Makanan Kesehatan

Makanan Sehat Pencegah Kanker Serviks

Salah satu penyakit fatal yang bisa menyerang wanita adalah kanker serviks. Ya, kanker serviks merupakan salah satu penyakit pembunuh. Penyakit mematikan ini banyak menyerang wanita di berbagai belahan dunia. Kanker ini menyerang bagian leher rahim dari wanita. Meskipun seluruh wanita memiliki resiko terkena kanker ini, namun kanker serviks akan cenderung menyerang wanita yang aktif berhubungan seksual. Selain itu, kanker serviks juga seringkali disebabkan oleh HPV atau human papillomavirus. Pada tahap awal, ketika kanker serviks mulai menyerang, penderita kanker tidak akan merasakan apa-apa karena penyakit ini cenderung tidak memiliki gejala. Baru ketika level penyakit ini mulai meningkat, penderita baru merasakan tanda-tandanya, seperti tumbuhnya daging di sekitar mulut rahim, nyeri luar biasa hingga menurunnya tenaga. Perlu disadari, kanker serviks adalah jenis penyakit berbahaya dan harus dicegah sejak dini. Salah satu cara pencegahan adalah dengan menjaga pola makan dan konsumsi makanan sehat. Berikut adalah beberapa makanan sehat pencegah kanker serviks yang sebaiknya Anda konsumsi setiap hari.

Makanan Sehat Pencegah Kanker Serviks.2

Sponsor : cream pemutih wajah

  1. Kubis

Makanan pertama yang cukup efektif untuk mencegah kanker serviks adalah kubis. Ya, sayuran yang berasal dari Asia dan Mediterania ini memang sudah sejak lama diandalkan sebagai bahan alami untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Kubis mengandung beragam unsur yang sangat baik seperti fitonutrien dan juga vitamin A, C, dan K. Selain itu, kubis memiliki kandungan sinigrin, lupeol, DIM, I3C, dan lainnya yang berperan aktif untuk mencegah perkembangan kanker serviks. Dengan kandungannya ini, tentu mengkonsumsi kubis setiap hari adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Untuk mendapatkan jumlah nutrisi yang terbaik, konsumsi kubis secara mentah, seperti digunakan sebagai lalapan, dan sebagainya.

  1. Brokoli dan bunga kol

Makanan kedua yang juga dapat diandalkan untuk mencegah terjadinya kanker serviks pada wanita adalah brokoli dan juga bunga kol. Sebenarnya, kedua sayuran ini berasal dari keluarga yang sama. Nah, kandungan paling tinggi dari brokoli dan bunga kol adalah vitamin B. Vitamin B yang ada di dalam bunga kol dan juga brokoli akan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sehingga tubuh akan menyerap nutrisi makanan lebih maksimal dan beragam penyakit, termasuk ancaman kanker serviks, dapat ditanggulangi dengan sangat baik. Kedua sayuran ini juga memiliki kandungan folat. Folat adalah senyawa baik yang juga bisa menurunkan pertumbuhan kanker serviks secara cukup signifikan. Nah, untuk pencegahan, ada baiknya Anda memasukkan sayuran ini sebagai salah satu menu konsumsi harian Anda, terutama bagi wanita yang masih berusia produktif secara seksualitas.

  1. Alpukat

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? Ya, alpukat memang menjadi salah satu buah favorite yang banyak digemari oleh masyarakat. Rasanya yang enak dan lembut membuat buah ini banyak disukai. Selain rasanya yang enak, alpukat memiliki banyak sekali kandungan gizi yang salah satunya bisa digunakan sebagai pencegah serangan kanker serviks. Kandungan anti oksidan dalam alpukat berperan aktif untuk mengurangi resiko terkena kanker serviks dengan memperbaiki kondisi metabolisme tubuh seorang wanita. Selain itu, beragam vitamin yang ada di dalam alpukat juga dapat mencegah tumbuhnya kanker serviks. Banyak cara konsumsi alpukat yang dapat Anda lakukan. Selain mengkonsumsi secara langsung, Anda juga bisa membuatnya menjadi jus yang sangat lezat dan nikmat.

  1. Wortel

Makanan sehat berikutnya yang wajib Anda konsumsi sebagai salah satu langkah pencegahan dari serangan kanker serviks adalah wortel. Kita tentu tahu bahwa wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh setiap hari. Nah, wortel kaya akan vitamin A, C, dan E serta mineral dan juga anti oksidan. Berkaitan dengan kanker serviks, kandungan anti oksidan dalam wortel dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh sehingga pertumbuhan kanker serviks dapat dicegah. Selain itu, kandungan vitamin yang ada pada wortel secara umum akan menjaga kesehatan tubuh Anda. Tubuh yang sehat tentu akan membuat virus penyebab kanker serviks tidak bisa menyerang.

  1. Cokelat

Mengkonsumsi cokelat sebagai salah satu makanan pencegah kanker serviks adalah sebuah ide yang tepat. Cokelat merupakan salah satu makanan yang nikmat yang dipercaya dapat meningkatkan mood. Berkaitan dengan pencegahan kanker serviks, cokelat dapat dimafaatkan karena memiliki kandungan vitamin A, B, C, D dan E, flavonoid dan juga antioksidan. Beragam senyawa baik yang ada dalam cokelat akan sangat efektif menangkal radikal bebas dan mengatasi penyebaran virus penyebab kanker serviks. Nah, konsumsi cokelat secara teratur setiap hari. Namun, untuk hasil yang maksimal, tentu Anda harus memilih cokelat dengan kualitas yang terbaik dalam setiap konsumsi.

Beberapa makanan sehat sebagaimana disebutkan di atas dapat menjadi pilihan untuk konsumsi harian dalam rangka mencegah kanker serviks sejak dini. Perlu diingat bahwa kanker serviks adalah penyakit berbahaya yang dapat berujung pada kematian. Oleh karena itu, tindakan pencegahan sangat penting untuk Anda lakukan. Selain bermanfaat untuk mencegah diri kita dari serangan kanker serviks, mengkonsumsi makanan di atas akan membuat tubuh kita sehat. Terlebih, beberapa makanan di atas kaya dengan seratnya. Anda pun tak perlu takut kekurangan asupan serat selagi rutin mengkonsumsi makanan di atas.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top