Makanan Kesehatan

Lawan Efek Buruk Polusi Udara Lewat Makanan Ini

Lawan Efek Buruk Polusi Udara Lewat Makanan Ini

Polusi udara merupakan masalah dunia yang sering menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Supaya pengaruh negatif bisa dicegah, kita butuh makanan penangkal efek buruk polusi udara. Menurut laporan dari badan pangan dunia yang dipanggil dengan organisasi WHO, ada sekitar 7 juta setiap tahunya meninggal akibat polusi udara. Akibat kondisi ini, polusi udara menjadi ancaman global yang berdampa buruk bagi kesehatan. Sejumlah kerusakan organ tubuh bisa diakibatkan berkat pengaruh paparan udara yang buruk. Untuk mengatasi ancama tersebut, sejumlah makanan diklaim ampuh menangkal radikal bebas dari polusi udara.

Lawan Efek Buruk Polusi Udara Lewat Makanan Ini

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Makanan kaya Omega-3

Kerusakan fungsi tubuh karena polusi bisa dikurangi dengan cara mengkonsumsi makanan kaya Omega-3. Dari hasil penelitian, makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 (OFAs) bisa dijumpai pada segala jenis ikan laut, kedelai, atau bayam. Fungsingnya untuk mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Gangguan ini akan menjadi penyebab tubuh menjadi tidak nyaman karena masuknya partikel buruk dalam tubuh. Nantinya partikel pada polutan bisa masuk ke dalam paru-paru dan organ-organ utama termasuk otak dan testis. Jadi dengan mengkonsumsi makanan kaya OFAs bisa bantu melawan polusi udara.

Lawan Efek Buruk Polusi Udara Lewat Makanan Ini

2. Jahe

Jase bersifat antiinflamasi atau anti radang. Jahe juga sebagai zat adaptogen alami yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan stres secara alami dari paparan polutan. Anda bisa mengkonsumai air rebusan jahe hangat di pagi atau sore hari. Selain menghangatkan badan di musim dingin, juga baik bagi kesehatan organ dalam tubuh.

Lawan Efek Buruk Polusi Udara Lewat Makanan Ini

3. Brokoli

Dikenal dengan superfood, brokoli bisa bantu menjaga tubuh dari bahaya polusi udara. Menurut hasil penelitian yang dilakukan Bloomberg School of Public Health, di Johns Hopkins University, ada sejumlah fakta yang menyebut bahwa orang yang rajin makan brokoli bisa bantu melindungi tubuhnya dari dampak polusi dan partikel udara kotor. Brokoli sendiri mengandung ekskresi sulforaphane atau senyawa anti karsinogenik.

Lawan Efek Buruk Polusi Udara Lewat Makanan Ini

4. Alpukat

Makanan sehat lain yang bisa membantu melindungi tubuh dari bahaya polutan adalah alpukat. Penelitian dari King’s College menyebut ada vitamin E pada alpukat yang bisa mengurangi efek polusi udara dalam paru-paru. Dalam studi menyebut ada kadar vitamin E pada yang bila diberikan pada pasien paru-paru dan asma. Jadi kesimpulaannya mengkonsumsi alpukat yang kaya vitamin E dipercaya bantu melawan efek buruk polusi partikulat.

      Lawan Efek Buruk Polusi Udara Lewat Makanan Ini

5. Minyak zaitun

Minyak zaitu juga sumber terbaik vitamin E. Vitamin E pada minyak zaitun dipercaya sanggup meningkatkan fungsi paru-paru. Tak hanya itu, asam lemak pada minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Anda bisa mencampurkan salad dengan minyak zaitun untuk mendapatkan manfaatnya.

Nah, itulah beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu Anda terhindar dari bahaya polusi udara. Semoga superfood diatas bisa Anda jadikan makanan sehat yang melindungi tubuh Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top