Makanan Kesehatan

Makanan Pelancar ASI Ibu Bayi

ASI atau air susu ibu merupakan makanan wajib bagi bayi setelah ia lahir di dunia. ASI yang keluar dari payudara ibu mengandung banyak sekali nutrisi. ASI tersebut tentu sangat dibutuhkan oleh seorang bayi demi perkembangan tubuh yang lebih maksimal. Kita sering mendengar bahwa pemerintah menganjurkan bagi setiap ibu untuk memberikan ASI ekslusif bagi anaknya. Ya, hal ini dikarenakan pentingnya ASI bagi bayi. Bahkan, adanya banyak pilihan susu formula di pasaran dewasa ini tetap tidak menyamai kandungan gizi yang dimiliki ASI. Namun, sebagian ibu memiliki masalah yakni ASI yang tidak keluar. Hal ini meskipun tidak bisa dianggap suatu kewajaran tetapi memang banyak terjadi di kalangan ibu menyusui. Oleh karena itu, tentu saja Anda perlu melakukan hal khusus untuk melancarkan ASI Anda. Berikut kita akan membahas beberapa makanan pelancar ASI ibu bayi yang sebaiknya Anda konsumsi demi kelancaran ASI Anda. Nah, simak beberapa paparan singkat di bawah ini.

Makanan Pelancar ASI Ibu Bayi.2

Sponsor : cream pemutih wajah

  1. Daun katuk

Kita tentu sering mendengar tentang daun yang satu ini. Memang, daun katuk menjadi salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk melancarkan ASI bagi ibu menyusui. Anda perlu tahu bahwa daun katuk memiliki beragam kandungan yang bergizi, seperti protein, kalium, fosfor, vitamin dan juga zat besi. Selain itu, ada pula asam seskuiterna yang dapat berfungsi secara bagus untuk melancarkan ASI Anda. Nah, dengan menggunakan daun katuk ini, ASI dari ibu menyusui tidak hanya akan menjadi lebih lancar tetapi juga memiliki kandungan gizi yang lebih banyak. Tentu, ini akan menjadi faktor penting demi pertumbuhan bayi Anda yang lebih maksimal. Beberapa orang percaya bahwa daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI hingga 50% lebih banyak.

  1. Daun bayam

Makanan lain yang dapat menjadi andalan untuk melancarkan ASI bagi ibu menyusui adalah daun bayam. Daun bayam sudah menjadi salah satu sayuran yang sangat terkenal karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya. Nah, bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan protein, kalium, fosfor dan zat besi dengan jumlah yang lumayan banyak. Selain dapat meningkatkan produksi ASI bagi ibu hamil, konsumsi bayam yang teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh ibu menyusui secara umum. Anda dapat membuat sayur bayam yang dapat dinikmati setiap hari sebagai menu sarapan yang menyehatkan. Di sisi lain, bayam juga dapat menjadi pilihan terbaik untuk makanan pendamping ASI, terutama jika bayi Anda sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan lain, selain ASI.

  1. Kacang hijau

Mengkonsumsi kacang hijau merupakan hal yang baik bagi seorang ibu menyusui yang ingin meningkatkan produksi ASI untuk bayi mereka. Kacang hijau memang di anggap sebagai salah satu bahan makanan terbaik yang berfungsi untuk meningkatkan produksi dan juga kualitas ASI. Dalam kacang hijau terdapat beragam senyawa yang baik, seperti magnesium, mangan, protein, kalium, dan juga fosfor. Hal paling baik dari kacang hijau adalah adanya kandungan vitamin B1. Jenis vitamin ini sangat baik bagi tubuh karena dapat mengubah karbohidrat menjadi tenaga. Nah, dengan konsumsi kacang hijau teratur, tentu ibu menyusui juga akan terlihat lebih bugar dari sebelumnya. Anda disarankan untuk meminum sari kacang hijau setidaknya satu kali sehari saat pagi menjelang.

  1. Pare

Apa yang terbesit pertama kali saat Anda mendengar kata yang satu ini? Ya, banyak orang akan berpikir tentang rasa pahit. Pare memang terkenal karena rasanya yang berbeda dengan sayuran yang lain. Rasa pahit seolah menjadi ciri khas dari sayuran yang satu ini. Namun, di balik rasanya yang pahit, tersimpan banyak sekali manfaat terutama untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Pare mengandung beberapa kandungan terbaik, seperti vitamin C, antioksidan, likopen dan juga lutein. Gabungan antara likopen dan juga lutein dapat meningkatkan produksi ASI secara efektif. Selain itu, kandungan lain dari pare juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh ibu menyusui secara umum, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kencing manis.

  1. Labu siam

Bahan makanan lain yang dapat diandalkan untuk meningkatkan produksi ASI ibu menyusui dengan baik adalah labu siam. Jenis sayuran yang satu ini memang sudah dari dulu diandalkan sebagai salah satu bahan makanan paling baik untuk meningkatkan produksi ASI. Dalam labu siam, terdapat banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk tubuh, seperti asam folat, vitamin B6, zinc, mangan, magnesium dan juga kalium. Asam folat yang ada dalam labu siam akan secara aktif meningkatkan kualitas ASI dari ibu menyusui. Dengan hal ini, ASI tidak hanya bertambah lancar tetapi juga semakin berkualitas dan tentu saja bayi Anda akan cenderung lebih sehat.

Beberapa makanan di atas merupakan contoh dan ide dari pola konsumsi yang tepat bagi seorang ibu menyusui yang ingin melancarkan produksi ASI mereka. Dengan adanya beberapa makanan tersebut tentu saja bayi tidak akan merasa kekurangan nutrisi yang berdampak pada perkembangannya. Nah, konsumsi beberapa bahan makanan di atas secara teratur untuk hasil yang sangat baik. Bila diinginkan, Anda bisa juga menvariasikan makanan tersebut dengan makanan kesukaan Anda yang lain. Selamat mencoba.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top