Olahraga

Latihan Kardio Untuk Perut

Ingin memiliki tubuh langsung, paha dan betis seksi, perut rata dan lengan yang kuat adalah dambaan setiap manusia yang cinta kesehatan tubuhnya. Ada banyak bentuk latihan yang berguna untuk kesehatan tubuh, salah satunya latiha kardio. Latihan kardio sangat mudah untuk dilakukan, dan bila dilakukan secara rutin akan mendapatkan manfaat luar biasa. Latihan kardio juga bisa dilakukan kan dan dimana saja. Bagi Anda yang ingin tampil seksi dengan perut rata, maka latihan kardio untuk perut sangat tepat dilakukanBerikut contoh-contoh latihan kardio yang sangat mudah untuk dilakukan:

Latihan Kardio Untuk Perut

Sponsor: dr rochelle skin expert

Latihan kardio yang stabil dan kosnisten bisa menjadi bentuk latihan aerobik yang mampu menyehatkan denyut jantung. Jika dilakukan selama 10 menit saja, latihan ini mampu meningkatkan hasil yang relatif stabil sehingga membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Secara umum, aktivitas kardio bisa dilakukan minimal 150 menit setiap minggu (atau 30 menit setiap hari) dengan intensitas dari rendah ke tinggi. Beberapa bentuk latihan kardio dengan intensitas sedang misalnya berlari, berjalan, joging, hiking, bersepeda, elliptical, menari, atau berenang.

Tips efektif melakukan latihan kardio untuk perut ramping:

1. Lakukan latihan di pagi hari.

Diusahakan untuk latihan kardio pada pagi hari sebelum Anda sarapan. Saat Anda berolahraga dalam keadaan perut kosong, maka akan membuat tubuh memakai energi dari lemak tubuh. Ketika berlatih, cobalah sertakan berbagai jenis latihan kardio lainnya seperti jogging ditambah lari dan jalan cepat selama 20-30 menit akan membantu tubuh menggunakan cadangan lemak berlebihan untuk mendapatkan energi yang bisa digunakan untuk olahraga. Meski diawal Anda akan mengalami beberapa masalah, tetapi dengan latihan rutin maka akan meningkatkan intensitas. Pastikan juga Anda istirahan malam yang cukup agar pagi harinya dapat digunakan untuk berolahraga.

2. Latihan perut

Agar membentuk perut rata tidak salahnya Anda menyertakan latihan perut. Latihan kardio sebenarnya mampu membakar dan mengurangi lemak di seluruh bagian tubuh, tetapi tidak salahnya Anda menambahkan beberapa latihan seperti sit up untuk melatih kekencangan perut untuk tahap ringan. Ketika lemak diperut mulai berkurang, maka Anda bisa menambahkan latihan perut untuk mengencangkan otot perut. Beberapa latihan pengencangan otot lainnya adalah plank, crunch, bicycle crunch, atau v-sit. Jadi latihan pengencangan dapat membantu memperkuat otot, menghilangkan lemak di bagian tubuh tertentu seperti perut atau sekita pinggang saja.

3. Contoh latihan kardio untuk mengurangi lemak perut

  • Berlari atau joging

Berlari adalah bentuk latihan kardio yang cukup populer untuk membantu menurunkan berat badan dan mengencangkan perut. Berlari akan melatih seluruh anggota tubuh mulai dari kaki hingga kepala. Berlari di pagi hari, sama dengan melakukan latihan fitnes dan jika dilakukan secara rutin, akan membuat lemak di perut akan hilang dan membuat tubuh makin ramping dan sehat. Latihan ini adalah bentuk latihan paling stabil yang sangat bagus membakar lemak perut. Jika rutin, maka kalori yang terbakar bisa mencapai 100 kalori setiap 1,6 kilometer. Latihan ini juga membantu menjaga kesehatan jantung dna paru-paru. Lakukan latihan intes dari kecepatan ringan hingga cepat.

  • Berenang

Contoh latihan kardio lainnya adalah berenang. Olahraga ini akan membuat otot seluruh tubuh bergerak aktif sehingga mudah untuk membakar kaliri lebih besar. Bahkan menurut survei berenang dapat membantu menurunkan 1 -3 kg per minggu. Berenang akan melatih otot perut dan pada.

  • Jalan kaki

Jalan kaki ringan dan cepat bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin mendapatkan perut rata. Bahkan menurut beberapa studi menunjukkan bagi yang ingin mengurangi lemak perut paling efektif yaitu dengan melakukan latihan kardio secara intensitas selama 60 menit setiap hari.

  • Bersepeda

Bersepeda juga merupakan latihan kardio yang efektif untuk menurunkan lemak di perut. Latihan kardio ini yang sangat baik untuk membakar lemak dan mengecilkan perut. Latihan ini bisa dilakuakn secara ringan atau santai. Bersepeda minimal 30 menit sampai 1 jam dapat membakar kalori lebih besar. Anda juga bisa gunakan latihan spinning (sepeda stasioner) yang bisa dilakukan di rumah. Latihan ini menghasilkan intensitas tinggi, dimana melakukan dengan intesitas tinggi mampu membakar kalori dan lemak dalam jumlah besar. Mengayuh dengan cepat mampu membakar lemak di area bantat, betis dan pinggul. Latihan ini bisa diawali dengan melakukan intensitas perlahan sedang hungga tinggi dalam beberapa waktu selama beberapa minggu.

  • Aerobik

Bentuk lakukan kardio lainnya adalah aerobik, yang juga ampuh mengatasi lemak di perut. Latihan aerobik berfokus pada kaki dan bokong. Aerobik dapat membuat otot besar mengeluarkan banyak keringat sehingga pembakaran lemak dan kalori lebih efektif. Untk hasil maksimal, Anda bisa melakukan latihan aerobik selama 30 menit agar menghasilkan kalori 400. Secara bertahap dapat lakukan dari intensitas rendah ke tinggi. Pilih latihan aerobik dari yang sederhana, perlahan hingga cepat, Bisa juga gunakan langkah kecil atau sedikit modifikasi gerakan.

  • Latihan interval tinggi

Terakhirm Anda bisa gunakan bentuk latihan interval tinggi (HIIT/high-intensity interval training) untuk membakar lemak lebih banyak. Latihan ini juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh selama hampir 24 jam setelah melakukan latihan. Selama latihan, Anda bisa melakukan latihan kardio dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat. Kemudian lanjutkan dengan latihan kardio intensitas sedang dalam waktu singkat. Latihan ini tidak membutuhkan waktu lama hanya sekitar 20 menit termasuk dengan 5 menit pemanasan, dan 5 menit pendinginan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top