Tips dan Trik

Makan Salmon Selama Hamil Turunkan Risiko Anak Terkena Asma

Makan Salmon Selama Hamil Turunkan Risiko Anak Terkena Asma

Ternyata selama ini, makan salmon selama hamil turunkan risiko anak terkena asma loh. Dari sejarahnya, asma tergolong penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi di saluran pernapasan. Peradangan akan membuat saluran tersebut membengkak senggi lebih mudah sensitif dan menyempit. Jika hal ini terjadi, maka udara yang masuk ke dalam paru-paru akan sedikit. Padahal udara mengambil peran penting untuk paru-paru bekerja.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Asma bisa terjadi pada siapa saja termasuk wanita hamil. Asma turunan atau bawaan membutuhkan penangan serius dan lebih hati-hati. Pasalnya, asma pada saat hamil bisa menimbulkan gejala yang tidak bisa dikontrol sehingga menimbulkan masalah serius lainnya. Masalah itu juga bisa mengancam janin dalam kandungan sehingga pengobatan selama kehamilan jadi lebih sulit. Oleh sebab itu, mengapa saat hamil wanita dengan gejala asma harus rajin mengontrol penyakit dengan lebih baik. Pernapasan yang baik selama hamil juga akan memberikan kebutuhan oksiken penting bagi pertumbuhan calon bayi.

Makan Salmon Selama Hamil Turunkan Risiko Anak Terkena Asma

Kaitan makan salmon selama hamil bisa menurunkan risiko asma pada anak

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Southampton, terdapat hubungan antara mengonsumsi ikan dengan penderita asma pada anak. Ada yang mengklain bahwa mengjontrol asupan salmon selama kehamilan bisa menurunkan faktor risiko gangguan asma pada anak ketika usianya menginjak 3 tahun atau balita. Didalam ikan salmon terdapat banyak senyawa sehat yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang bayi, sehingga dapat mencegah munculnya reaksi alergi dari berbagai sumber termasuk alergi terhadap hewan peliharaan,  atau serbuk sari yang sering memicu munculnya asma.

Dari penelitian yang melibatkan 123 wanita hamil dan bayi dibagi kedalam dua kelompok. Salah satu kelompok tersebut diminta untuk mengkonsumsi ikan salmon sebanyak dua kali dalam seminggu. Mereka diminta melakukan cara tersebut hingga kelahiran. Sementara kelompok lain tidak diminta mengkondumsi ikan sama sekali termasuk salmon. Dari hasil yang didapat, anak yang telah lahir dan menginjak usia 3 tahun mengalami hasil luar biasa. Satu diantara 10 anak yang didiagnosa asma justru bukan dari kelompok yang mengkonsumsi salmon. Kesimpulan yang bisa diambil berdasarkan hasil survei tersebut mengungkap bahwa ada pengaruh intervensi gizi awal selama kehamilan yang ternyata memberikan efek jangka panjang pada kesehatan anak bagi ibu yang sebelumnya rutin konsumsi salmon.

Apa yang menyebabkan ikan salmon baik untuk ibu hamil?

Didalam ikan salmon terdapat kandungan mineral penting yang berperan dalam menjaga kesehatan paru-paru. Terdapat asam lemak yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh tak hanya untuk orang normal tetapi juga penderita asma dan ibu hamil. Asam lemak pada ikan salmon diklaim bisa meningkatkan kemampuan imun sang bayi selama dalam kandungan sehingga tidak akan menimbulkan reaksi berlebih saat ada pemicu asma akibat bulu atau serbuk bunga. Salmon sangat kaya omega-3 dengan banyak mandaat seperti membantu pertumbuhan sel saraf di otak sehingga membuat ingatan jadi lebih tajam. Kekurangan asam lemak ini justru akan berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti alergi, atherosclerosis, bahka infeksi peradangan Crohn (penyakit radang usus jangka panjang dan terjadi pada seluruh lapisan dinding di sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga ke anus).

Selain salmon, ada pula buah apel yang bisa mmbantu para ibu hamil dalam hal mencegah menurunkan risiko asma pada anak. Menurut Jurnal Nutrisi, buah apel yang rutin dikonsumsi bisa memberikan manfaat yakni menurunkan risiko penyakit pernapasan. Buah ini akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru berkat antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Dengan kata lain, buah apel bisa mengurangi risiko bayi te mengalami gejala asma. Tak hanya itu, apel juga mengandung tinggi quercetin yang bisa memberikan efek anti-histamin, antioksida, dan anti-inflamsi pada penderita asma.

Kelebihan salmon selain mencegah penyakit asma

Menurut juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Karen Ansel, R.D., ikan salmi adalah ikan terbaik yang bisa dimasukkan dalam menu harian karena sangat tinggi protein juga kalori.

  • Salmon untuk memberi energi sehat

Didalam ikan salmon mengandung kalori tinggi tetapi baik untuk mereka yang aktif sebab bisa memberikan energi yang sesuai untuk aktifitas. Salmon juga mengandung kalsium yang setara dengan segelas susu segar juga vitamin D. Setiap 200 gram salmon akan memberikan vitamin B6 dan B12 yang baik untuk membantu pelepasan energi dari setiap makanan yang dikonsumsi sehingga meskipun banyak memakan salmon, energi yang dikeluarkan juga besar. Sangat cocok untuk program diet sehat.

  • Salmon baik untuk pembentuk otot

Menurut studi yang dilakukan oleh Texas A&M University, protein bukan satu-satunya alasan yang membuat otot terbentuk. Tetapi faktanya banyak pria yang rutin mengkonsumsi kolesterol dalam jumlah sedang bisa membentuk otot mereka lebih baik ketimbang mengkonsumsi kolesterol rendah. Salmon mengandung kolesterol 55 mg yang bisa memperbaiki otot.

  • Efektif untuk pemulihan tubuh

Setiap 100 gram salmon terdapat lemak essensial omega-3 sekitar 2,018 mg yang baik untuk mengurangi peradangan dan efektif sebagai zat alami pemulihan kondisi tubuh pasca sakit. Penelitian inilah yang diungkap oleh European Journal of Clinical Nutrition dimana asam lemak ini bisa membantu merendahkan peradangan juga pemulihan. Omega 3 nya juga baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung, memperbaiki mood juga menjaga kesehatan daya ingat.

Itulah alasan mengapa ibu hamil disarankan mengkonsumsi salmon untuk mencegah risiko asma pada bayi saat lahir. Untuk menikmati salmon, sebaiknya ibu hamil bisa menggunakan potongan salmon dan panggang hingga matang dengan menambah sedikit garam atau bawang juga sayuran untuk memberikan gizi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top