Parenting Info

Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa

Saat anak sudah mulai belajar untuk melakukan ibadah puasa sebaiknya diimbangi dengan pemberian Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa. Makanan pendamping ini akan membuat anak tetap dalam kondisi yang sehat meskipun harus menahan makan dan minum seharian penuh. Saat siang hari dimana anak juga harus melakukan aktivitas sangatlah penting supaya anak tetap bisa melakukann kegiatan secara penuh tanpa harus merasa kelelahan dan lemas.

Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa

Sponsored by: cream perawatan wajah

Bagi anak hal yang sangat sulit adalah ketika mereka harus menahan hawa nafsu dibarengi dengan aktivitas yang terlalu padat. Anak akan merasa mudah lelah, haus dan bahkan mungkin bisa juga mendapatkan kekebalan tubuh yang semakin menurun. Ketika hal ini terjadi maka sebaiknya berikan makanan-makanan y ang tepat mulai dari anak sahur hingga anak anak berbuka. Makanan-makanan ini akan sangat membantu untuk anak supaya bisa lebih semangat dalam menjalankan segala ibadah puasa dan ibadah lainnya saat bulan Ramadhan. Berikut ini berbagai makanan terbaik yang bisa diberikan kepada anak.

  1. Berikan Sayuran Hijau

Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa 1

Untuk membuat anak semakin mendapatkan asupan gizi yang tepat sebaiknya berikan asupan nutrisi yang cukup untuk anak sehingga tidak akan kehabisan tenaga saat siang hari. Sayuran hijau ini juga akan membantu kesehatan anak lebih terjaga terutama untuk masalah pencernaan. Bagian pencernaan memang bisa menjadi salah satu masalah yang kemudian mengganggu karena kurangnya asupan air pada saat siang hari pada anak. Ditambah lagi dengan tambahan kandungan alkalin yang membuat makanan ini menjadi semakin ideal untuk dikonsumsi saat puasa.

  1. Berikan Ayam goreng

Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa 2

Anak-anak pasti akan sangat suka dengan makanan yang satu ini. Rasanya yang gurih dan nikmat bisa menjadi salah satu jenis makanan yang bisa disiapkan saat buka puasa. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan ayam goreng yang ada di restoran cepat saji atau dipinggir jalan, sebaiknya membuatnya sendiri dirumah karena bisa lebih terkontrol sehingga tidak kan mengandung lemak yang tinggi. Rasanya yang lezat dan gurih pastinya menjdi makanan yang bisa membuat anak bisa lebih bersemangat untuk berpuasa setiap hari.

  1. Kurma

Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa 3

Bukan hanya anak-anak saja, kurma juga menjadi satu santapan penting bagi orang dewasa ketika puasa. Khususnya saat buka puasa anak bisa diberikan kurma sebagai makanan awal pembuka ketika puasa. Kurma menjadi buah yang memiliki begitu banyak khasiat yang ada didalamnya. Berbagai kandungan yang ada pada kurma diantaranya seperti vitamin, zat besi dan kalsium yang seluruhnya merupakan kandungan penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, ketika dikonsumsi pada saat berbuka puasa bisa langsung mengembalikan tenaga, anak pun akan tetap bugar dan sehat.

  1. Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa 4

Setiap ada makanan yang harus dikonsumsi ada juga makanan yang harus dihindari. Makanan yang paling utama yang harus dihindari ketika anak berpuasa adalah makanan yang mengandung lemak tinggi. Lemak jahat ini akan membuat kondisi menjadi tidak baik dan justru membuat kesehatan anak menurun. Harus dikontrol dengan baik setiap makanan yang dikonsumsi oleh anak, jangan sampai makanan-makanan yang masuk justru akan mengganggu kesehatan dan membuat anak tidak bisa lancar untuk menjalankan ibadah puasanya.

  1. Sesekali Berikan Beras Merah

Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa 5

Beras merah itu berbeda dengan beras putih. Beras merah memiliki khasiat dan kandungan yang lebih komplit dibandingkan dengan beras putih. Saat sahur ada baiknya untuk memberikan anak beras merah dimana akan membuat anak bisa tahan lebih lama ketika akan berpuasa seharian penuh. Bahkan, untuk beras merah ini juga merupakan beras yang paling direkomendasikan para ahli gizi dan ahli diet. Beras merah akan memberikan nutrisi yang lengkap dan sangat komplit sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan sanggup untuk menjalankan puasa seharian penuh.

  1. Kolak Pisang

Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa 6

Saat buka puasa minuman dengan beragam jenis ragam dan kandungan merupakan jenis minuman yang paling dicari tak terkecuali oleh anak-anak. Rasanya manis memang penting untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat dan bisa mengembalikan tenaga yang seharian terkuras habis. Kolak pisang merupakan salah satu jenis kolak yang bisa dibuat dengan rasa yang paling enak dan juga gurih. Bisa juga dicampur dengan olang-aling, ubi, nangka ataupun bahan lainnya yang merupakan bahan kesukan dari anak. Dengan kandungan ini tentu akan membuat kolak menjadi lebih lezat dan memberikan manfaat pada tubuh anak.

  1. Sup Ayam

Makanan Sehat Pendamping Anak Puasa 7

Untuk membuat gairah sayur pada anak menjadi semakin meningkat, anak bisa diberikan makanan yang berkuah seperti sup ayam. Sup ayam ini merupakan sup yang memiliki kandungan yang baik apalagi jika ditambah dengan berbagai bahan rempah-rempah atau sayuran yang pastinya akan membuat sup menjadi lebih nikmat dan juga memberikan  nutrisi yang cukup. Ayam dan juga berbagai jenis sayuran menjadi makanan yang sangat sehat untuk anak-anak sahur.

Memilih berbagai makanan yang tepat untuk anak tentunya akan membuat tubuh anak menjadi lebih sehat dan bugar. Memperhatikan apa yang akan dikonsumsi anak juga akan sangat membantu untuk membuat tubuh anak bisa menjalankan puasa dan ibadah lainnya dengan baik. Selain itu, makanan-makanan diatas juga bisa menggugah selera anak sehingga membuat anak bisa lebih semangat untuk berpuasa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top