ibu Dan Bayi

Pada dasarnya, bayi memang membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi setiap hari yang tentu saja dapat menunjang kesehatan dan juga kecerdasannya. Berbicara masalah asupan gizi pada bayi, ASI adalah sumber nutrisi pertama yang wajib diberikan sang ibu pada bayinya. Memang, ASI secara alami mengandung senyawa dan kandungan gizi yang sangat baik yang tentu saja dapat menjaga kondisi bayi secara umum. Akan tetapi, ketika umur bayi sudah semakin meningkat, maka seorang ibu dapat memberikan makanan penunjang untuk memenuhi kebutuhan gizi yang lain, sesuai dengan umur bayi tersebut. Tentu saja, kita mengenal banyak jenis makanan penunjang yang biasanya juga disarankan oleh perawat. Fungsi makanan penunjang ini sebenarnya tidak terkhusus pada bayi saja, tetapi juga untuk ibu. Nah, mari kita lihat beberapa contoh makanan sehat penunjang ibu dan bayi yang sangat baik untuk konsumsi harian. Apa saja contohnya? Simak ulasan di bawah ini.

Makanan Sehat Penunjang Ibu Dan Bayi.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Telur

Makanan yang satu ini memang merupakan salah satu bahan makanan paling bergizi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan bayi. Telur kerap kali menjadi lauk alternative yang sangat bergizi dan baik untuk perkembangan kecerdasan bayi anda. Dalam telur terdapat banyak sekali kandungan gizi yang bisa di manfaatkan, seperti protein dan juga mineral. Selain menjaga kesehatan bayi, telur juga dapat di andalkan untuk menjaga kesehatan ibu bayi. Nah, sebagai saran, untuk makanan bayi, Anda dapat membuat telur ayam kampung setengah matang dan memberikannya minimal seminggu tiga kali. Nah, untuk Anda, tentu saja Anda lebih bebas untuk memasak menu telur sebagaimana yang Anda sukai. Hanya saja, jangan terlalu banyak mengkonsumsi telur untuk tetap menyeimbangkan kesehatan Anda.

  1. Ikan

Ya, ikan adalah salah satu bahan makanan terbaik yang tentu saja dapat menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh si kecil. Ikan memang menjadi sumber protein hewani yang sangat tinggi dan baik untuk meningkatkan pola pikir dan bayi Anda. Perlu diketahui, ada kandungan omega 3 dalam ikan yang merupakan nutrisi esensial yang akan menutrisi otak bayi Anda. Dengan nutrisi yang cukup, tentu otak dapat lebih mudah menangkap hal-hal baru yang akan Anda berikan. Begitu juga bagi Anda, konsumsi ikan yang teratur tentu juga sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh Anda secara umum. Beberapa jenis ikan dengan kandungan omega 3 yang cukup tinggi adalah sarden, tuna dan juga salmon.

  1. Bayam

Sedari kecil, Anda sebagai seorang ibu, tentu harus berusaha mengajarkan bayi Anda untuk mengkonsumsi sayuran. Ya, jika bayi Anda sudah bisa mengunyah dengan cukup baik, maka memberinya menu makanan dengan beberapa sayuran adalah hal wajib yang sangat penting. Sebagaimana kita tahu bahwa sayuran mengandung banyak sekali gizi untuk memenuhi nutrisi harian bayi. Tidak hanya itu, sayuran juga dapat menjaga kesehatan Anda sebagai ibu. Salah satu sayuran terbaik untuk di pilih adalah bayam. Bayam memiliki kandungan zat besi yang bagi seorang bayi sangat baik untuk melancarkan sirkulasi oksigen ke otak sehingga kecerdasan mereka dapat meningkat dengan lebih signifikan. Anda bisa memasak bayam ini bersama wortel dan sayuran lainnya.

  1. Whole grain

Untuk menu lain yang dapat menjadi pilihan alternative bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan diri sendiri dan juga bayi, maka while grain dapat menjadi pilihan utama. Whole grain seperti oat meal ataupun beras merah memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk menunjang kesehatan serta kecerdasan bayi Anda. Dalam kedua bahan makanan ini terdapat kandungan vitamin B dan juga glukosa yang sangat baik. Dengan kandungan nutrisinya yang sangat baik, menyajikan menu oat meal atau beras merah untuk bayi tentu merupakan sebuah langkah yang tepat. Dewasa ini juga sudah banyak tersedia bubur oat meal atau beras merah yang dapat menjadi solusi jika bayi Anda belum bisa mengunyah denga baik. Berikan variasi menu ini juga untuk membuat bayi Anda tidak bosan dengan menu makanan yang Anda berikan.

  1. Buah berries

Selain sayur dan juga lauk pauk, buah menjadi salah satu bahan makanan yang tentu saja tidak bisa di lupakan saat Anda ingin menjaga kesehatan bayi dan juga kesehatan Anda sendiri. Kandungan gizi yang terdapat dalam buah mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda. Memang, ada banyak jenis buah yang dapat menjadi konsumsi harian. Salah satu buah terbaik terutama untuk si kecil adalah buah berries. Ada beberapa jenis berries yang sangat baik, seperti strawberry, blueberry, atau yang lainnya. Anda memang harus menyesuaikan pemberian buah sesuai dengan usia bayi. Jika mereka belum bisa untuk mengunyah dengan baik, maka Anda bisa membuatkan jus atau bubur dengan buah tersebut. Di sisi lain, Anda juga sebaiknya mengkonsumsi buah berries ini secara teratur untuk kesehatan yang terjaga dengan baik.

Beberapa ide makanan sebagaimana dijelaskan di awal memang sangat baik untuk menunjang kesehatan bayi dan juga Anda sendiri. Perlu diingat bahwa Anda harus membiasakan memberikan makanan bergizi pada bayi Anda sejak dini. Berikan secara bertahap dan teratur untuk memonitor kondisi keshatan dan juga kecerdasan bayi Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top