Makanan Kesehatan

Makanan Bebas Gluten Yang Baik Untuk Diet

Makanan Bebas Gluten Yang Baik Untuk Diet

Popularitas makanan bebas gluten yang baik untuk diet semakin hari makin meningkat. Hal ini dipengaruhi pula oleh gaya diet para selebriti ternama. Bahkan penulis buku pun ada yang mengarang tentang teknik memasak makanan bebas gluten dalam sebuah resep buku. Jadi, ditengah maraknya diet bebas gluten ini, tak sedikit para produsen makanan pun berlomba mengemas produk makanan mereka dengan label ‘gluten-free’.

Makanan Bebas Gluten Yang Baik Untuk Diet

Sponsor: cream perawatan wajah

Pentingkah melakukan diet bebas gluten?

Diet bebas gluten sendiri adalah pola makan dimana orang dengan gangguan pencernaan harus menghindari makanan tinggi protein gluten. Sementara gluten adalah protein yang bersifat mengikat atau elastik seperti lem yang ditemukan pada endosperm gandum atau jaringan inti makanan gandum. Dan makanan berbahan gandum seperti roti memang berpotensi memiliki protein gluten.

Menurt pakar kesehatan dan gizi, dr. Emilia Achmadi MS. RDN dari Nutrionisme menyebut jika sebenarnya mengkonsusmi gluten tak selamanya buruk bagi kesehatan. Menurutna, pengidap celiac disease yang mengkonsumsi gluten bisa mengalami peradangan di usus kecil. Gangguan akan menimbulkan reaksi dengan merusak jaringan usus sehingga menghalangi proses penyerapan nutrisi. Penderita Celiac disease umumnya tidak bisa menolelur masuknya komponen gluten pada gandum sehingga ia cenderung mengalami alergi.

Bahan makanan yang harus dihindari oleh penderita Celiac disease seperti wheat atau gandum, rye yakni gandum hitam, barley atau jelai, dan triticale yaitu makanan campuran bahan gandum dan gandum hitam. Menghindari makanan yang berasal dari gandum seperti produk yang terbuat dari tepung misalnya roti, makanan manis, kue jajanan, pasta, birl, sereal, malt dan kecap.

  Makanan Bebas Gluten Yang Baik Untuk Diet

Apa solusi yang bisa dilakukan untuk mereka yang ingin diet tanpa harus mengkonsumsi gluten?

Cukup sulit menghindari makanan atau produk olahan berbahan dasar gluten. Pasalnya, banyak produk yang berasal dari gluten dijual. Namun solusi yang bisa diberikan untuk mereka yang ingin menjalankan diet bebas gluten yakni dengan memilih bahan makanan dengan karbohidrat sederhana. Beberapa pilihan sumber karbohidrat sederhana dan bebas protein gluten seperti:

Makanan Bebas Gluten Yang Baik Untuk Diet

  • Kentang, beras, dan jagung

Kentang, beras dan jagung adalah sumber karbohidrat sederhana yang bisa dicerna oleh lambung dan diolah di usus dengan cepat. Mereka yang tidak bisa mengkonsumsi makanan tinggi gluten seperti gandum, bisa memilih alternatif makanan pengganti ini. Selain berkarbohidrat sederhana, makanan ini juga memiliki sumber mineral dan vitamin lainnya.

Makanan Bebas Gluten Yang Baik Untuk Diet

  • Daging, ikan laut, telur dan susu

Penderita Celiac disease memang lebih utama menghindari makanan berprotein gluten. Sebagai gantinya, pilih sumber protein yang bisa dicerna seperti daging, ikan laun, telur, dan susu. Khusus untuk susu, orang masih bisa mengkonsumsi susu hewani dan nabati sebab makanan bebas gluten bukan berarti bebas laktosa atau alergi susu laktosa. Disarankan memilih susu segar dan hindari susu dengan penambah rasa seperti moka, coklat, atau matcha  karena zat adiktif didalamnya bisa mengikat rasa yang bisa berubah jadi produk gluten.

Makanan Bebas Gluten Yang Baik Untuk Diet

  • Berbagai sayuran dan buah-buahan

Sumber makanan bebas gluten lainnya ada pada segala sumber sayuran dan buah. Baik sayuran hijau atau buah-buahan segar, hampir semuanya bisa dikonsumsi. Jadi, tak perlu khawatir akan bahaya gluten.

Itu dia berbagai makanan bebas gluten yang baik untuk diet. Sumber makanan ini bisa didapat dengan mudah. Pilih makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan baik pula untuk program diet.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top