Makanan Kesehatan

Makanan Menyehatkan Untuk Manula

Makanan Menyehatkan Untuk Manula

Menjaga kesehatan merupakan hal terpenting yang harus dilakukan terutama bagi Anda yang sudah berusia lanjut. Menjaga kesehatan dapat dimulai dengan menjaga atau nemperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan merupakan sumber utama untuk memperoleh energi serta mencukupi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai macam kebutuhan vitamin serta nutrisi lainnya banyak terkandung dalam makanan yang biasa dikonsumsi setiap harinya. bagi Anda yang sudah berusia lanjut kebutuhan nutrisi untuk tubuh harus lebih diperhatikan agar tubuh selalu sehat serta terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini beberapa jenis makanan menyehatkan untuk manula bisa didapat dari asupan sehari-hari yang kita konsumsi.

Sponsor: produk pemutih wajah

Memasuki masa-masa usia lanjut, tubuh tidak akan fit seperti sedia kala. Di usia ini, tubuh mulai mengalai penurunan kinerja seperti berkurangnya masa otot, menurunnya metabolisme basal, menurunnya kemampuan organ pernafasan, rendahnya kepadatan tulang, menurunnya daya ingat dan sistem imunitas tubuh, terganggunya sistem pencernaan dan kurangnya sensitifitas indra. Karena beberapa masalah yang dialami oleh lansia tersebut, maka dapat dipengaruhi oleh masalah gizi. Semakin rendahnya asupan gizi yang masuk, maka dapat mengakibatkan penurunan aktivitas biologis tubuh, sehingga mengkonsumsi asupan yang seimbang di usia lanjut dapat menjaga keseimbangan biologis tubuh tetap terjaga. Sementara menurut penelitian, kecepatan metabolisme basal pada usia lanjut dapat turun hingga 15-20% akibat berkurangnya massa otot dan aktivitasnya. Disamping itu, anjuran makanan yang harus dihindari si usia lanjut yaitu menghindari makanan tinggi lemak, mengurangi gula dan garam, menghindari zat kimia, rokok dan alkohol.

1. Makanan Yang Banyak Mengandung Kalsium

Bagi Anda yang sudah berusia lanjut kesehatan tulang harus senantiasa dijaga agar terhindar dari pengeroposan tulang serta berbagai masalah tulang lainnya. ada baiknya Anda mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung kalsium di dalamnya. Seperti diketahui kalsium merupakan zat yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang serta mencegahnya terhindar dari berbagai ancaman penyakit. makanan yang mengandung kalsium banyak ditemukan pada susu, sayuran hijau dan ikan. Jenis makanan ini mengandung kalsium yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sudah berusia lanjut.

2. Makanan Yang Mengandung Protein

Protein merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh menjadi sehat. Banyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein dapat bermanfaat mengencangkan otot serta mempertajam daya ingat manula. Otot yang kendur membuat Anda merasa cepat lelah serta daya ingat yang menurun merupakan masalah yang sering terjadi pada Anda yang sudah berusia lanjut karena kekurangan protein. Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung protein dapat menjaga kekencangan otot dan mencegah dari resiko kepikunan. Pada usia lanjut, protein paling baik bisa didapat dari protein nabati seperti olahan kedelai dan telur.

3. Makanan Yang Berserat

Bagi Anda yang sudah berusia lanjut masalah pada pencernaan merupakan salah satu masalah yang sering kali gerjadi. Masalah pencernaan terjadi karena kurangnya asupan serat yang dibutuhkan oleh pencernaan sehingga membuat pencernaan menjadi terganggu. Mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung serat sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Selain kesehatan pencernaan terjaga makanan yang berserat tinggi juga bermanfaat melancarkan buang air besar. Jenis makanan yang banyak mengandung serat dapat didapatkan dari sayuran dan buah. Jadi bagi Anda yang sudah berusia lanjut jika ingin pencernaan Anda sehat maka Anda harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat.

4. Makanan Mengandung Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral adalah dua hal yang mesti ada dalam asupan kebutuhan di usia lanjut. Dari hasil penelitian, usia lanjut rentan kekurangan hampir sebagian vitamin seperti vitamin A, B kompleks, C, D dan E karena berkurangnya asupan yang mereka konsumsi. Selain itu, usia tersebut juga rentan kekurangan mineral seperti kalsium dan zat besi. Kaslium sangat diperlukan tubuh untuk menjaga tulang dari penyakit osteoporosis, sedangkan zat besi akan membantu tubuh terbebas dari gangguan anemia. Mengingat pentingnya kebutuhan vitamin dan mineral bagi manula, maka sangat penting untuk memasukkan asupan bergizi yang mengandung sumber vitamin dan mineral.

5. Air Putih

Air menjadi sumber utama tubuh tetap mempertahannya sistem metabolismenya. Tidak dipungkiri lagi jika air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh baik untuk balita, usia anak-anak, dewasa, hingga manula. Usia yang sudah tua membutuhkan jumlai cairan untuk tubuh yang cukupi agar tubuh terhindar dari dehidrasi atau masalah lain seperti pada sistem pencernaan seperti konstipasi. Dengan banyak mongkonsumsi air putih secara rutin maka kebutuhan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi sekaligus memberikan kesehatan yang terjaga. Pada usia lanjut, dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi air mineral 6-8 gelas per hari.

6. Lemak Sehat

Pada usia lanjut, sangat dianjurkan mengkonsumsi lemak nabati lebih banyak dibandingkan lemak hewani. Kebutuhan lemak di usia tersebut ridak lebih dari 25% dari total kebutuhan harian. Jika mengkonsumsi lemak terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan gangguan pada penyumbatan pembulu darah menuju jantung atau biasa disebut dengan penyakit atherosclerosis. Bahan makanan sehat yang mengandung lemak baik yaitu yang berasal dari buah alpukat, kelapa, kacang tanah, mentega, keju atau daging berlemak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top