Makanan Kesehatan

Makanan Manis Paling Sehat Untuk Takjil

Takjil bagi masyarakan Indonesia sudah bukan hal yang asing. Takjil pun identik dengan makanan yang sering disajikan dalam menu berbuka puasa untuk pertama kalinya. Takjil juga sering diibaratkan menu untuk membatalkan puasa sehingga tak heran bila banyak orang lebih memilih takjil untuk berbuka ketimbang minum air putih.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Ada banyak takjil yang bisa kita temui. Beberapa jenis takjil yang biasa disajikan yaitu kolak, sup buah, atau bubur kacang hijau. Dan kebanyakan takjil dibuat dengan menambahkan rasa manis dari sirup atau santan kental. Namun apakah terlalu sering berbuka puasa dengan takjil itu punya banyak manfaat bagi kesehatan? Mengingat banyaknya takjil yang disajikan mengandung bahan tinggi gula serta santan kental. Berikut makanan manis paling sehat untuk takjil berbuka puasa pas untuk menu pembuka Anda dan keluarga.

Makanan Manis Paling Sehat Untuk Takjil

1. Kolak yang nikmat dengan santan manis

Kolak adalah makanan manis yang laris diburu oleh penggemar takjil. Hidangan ini paling sering disajikan saat berbuka puasa. Ada banyak jenis dan model kolak seperti kolak ubi, kolak pisang, singkong atau kolak labu. Semuanya enak dan bisa disajikan sesuai selera. Ada manfaat yang didapat dari semangkuk kolak. Selain rasa manisnya mampu mengembalikan energi yang hilang, kolak juga penuh nutrisi dan vitamin. Kolak dengan bahan ubi baik untuk pencernaan karena ubi mengandung serat yang baik. Satu ubi besar juga sumber terbaik vitamin A dalam bentuk beta karoten hampir 400% dari kebutuhan vitamin A harian. Vitamin ini sangat baik untuk menjaga fungsi dan kesehatan mata. Selaim itu, ubi juga sumber karbohidrat baik untuk penderita diabetes dengan nilai indeks glikemik yang rendah, dan sumber potasium mencapai 542 mg.

Kolak singkong adalah sumber karbohidrat yang rendah namun kaya mineral dan vitamin. Singkong bisa memenuhi memenuhi kebutuhan magnesium dan asam folat. Didalam singkong asupam folat yang bisa dipenuhi yaitu 14 %. Singkong juga sumber vitamin C  yang mampu mencukupi kebutuhan harian sebanyak 50%. Kolak yang terbuat dari waluh atau labu siam juga juga bisa buah pisang yang baik untuk kesehatan. Di dalam labu kuning tersimpan vitamin A, zat besi, hingga serat yang kaya. Cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol tekanan darah.

Selain ubi-ubian dan buah, didalam kolat juga dilengkapi gula merah dan santan. Meski dua bahan ini diasosiasikan dengan penyakit kolesterol, namun faktanya santan tidak mengandung kolesterol sebab berasal dari tanaman. Meski begitu, didalam santan terdapat lemak jenuh yang cukup tinggi yaitu sekitar lebih 13,2 gram setiap 100gr. Meski begitu, didalam santan masih terdapat komponen lauric acid yang jika di konversi ke bentuk monolaurin (senyawa antivital dan anti bakterial) maka bisa melindungi tubuh dari infeksi serta penyakit akibat virus. Sedangkan gula merah merupakan pemanis alami yang lebih rendah nilai indeks glikemiknya ketimbang gula putih sehingga dengan mengkonsumsi secara tepat bisa jadi alternatif bagi penderita diabetes.

Makanan Manis Paling Sehat Untuk Takjil

2. Bubur kacang hijau si sumber bergizi tinggi

Tak hanya kolak, takjil yang satu ini juga baik untuk kesehatab tubuh. Kacang hijau merupakan sumber pangan yang kaya mineral. Di dalam kacang hijau terdapat nutrusi berupa mangan, potasium, magnesium, folat, dan zinc. Kacang hijau juga kaya vitamin K yang baik untuk melindungi darah. Di India, kacang mineral pada kacang hijau sering dijadikan bahan baku dalam pengobatan tradisional. Seperti yang dimuat dalam Journal of Human and Experimental Toxicology, tentang kacang hijau pada 2011 silam, menyebut bahwa kacang hijau lebih efektif sebagai bahan untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Cara kerja mineral kacang hijau yaitu memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah akibat paparan radikal bebas. Berperan bersama antioksidan, kacang hijau juga mampu mengurangi peradangan. Kacang hijau adalah sumber penting penghasil asam amino yang cukup tinggi. Asam aminonya berkisar antara 20-24% sehingga membuat kacang hijau sebagai  salah satu tanaman alternatif sumber protein bergizi. Menurut Journal of Chemistry Central, kacang hijau memiliki beragam sifat kebaikan diantaranya bersifat antioksidan, anti inflamasi, antimicrobial, anti hipertensi, antidiabetic, anti tumor, dan mampu mengakomodasi metabolisme sel lemak dalam tubuh.

Makanan Manis Paling Sehat Untuk Takjil

3. Es blewah sumber serat yang segar

Es blewah adalah menu takjil yang bisa membuat Anda kembali berenergi setelah lebih dari 12 jam berpuasa. Es blewah sudah menjadi salah satu minuman buah yang wajib untuk berbuka. Seperti kita kenal, buah blewah adalah buah paling populer saat bulan Ramadan. Selain rasanya manis, blewah juga tinggi kadar airnya, cocok untuk membantu mengembalikan cairan tubuh. Blewah kaya akan kandungan antioksidan yang sering dikenal zeaxanthin. Zat ini mampu berperan untuk menjaga kesehatan mata.

Warna kuning yang dihasilkan buah beraroma manis segar ini karena adanya beta karoten, yaitu senyawa alami jadi bahan dasar pembentuk vitamin A yang bisa mengurangi risiko asma, kanker prostat, dan kanker kolon. Tak hanyak untuk kesehatan mata, vitamin A juga berperan dalam pertumbuhan jaringan sel tubuh termasuk rambut dan kulit. Blewah adalah sumber serat alami yang mampu membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga tubuh terbebas dari gangguan pencernaan  dan membuat program diet Anda jadi lebih sehat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top