Wajah ku

Makanan Penyebab Jerawat Di Wajah

Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah anda, salah satunya adalah karena makanan yang anda konsumsi setiap hari. Berbagai jenis makanan mengandung zat yang berbeda-beda, dan ada zat tertentu yang dapat memicu munculnya jerawat pada wajah anda. Bahkan makanan ini juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Untuk mencegah atau mengurangi jerawat, maka sebaiknya anda menghindari beberapa makanan penyebab jerawat di wajah seperti di bawah ini.

Makanan Penyebab Jerawat Di Wajah

sponsor: cream perawatan wajah.

Makanan Penyebab Jerawat Di Wajah

  1. Lemak

Makanan penyebab jerawat di wajah yang pertama adalah makanan yang banyak mengandung lemak. Makanan berlemak dapat memicu timbulnya jerawat, atau memperparah jerawat yang sudah ada. Selain lemak, gula darah yang ada pada tubuh juga dapat menimbulkan berbagai masalah. Ketika gula darah tubuh tidak seimbang, maka akan menyebabkan peningkatan hormon sehingga produksi sebum penhasil minyak meningkat dan kemudian menyumbat pori-pori. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat pada wajah anda.
Selain itu, banyak dampak buruk yang terjadi akibat kelebihan lemak. Jumlah lemak yang berlebihan dalam aliran darah akan menyebabkan aliran nutrisi dan oksigen pada tubuh terganggu. Aliran oksigen dan nutrisi yang terganggu masih berkaitan dengan jerawat pada wajah anda.

  1. Produk susu

Makanan penyebab jerawat di wajah yang selanjutnya adalah berbagai produk susu, terutama es krim, susu cokelat, susu kaleng, keju, dan yoghurt. Jika anda memiliki jerawat pada wajah anda, maka kurangi konsumsi jenis makanan ini karena akan memperparah jerawat pada wajah anda.
Kebanyakan produk susu mengandung lemak yang tinggi, sehingga ketika anda mengonsumsinya secara berlebih juga akan memicu timbulnya jerawat. Selain itu susu juga banyak mengandung hormon, sedangkan kulit manusia mengandung enzim yang mampu mengubah enzim tersebut menjadi DHT (dihydrotestosteron). DHT ini dapat memicu kelenjar kulit untuk memproduksi minyak berlebih penyebab jerawat.

  1. Gula

Makanan yang mengandung gula juga dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah anda. Gula yang anda konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gula darah juga meningkat yang akan menyebabkan minyak berlebih. Dan minyak adalah salah satu pemicu jerawat pada wajah anda.

  1. Kafein

Makanan penyebab jerawat di wajah yang selanjutnya adalah kafein. Beberapa makanan yang mengandung kafein di antaranya adalah kopi, soda, coklat, minuman penambah energi, dan teh. Jika anda mengonsumsi kafein secara berlebihan akan menimbulkan berbagai dampak yang kurang baik bagi tubuh, termasuk jerawat. Kafein dapat meningkatkan perasaan stres, dan stres inilah yang menjadi penyebab gangguan kesehatan dan kulit.
Selain itu, kafein juga akan mengganggu pola tidur anda. Padahal tidur adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika seseorang sedang tidur, maka tubuh akan memperbaiki jaringan yang rusak dan menyingkirkan racun. Racun inilah yang menyebabka berbagai gangguan kesehatan dan kulit, termasuk jerawat.

  1. Makanan olahan

Indeks glikemik dan asin yang tinggi pada makanan tertentu dapat mempengaruhi tingkat hormon dan kadar gula darah pada tubuh anda. Hal ini akan meningkatkan insulin yang dapat memperparah jerawat pada wajah. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari junk food atau makanan olahan yang dapat memicu dan memperburuk jerawat pada wajah anda.

  1. Minuman bersoda

Bukan hanya dari makanan, namun beberapa minuman juga dapat memicu timbulnya jerawat salah satunya adalah minuman bersoda. Minuman bersoda dapat membuat tubuh anda mengalami peradangan, hal ini disebabkan karena adanya penumpukan aspartam yang akan memperparah jerawat. Selain itu minuman bersoda juga dapat menurunkan kadar PH yang akan menyebabkan munculnya jerawat.

  1. Gandum dan roti

Gandum adalah salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar gua darah dalam tubuh anda. Ketika gula darah meningkat, maka hormon insulin juga ikut meningkat yang menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu konsumsilah makanan lain untuk mencukupi asupan karbohidrat seperti beras merah yang dilengkapi dengan kandungan vitamin B.

  1. Garam

Berlebihan dalam mengonsumsi garam juga akan memicu berbagai masalah kulit, salah satunya adalah dehidrasi. Ketika ini terjadi kulit akan menjadi lebih kering dan membengkak, sehingga akan lebih sulit untuk menyembuhkan jerawat.

  1. Mie instan

Berbagai hal yang instan memang selalu memiliki dampak buruk, termasuk mie instan. Mie instan mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi yang dapat memicu jerawat. Jadi cobalah untuk mengurangi mie instan dan konsumsi makanan sehat dengan nutrisi dan gizi yang baik.

  1. Alergi

Alergi juga dapat memicu jerawat pada wajah anda. Alergi yang dimakud di sini adalah alergi terhadap makanan tertentu seperti makanan laut, susu, atau makanan yang lainnya. Jadi jika anda memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu, maka kurangi atau jangan memakannya sama sekali.
Makanan lain yang dapat menyebabkan jerawat adalah jenis makanan yang tinggi karbohidrat dan vitamin A, namun memiliki kandungan vitamin  E yang rendah.

Demikian beberapa jenis makanan penyebab jerawat di wajah yan harus anda hindari. Hindari makanan yang memiliki kandungan gula tinggi seperti coklat, permen, minuman kemasan dan lain-lain, agar anda terhindar dari masalah jerawat. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
100%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top