Tubuh ku

Lebih Aman Cukur Atau Waxing?

Manakah yang lebih aman cukur atau waxing? Mungkin di benak Anda akan muncul pertanyaan seperti itu ketika akan membersihkan bulu rambut pada tubuh Anda. Sebenarnya perdebatan ini telah lama terjadi untuk menentukan metode mana yang terbaik dalam membersihkan bulu rambut. Semua ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jadi untuk menentukan manakah yang lebih baik cukur atau waxing, adalah tergantung dari diri Anda sendiri. Berikut adalah keuntungan dan kekurangan cukur dan waxing, sehingga anda dapat menentukan yang manakah yang lebih aman cukur atau waxing:

Lebih Aman Cukur Atau Waxing?

sponsor: pemutih wajah.

  1. Kemudahan penggunaan
  • Untuk waxing biasanya Anda harus pergi ke salon untuk melakukannya. Anda memerlukan seorang ahli jika ingin melakukan wax. Bagaimanapun, kenyamanan waxing tidak dapat ditentukan karena setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda-beda, apakah menggunakan lilin panas, bubuk, lotion, atau dengan waxing strip.
  • Mencukur bulu rambut dengan baik harus membutuhkan alat dan pisau cukur yang baik. Pisau cukur sebaiknya dalam keadaan tajam, dan lembut. Anda juga memerlukan krim cukur agar lebih aman. Mencukur dapat dilakukan dengan mudah, bahkan dapat Anda lakukan sendiri di rumah.
  1. Pertumbuhan bulu rambut
  • Waxing akan menarik bulu rambut hingga akarnya, sehingga untuk pertumbuhannya membutuhkan waktu 3 hingga 4 minggu.
  • Sedangkan mencukur hanya akan menghilangkan bulu rambut yang ada di permukaan kulit, jadi pertumbuhannya membutuhkan waktu sekitar 1 minggu hingga 10 hari. Hal ini karena mencukur tidak akan menarik bulu rambut hingga akarnya, sehingga waktu pertumbuhannya akan lebih cepat.
  1. Kualitas pertumbuhan bulu rambut
  • Jika Anda melakukan waxing secara rutin, maka dalam jangka waktu yang lama akan menumbuhkan bulu rambut yang lebih tipis dan halus karena bulu rambut yang ditarik dari akar.
  • Sedangkan mencukur akan menumbuhkan bulu rambut yang lebih tebal. Alasanya adalah karena bulu rambut tidak ditarik dari akar sehingga sifat dasar bulu rambut yang baru tumbuh tetap sama seperti aslinya. Maka dari itu bulu rambut yang baru tumbuh akan terlihat lebih tebal, padahal tidaklah demikian.
  1. Rasa sakit dan nyeri
  • Waxing tentu akan terasa sakit dan mengganggu, terutama bagi Anda yang baru pertama kali melakukannya. Karena alat waxing yaitu strip, akan menarik bulu rambut dengan arah yang berlawanan. Selain menimbulkan rasa sakit, waxing juga terkadang akan meninggalkan bekas berupa bintik-bintik merah pada kulit Anda.
  • Mencukur juga akan terasa menyakitkan jika Anda tidak terbiasa melakukannya. Gunakan pelembab seperti krim cukur saat Anda akan mencukur bulu rambut. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mencukur bulu rambut sekaligus mengurangi rasa sakit.
  1. Dampak permanen
  • Waxing dalam jangka waktu yang lama akan mengurangi kepadatan bulu rambut, sehingga bulu rambut Anda dapat lebih halus dan lembut secara permanen.
  • Seperti penjelasan sebelumnya bahwa mencukur hanya menghilangkan bulu rambut di permukaan kulit saja, sehingga dalam jangka waktu yang lama bulu rambut akan tumbuh kembali dengan keadaan yang sama.
  1. Kecepatan
  • Waxing membutuhkan waktu yang lama karena Anda harus menunggu lilin agar mendapatkan panas yang cukup, dan proses waxing sendiri yang membuat Anda terkadang merasa bosan. Jadi, jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak maka waxing bukanlah pilihan yang tepat.
  • Mencukur dapat dilakukan setiap saat Anda akan beraktivitas. Karena Anda hanya membutuhkan pisau cukur, krim, dan semuanya dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menunggu persiapan yang lama.
  1. Biaya
  • Anda tahu bahwa waxing harus dilakukan di klinik kecantikan atau salon yang menggunakan tenaga ahli untuk melakukannya. Jadi, Anda harus menyiapkan biaya yang tidak murah untuk melakukannya.
  • Mencukur hanya memerlukan pisau dan krim cukur. Walaupun Anda harus mengganti pisau secara berkala namun semua itu masih dapat dijangkau dengan harga yang cukup murah.
  1. Kesesuaian untuk kulit yang sensitif
  • Waxing cenderung dapat menyebabkan iritasi, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Jika lilin terlalu panas maka dapat dengan tanpa sengaja membakar permukaan kulit dan meninggalkan bekas kemerah-merahan pada kulit.
  • Jika Anda mencukur dengan benar, maka Anda tidak perlu khawatir dengan iritasi atau semisalnya. Karena mencukur tidak akan menarik bulu rambut hingga ke akarnya, dan juga tidak menembus hingga ke dalam kulit. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan iritasi meskipun Anda memiliki kulit yang sensitif.
  1. Kebersihan
  • Sudah tentu waxing telah terjamin kebersihannya, semua dilakukan dengan standar tertentu dan alat-alat yang higienis. Yang harus Anda lakukan adalah cermat memilih klinik kecantikan atau salon yang memang benar-benar profesional dalam bidangnya.
  • Sedangkan mencukur kebersihannya adalah tergantung dari Anda sendiri. Selama Anda menggunakan pisau yang tajam dan juga krim cukur maka tidak akan menimbulkan masalah. Namun bagi Anda yang tidak pernah mengganti pisau cukur, akan menimbulkan masalah baru seperti iritasi atau infeksi.

Sekarang Anda telah mengetahui perbedaan, keuntungan, dan kekurangan dari mencukur maupun waxing. Jika Anda menginginkan kulit yang halus dan bebas bulu maka waxing mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda hanya ingin menghilangkan bulu rambut dalam sementara waktu tanpa mengubah sifat dari bulu rambut tersebut maka sebaiknya Anda hanya mencukurnya. Jadi manakah yang lebih baik cukur atau waxing menurut Anda?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top