Gaya Hidup

Makanan Rendah Gula Untuk Sarapan

Diet merupakan suatu cara yang dilakukan seseorang untuk mengatur pola makan dan memilih apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk tubuh. Bagi kebanyakan orang, berdiet dilakukan untuk menurunkan berat badan atau ingin mempertahankan berat badan agar stabil. Selain itu, berdiet juga dilakukan untuk tujuan pengendalian beberapa kemungkinan munculnya penyakit di saat makan tidak terkontrol. Berdiet yang sehat hendaknya juga diikuti dengan olahraga agar hasilnya optimal.

Makanan Rendah Gula Untuk SarapanMengatur pola makan dan asupan nutrisi makanan diolah sedemikian hingga jumlah kalor yang masuk tidak melebihi dari jumlah kalor yang dibutuhkan oleh tubuh. Pengaturan pola makan biasanya berupa mengkonsumsi makanan yang rendah gula agar kalori yang masuk tetap terjaga. Pengaturan pola makanan dimulai dari sarapan. Sarapan sangatlah penting meskipun tubuh saat berdiet. Makanan rendah gula untuk sarapan bisa dipilih agar tetap memberikan rasa kenyang cukup lama, agar saat makan siang tidak kalap. Dengan sarapan, metabolisme tubuh juga akan meningkat, karena energi dari sarapan digunakan untuk beraktivitas, di samping energinya juga digunakan untuk mencerna makanan itu sendiri. Meninggalkan justru akan membuat metabolisme tubuh melambat, dan membuat tubuh lemas yang berdampak pada kurangnya energi untuk membakar kalori tubuh. Berikut ini pilihan makanan rendah gula untuk sarapan.

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Muesli

Bagi yang belum awam dengan istilah muesli,makanan ini merupakan campuran butiran rolled oat, biji-bijian, kacang-kacangan, serta buah-buahan kering. Muesli merupakan pilihan makanan yang tepat dan sehat bagi yang sedang menjalani program diet. Muesli, selain rendah gula, juga mengandung serat yang tinggi, sehingga cukup bisa membuat perut kenyang lebih lama.

  1. Pisang atau blueberry

Pisang bisa dikonsumsi sebagai salah satu menu dalam sarapan. Selain itu, jika mengkonsumsi bubur gandum atau oatmeal, pisang juga bisa dicampurkan ke dalamnya, sebagai pengganti gula, tanpa memberikan asupan kalori yang berlebihan. Selain pisang, bisa pula ditambahkan blueberry. Kandungan blueberry yang penting adalah vitamin C, seng dan zat besi.

  1. Kacang panggang

Kacang panggang juga boleh dikonsumsi saat sarapan, karena mempunyai kandungan lemak rendah serta kaya akan serat dan protein.

  1. Roti gandum

Sarapan yang umum digunakan saat berdiet adalah menggunakan menu roti gandum. Roti gandum memang diketahui memiliki serat yang lebih banyak dibandingkan dengan roti pada umumnya. Dengan mengkonsumsi raoti gandum, perut akan terasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengerem hasrat makan, sebelum jam makan siang.

  1. Bubur gandum

Bubur gandum yang sering ditemui biasanya dalam bentuk oatmeal. Bubur gandum ini selain kaya serat, rendah kalori, ternyata juga non kolesterol. Bubur gandum saat ini banyak tersedia  dalam variasi penyajian, baik dengan cara dimasak, atau cukup dengan diseduh air panas. Untuk hasil yang efektif saat berdiet, bubur gandum ini baiknya dikonsumsi tanpa susu dan gula. Jika ingin mendapatkan rasa manis, bisa ditambahkan buah atau madu sebagai penambah rasa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top