Makanan Kesehatan

Makanan Pencegah Penyakit Jantung ini Wajib Anda Konsumsi

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia. Jantung menjadi penentu detak kehidupan manusia. Sekali jantung bermasalah, dampaknya sangat berpengaruh pada kesehatan. Misalnya, sering sesak, sulit bernapas, dan masih ada lagi. Untuk itu penting sekali setiap dari kita menjaga kesehatan jantung, mulai dari aktivitas dan salah satunya adalah makanan. Terdapat makanan pencegah penyakit jantung yang wajib anda ketahui.

Makanan pencegah penyakit jantung

Sponsor: cream perawatan wajah

Karena sekarang banyak orang terkena serangan jantung tiba-tiba. Tidak kenal usia, muda tua semua berpotensi besar terkena. Saat ini pun tidak sedikit usia 20-an yang meninggal akibat serangan jantung. Sehingga tidak mau tahu anda masih muda, wajib menjaga kesehatan jantung.

Adapun beberapa makanan yang mampu mencegah gangguan jantung:

  1. Makanan Rendah Lemak

Lemak adalah senyawa berbahaya apabila berlebihan. Lemak dapat menyumbat sirkulasi darah. Ketika sirkulasi darah terhambat, jantung memompa lebih berat. Saat jantung memompa lebih berat, kita akan sukar bernapas. Bahkan jika parah detak jantung berhenti.

Lebih baik mulai sekarang hindari/kurangi makanan berlemak. Makanlah yang berjenis sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dengan kandungan tinggi protein, dan susu. Pun saat mengolah usahakan kandungan garam dikurangi. Atau lebih baik dimasak dengan cara rebus akan menjadi makanan rendah lemak

  1. Makanan Rendah Garam

Garam bersifat mengikat lemak. Sehingga jika anda konsumsi lemak kemudian konsumsi makanan mengandung garam tinggi, akan sangat berbahaya. Sebab bukannya malah menghancurkan, malah mengikat lemak.

  1. Minuman Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman yang tidak cuma enak, tetapi juga punya manfaat baik untuk jantung. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan. Dan anti oksidan sangat bagus untuk jantung

Perbedaan Penyakit Jantung dan Serangan Jantung

Penyakit Jantung

Secara umum jenis penyakit jantung didefinisikan sebagai penyakit jantung coroner. Penyakit yang telah lama menetap, yang mana sering mengakibatkan kematian karena serangan jantung mendadak. Penyakit jantung disebabkan oleh adanya plek dalam arteri pada jantung, lalu menyebabkan gumpalan darah mengeras dan menutup aliran darah di pembuluh darah.

Serangan Jantung

Sementara serangan jantung adalah akibat dari penyakit jantung coroner, di mana arteri coroner tersumbat. Darah yang mengalir ke otot-otot jantung tidak dapat pasokan oksigen yang dibutuhkan, jadi jantung tidak bisa memompa dengan tepat. Ini yang menimbulkan serangan jantung, yang bisa menyebabkan kematian.

Melihat betapa megerikannya penyakit dan serangan jantung, kita wajib menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya dengan konsumsi makanan pencegah penyakit jantung, melainkan juga menjauhi hal-hal sebagai berikut:

  1. Konsumi Makanan Tinggi Lemak dan Garam

Sering konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi garam pun dapat memicu risiko gangguan jantung. Karena kandungan lemak dan garam berlebih dapat menyumbat aliran darah menuju jantung. Jika aliran terhambat, kerja jantung kian berat. Sehingga memicu tingginya potensi penyakit dan serangan jantung.

Sebaliknya, makanlah yang berjenis sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dengan kandungan tinggi protein, dan susu. Pun saat mengolah usahakan kandungan garam dikurangi. Atau lebih baik dimasak dengan cara rebus akan menjadi makanan rendah lemak. Selain itu konsumsi makanan tersebut dapat membantu proses diet harian.

  1. Jarang Sekali Olahraga

Anda jarang melakukan olahraga? Padalah olahraga sangat bagus untuk jantung. Melakukan olahraga secara teratur dapat mengurangi risiko terjangkit serangan jantung. Karena olahraga juga bisa menjaga berat badan dan berat badan sangat mempengaruhi kinerja jantung. Badan ideal tidak punya banyak lemak. Lemak dapat menyumbat aliran darah. Aliran darah tersumbat, kerja jantung semakin berat. Sehingga badan ideal kerja jantung pun tidak berat.

Sedangkan berat badan yang berlebih, membuat kerja pompa jantung semakin berat pula. Itulah salah satu sebab mengapa orang gemuk mudah sekali terasa sesak napas.

Untuk olahraga anda tidak harus olahraga berat. Mudah namun rutin akan lebih baik, seperti senam, lari-lari kecil, jalan kaki, renang, dan masih banyak lagi.

  1. Menjadi Perokok Berat

Jika anda termasuk perokok berat, harus berhenti mulai sekarang juga, apabila ingin jantung anda tetap sehat. Rokok hanya akan memperburuk pembuluh darah dan kinerja jantung. Sudah banyak terjadi perokok yang meninggal akibat serangan jantung.

Karena kandungan nikotin dalam rokok merangsang adrenalin dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, serta meningkatkan tekanan darah. Selain itu, karbon monoksida pada rokok akan menempel di hemoglobin darah. Di mana hemoglobin berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, lalu diteruskan menuju jantung. Bila hemoglobin banyak mengandung gas karbon monoksida, yang terjadi adalah tingkat kerja hemoglobin dalam memompa darah ke jantung berkurang.

Tak hanya itu, rokok pula bisa menyebabkan penyakit mematikan lainnya.

  1. Peminum Alkohol

Kalau anda suka minum minuman berakohol, sebaiknya anda kurangi atau lebih baik berhenti konsumsi. Mengonsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa membuat penyakit jantung . Juga memicu tekanan darah menjadi tinggi. Sementara tekanan darah tinggi salah satu faktor penyebab stroke dan serangan jantung.

Setalah anda membaca ini, harapannya segera anda terapkan sehari-hari demi kebaikan jantung. Cintai jantung anda dengan jaga kesehatannya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top