Makanan Kesehatan

Makanan Organik Untuk Kesehatan

Makanan Organik Untuk Kesehatan

Makanan organik untuk kesehatan – Menjaga kesehatan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang. Rajin berolahraga serta pola makan yang sehat dan teratur merupakan faktor penunjang kesehatan tubuh. Jenis asupan makanan sehat yang dikonsumsi sangat berpengaruh kepada kesehatan badan. Ada baiknya Anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang menyehatkan agar kesehatan badan senantiasa terjaga.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Namun belakangan ini ada beragam jenis makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat, sebagian besar mengandung obat-obatan atau zat kimia berbahaya. Penggunaan zat kimia yang berlebihan pada makanan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu kita sebagai masyarakat modern yang ingin hidup sehat, mulailah dari sekarang lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan. Memilih makanan organik adalah salah satu solusi sehat agar tubuh kita senan tiasa terbebas dari zat kimia berbahaya penyebab berbagai macam penyakit. Menurut Mayo Clinic, makanan organik sangat jauh berbeda dengan makanan non organik. Perbedaannya terletak pada cara mengolahnya dimana makanan non organik membutuhkan bantuan zat kimia untuk mempercepat pertumbuhannya. Sementara makanan organik hanya membutuhkan pupuk organik sebagai metode alami. Produk makanan konvensional banyak yang menggunakan bahan herbisida atau pestisida.

Manfaat makanan organik bagi kesehatan

Ada beragam manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumi makanan organik bebas zat kimia yaitu :

  • Minim zat kimia pestisida

pertaman, makanan organik lebih sedikit mengandung pestisida. Pestisida cukup sulit untuk dicuci namun dapat mengendap dalam tubuh tumbuhan. Sementara jika tertelan oleh tubuh manusia maka akan menyebabkan residu yang bisa meracuni syaraf. Jadi, mengkonsumsi makanan non organik dalam jangka waktu lama akan sangat berbahaya bagi tubuh.

  • Lebih segar dan tahan lama

Siapa bilang hanya makanan non organik saja yang lebih tahan lama, faktanya makanan organik jauh lebih segar dan tahan lama. Makanan organik juga sangat lezat dan alami sehingga bisa menjadi pilihan kita untuk memilih makanan segar yang bebas dari bahan pengawet.

  • Lebih bergizi

Makanan organik lebih bergizi dibanding makanan non organik. Bahkan menurut penelitian yang sudah dibuktikan, sumber makanan organik mengandung nutrisi jauh lebih tinggi. Sebut saja buah dan sayuran organik mengandung setidaknya 27% lebih banyak dibanding vitamin C, 21.1% dibaning zat besi, 29.3% dibanding magnesium, 18% dibanding polyphenol dan sebanyak 13.6% dibanding fosfor. Penelitian lain mengungkap bahwa bahan organik mengandung asam salisilat hingga 600%. Mengkonsumsi sup organik akan mendapatkan 1.040 nanogram salisilat dibanding sup non organik yang hanya 20 nanogram salisilat.

  • Non antibiotic

Saat mengkonsumsi daging organik maka secara langsung kita terbebas dari zat antibiotic (hormon pertumbuhan). Antibiotik pada hewan ternak dapat menciptakan strain bakteri. Jika tubuh yang sering mengkonsumsi daging non organik dalam jangaka lama dan rutin, maka saat metabolism tubuh menurun akibat strain dalam antibiotic daging, maka nantinya antibody dalam tubuh kita kurang merspon pengobatan antibiotic.

  • Lebih menyehatkan tubuh

Bahan makanan yang bersumber dari pakan organik diklaim lebih sehat dibanding makanan hasil pertanian atau peternakan non organik. Meskipun harga bahan makanan organik lebih tinggi, tetapi mengonsumsi makanan organik benar-benar membawa manfaat bagi kesehatan. Meskipun kualitas bahan makanan organik tidak semenarik makana non organik serta mudah membusuk, tetapi manfaatnya yang luar biasa dapat mencegah terjadinya radikal bebas termasuk penyakit berbahaya. Di sisi lain, bahan makanan organik tidak akan menyebabkan keracunan jika diolah dengan benar.

  • Meminimalkan resiko cacat janin

Poin yang cukup penting dari semua hal yaitu membantu mencegah terjadinya cacat dan pertumbuhan kurang optimal di masa kehamilan. Makanan organik juga sangat aman untuk ibu hamil dan bayi terbebas dari gangguan akibat paparan pestisida.

Jenis makanan organik untuk kesehatan:

1. Susu organik

Susu merupakan jenis minuman yang sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya yang lezat. Walaupun tanpa diolah susu sudah dapat dikonsumsi langsung dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi serta vitamin yang terdapat pada susu sangat bermanfaat agi kesehatan badan terutama susu organik. Susu juga mengandung omega 3 yang sangat tinggi dimana omega 3 bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak serta mencegah kepikunan. Susu organik atau susu murni merupakan hasil perahan langsung dari sapi maupun kambing yang dalam proses pemeliharaannya tidak menggunakan bahan kimia sebagai pakannya. Pakan yang diberikan untuk sapi dan kambing ini adalaha murni menggunakan rumput serta dedaunan lainnya. tidak heran jika susu organik ini rasanya lebih segar dan nikmat serta berharga agak mahal tentunya.

2. Buah organik

Buah-buahan merupakan jenis makanan yang umumnya berasa manis dan segar sebagai pencuci mulut setelah makan. Selain sebagai pencuci mulut buah juga merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan serat, vitamin, serta berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah organik tidak mengandung pestisida serta zat kimia berbahaya lainnya karena selama proses penanaman sampai pemanenan menggunakan bahan alami, baik untuk pupuk serta obat serangga semuanya menggunakan bahan organik dan bukan bahan kimia. Buah organik biasanya mempunayi ciri – ciri penampilan yang kurang menarik seperti warnanya yang sedikit kusam serta bentuknya yang kecil jika dibandingkan dengan buah yang menggunakan zat kimia. Ciri tersebut menandakan bahwa buah tersebut sangat alami serta sangat bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi. Untuk itu Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi buah organik ini sekalipun tampilannya kurang begitu menarik.

3. Sayur organik

Sama halnya dengan buah, sayur juga merupakan jenis makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. kandungan serat, vitamin, serta nutrisi lainnya yang terkandung dalam berbagai jenis sayuran hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan badan. Sayuran organik sekarang ini mulai banyak dibudidayakan karena selain harganya yang terbilang cukup tinggi serta peminatnay yang banyak, sayur organik juga sangat mudah dikembangkan. Pengembangan sayuran melalui hidroponik tetap menjadi unggulan. Sekarang yang terberu adalah metode aquaponik yaitu penanaman sayuran melalui media kolam. Kesemuanya itu sangat bermanfaat bagi kesehatan. karena sayuran organik mengandung antoksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top