Makanan Kesehatan

Makanan Kesehatan Pengganti Gorengan

Makanan kesehatan pengganti gorengan – Gorengan adalah makanan paling enak dinikmati sebagai camilan. Bagi masyarakat Indonesia, gorengan adalah menu makanan paling popular dan salah satu menu yang harus ada setiap saat. Namun, meski lezat, memakan gorengan terlalu sering juga tidak baik bagi kesehatan. Manfaat tidak makan gorengan untuk kesehatan sangat dianjurkan, pasalnya terlalu sering mengkonsumsi segala jenis makanan dalam bentuk digoreng akan membuat penumpukan minyak dalam bentuk kolesterol pada darah semakin meningkat.

Makanan Kesehatan Pengganti Gorengan

Sponsor: cream perawatan wajah

Manfaat tidak makan gorengan yang baik untuk kesehatan tubuh:

  • Menghindarkan resiko kolesterol tinggi

Manfaat tidak makan gorengan dalam jumlah banyak setiap harinya adalah mencegah maslah terjadinya kolesterol dalam tubuh. Ketika minyak mengendap dalam jumlah tertentu maka akan menyumbat peredaran darah. Jika peredaran arah di area otak tersumbat maka akan mengakibatakan strok. Sementara aliran darah menuju jantung yang tersumbat, maka akan mengakibatkan serangan jantung. Alasan lainnya adalah, kebanyakan masyarakat kita sering menggoreng dengan menggunakan minyak bekas atau minyak yang sering digunakann dalam proses penggorengan berulang kali. Minyak bekas inilah yang akan membentuk lemak trans penyebab kolesterol.

  • Mencegah resiko penyakit jantung

Mengkonsumsi gorengan boleh asal dalam jumlah tertentu. Mengkonsumsi gorengan secara berlebihan dan dalam waktu lama dapat mengganggu organ jantung. Pasalnya, minyak pada gorengan jika dikonsumsi dalam waktu lama akan mengendap dan menyebabkan kolesterol tinggi dalam darah. Jika kolesterol menyumbat saluran menuju jantung, maka dalam waktu lama akan menyebabkan serangan dan penyakit jantung. Penyakit jantung akibat tumpukan lemak dan kolesterol sering disebut dengan penyakit jantung coroner. Banyak pakar kesehatan menyarankan untuk sebaiknya konsumsi gorengan tidak lebih dari 3 kali dalam sehari dan dalam porsi tertentu.

  • Mencegah penyakit kanker

Manfaat tidak makan gorengan yang berlebihan adalah menghindarkan kita dari dampak dan efek buruk radikal bebes penyebab penyakit kanker. Mengkonsumsi gorengan memberikan resiko penyakit kanker terutama kanker usus. Penyebab utama penyakit ini adalah minyak yang digunakan adalah minyak yang sudah berulang kali digunakan. Jika diteliti, minyak yang tidak layak dikonsumsi tersebut mengandung racun dan beragam zat radikal bebas pemicu asam empedu yang dapat mengiritasi organ pencernaan terutama usus.

  • Menghindari masalah pada kulit

Pentingnya tidak mengkonsumsi gorengan dalam bentuk apa saja dan terlalu sering adalah menghindarkan resiko masalah pada kulit seperti jerawat, kulit berminyak atau kulit kusam. Kulit yang kusam akibat sering mengkonsumsi gorengan mudah menghasilkan kelenjar minyak lebih banyak. Jika minyak berlebih pada wajah tidak segera dibersihkan, akan mudah menjaring kotoran dan debu serta polusi udara. Sementara kulit kusam dan berminyak, maka mudah sekali menimbulkan masalah kulit baru selanjutnya berupa jerawat dan komedo.

Makanan sehat pengganti gorengan:

1. Ubi jalar

Ubi jalar adalah makanan sehat pengganti gorengan yang boleh dinikmati kapan pun itu. Ubi jalar mengandung manfaat beraneka ragam, mengandung serat alami, vitamin dan mencegak kolesterol yang akibat banyak mengkonsumsi gorengan. Untuk mengganti makanan gorengan, sebaiknya konsumsi ubi jalar dalam bentung oven atau di godok. Meski tanpa bumbu, ubi jalar bisa dinikmati kapan saja tanpa harus di goreng.

2. Sereal

Mengkonsumsi sereal atau outmeal sangat baik untuk kesehatan jantung, memperbaiki pencernaan dan mengandung serat alami. Sereal terbuat dari gandum yang kaya akan karbohidrat kompleks sangat penting untuk memberi banyak energi serta mengenyangkan. Sereal juga tidak membuat berat badan meningkat, mencegah kolesterol dan menyeghatkan jantung.

3. Popcron

Camilan popcorn yang lezat dan gurih mengandung banyak antioksidan polypheno yang membantu menangkal radikal bebas. Dibandingkan dengan cemilan lain, popcorn mengandung lemak paling sedikit, rendah kalori dan meski tidak ditambah bumbu sekalipun, popcron tetap nikmat dikonsumsi. Popcron merupakan gandum utuh yang banyak serat dan hanya sedikit olahan dan bisa sangat sehat jika dinikmati dengan tambahan butter, garam, dan karamel.

4. Ayam panggang menggantikan Fried Chicken

Makanan sehat pengganti gorengan selanjutnya adalah ayam panggang. Menu makanan ini sangat nikmat dihidangkan tanpa harus menggantinya dengan ayam yang digoreng dengan minyak. Selain itu, ayam panggang sangat nikmat dikonsumsi, lebih rendah kalori karena hanya menggandung 110 kalori dan 7 gram lemak dibanding mengkonsumsi fried chicken.

5. Asinan buah

Camilan yang tanpa digoreng yang menyehatkan. Makan ini hampir sama dengan acar tetapi terbuat dari buah-buahan. Ada banyak macam asinan buah yang dapat dinikmati seperti mangga, nanas, kedondong, salak, dan sebagainya. Dengan mengkonsumsi asinan buah, akan mendapatkan nutrisi kompleks seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang lebih sehat ketimbang mengkonsumsi gorengan. Asinan buah juga dapat membantu mengontrol gula darah, memperbaiki pencernaan, sebagai cadangan probiotik dan menghindari masalah lemak dan minyak.

6. Salad

Salad yang terbuat dari buah-buahan mengandung banyak multivitamin dan nutrisi sangat lengkap karena terdiri dari satu jenis buah dan sayuran. Salah cocok untuk mereka yang ingin menjalankan program diet yang harus menghindari makanan mengandung minyak seperti gorengan. Salad merupakan asupan antioksidan paling segar dan beperan penting mencegah efek buruk radikal bebas , memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan bahan alami membuat awet muda.

2
40%
like
1
20%
love
0
0%
haha
2
40%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top