Info Kedokteran

Makanan Pemicu Gigi Tak Sehat

Memiliki gigi yang sehat tentu menjadi keinginan dan idaman bagi setiap orang. Gigi yang sehat akan memberikan kenyamanan. Terlebih saat kita mengkonsumsi makanan kesukaan. Selain itu, gigi yang sehat juga dapat meningkatkan penampilan kita. Senyum manis dengan gigi yang sehat tentu akan sanga memukau orang lain yang memperhatikan. Oleh karena itu, perawatan gigi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Banyak perawatan yang bisa Anda lakukan, seperti pengecekan secara berkala pada dokter atau membersihkan gigi secara teratur. Selain beberapa menu perawatan tersebut, Anda juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, terutama beberapa makanan yang bisa menyebabkan gigi menjadi rusak. Ada beberapa makanan pemicu gigi tak sehat yang seharusnya Anda hindari. Simak beberapa ulasan mengenai makanan yang dapat memicu masalah gigi berikut ini.

Makanan Pemicu Gigi Tak Sehat .2

Sponsor : pemutih wajah

  1. Makanan ringan

Menghabiskan hari libur atau hari santai dengan menonton film di rumah sembari mengkonsumsi cemilan dan snack tentu merupakan agenda yang sangat menyenangkan. Ya, Anda bisa bersantai di rumah dan tidak merasakan beban yang ada. Namun, kini Anda harus berhati-hati saat memilih dan mengkonsumsi camilan untuk menemani waktu santai Anda. Selain dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena kandungan gizinya yang sangat kurang, camilan yang biasanya Anda nikmati tersebut bisa membuat gigi Anda menjadi keropos. Nah, hal ini biasanya disebabkan adanya camilan yang tertinggal di sela-sela gigi sehingga akan menjadi tempat yang sangat tepat bagi perkembangbiakan bakteri penyebab kerusakan gigi. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu membersihkan sela gigi Anda dari camilan yang tertinggal.

  1. Permen dan cokelat

Sudah diketahui sejak lama bahwa permen dan cokelat merupakan contoh dari makanan yang sangat buruk bagi kesehatan gigi Anda. Kedua makanan ini adalah makanan yang bisa membuat gigi berlubang, terutama pada anak-anak. Hal ini disebabkan karena kandungan gula pada permen dan cokelat terbukti sangat tinggi. Makanan yang mengandung gula tinggi seperti permen dan juga cokelat dapat menyebabkan lapisan enamel semakin tipis dan gigi akan lebih mudah untuk berlubang. Apakah makanan ini akan memberikan efek yang sama pada seseorang yang sudah dewasa? Tentu saja. Oleh karena itu, mulai sekarang, batasi konsumsi permen dan juga cokelat jika Anda ingin mendapatkan gigi yang sehat dan tidak berlubang.

  1. Keripik

Disadari atau tidak, keripik merupakan salah satu jenis camilan yang paling sering dikonsumsi oleh orang kebanyakan. Harganya yang murah serta rasanya yang lumayan enak membuat makanan ini menjadi sangat digemari. Namun, Anda harus tahu bahwa ternyata keripik merupakan salah satu makanan yang sebaiknya mulai Anda batasi sejak sekarang. Hal ini karena keripik yang mengandung tepung dan memiliki tekstur yang lengket ini berpotensi merusak kesehatan gigi terutama saat Anda mengkonsumsinya dengan berlebihan. Keripik yang mengandung zat tepung memiliki kandungan glukosa atau zat gula yang cukup tinggi. Selain itu, teksturnya yang lengket membuatnya sering menempel di bagian sela gigi. Jika tidak segera dibersihkan, maka sisa keripik akan menyebabkan pertumbuhan kuman dan bakteri perusak gigi.

  1. Pasta dan mie

Apakah Anda termasuk salah satu yang sangat menyukai pasta dan juga mie? Olahan pasta dan juga mie memang sangat beragam dan memiliki rasa yang cenderung nikmat untuk disantap. Selain itu, adanya trend di masyarakat yang menganggap makanan olahan pasta dan mie sebagai makanan yang mewah juga berperan membuat masyarakat menjadi penasan dan cenderung ingin mencobanya. Namun, sebelum Anda mencoba makanan yang berasal dari pasta dan mie, maka sebaiknya Anda mengetahui dulu bahwa ternyata kedua jenis makanan ini sebenarnya kurang bagus untuk kesehatan gigi anda. Mie yang dikonsumsi saat masih kenyal akan menghasilkan zat asam yang cukup tinggi. Zat asam inilah yang akan memicu perkembangan bakteri yang akan mengikis enamel. Akibatnya, gigi Anda cenderung lebih mudah untuk berlubang.

  1. Makanan pencuci mulut

Jika kita sedang menghadiri pertemuan dengan penting dengan jamuan yang istimewa, seringkali kita akan diberikan makanan pencuci mulut setelah hidangan utama. Nah, salah satu makanan yang kurang baik untuk gigi adalah makanan pencuci mulut tersebut. Biasanya, makanan pencuci mulut adalah makanan yang cenderung manis hingga akan membuat mood kita menjadi cerah usai agenda makan bersama tersebut. Namun, kandungan gula yang cukup tinggi dalam makanan pencuci mulut tersebut dapat menjadi masalah untuk gigi. Gula yang terdapat pada makanan pencuci mulut memiliki dampak yang sama dengan permen, roti, maupun pasta. Sebagai saran, Anda sebaiknya langsung membersihkan gigi Anda untuk menetralisir gula yang menempel pada gigi.

Beberapa makanan yang disebutkan di atas adalah contoh makanan yang sebaiknya Anda batasi demi kesehatan gigi yang lebih terjaga. Nah, mulai sekarang, gantilah pola konsumsi Anda dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dan baik untuk gigi Anda, seperi sayuran dan juga buah-buahan. Selain menjaga konsumsi harian, jangan lupa untuk membersihkan gigi setidaknya dua kali sehari demi kesehatan gigi yang terjaga dengan baik. Bila sulit untuk menghindari konsumsi sejumlah makanan di atas, setidaknya demi kesehatan gigi sebaiknya kita mengurangi jumlah konsumsi makanan tersebut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top