Career Tips

Langkah Penting yang Harus Kamu Lakukan Setelah Wawancara Kerja

Wawancara adalah tahapan akhir pada saat kamu melamar kerja. Biasanya setelah melakukan wawancara bagian personalia akan mengambil waktu beberapa waktu untuk kemudian akan memberikan kabar. Dalam menunggu hasil wawancara kerja ini bisa saja menjadi hal yang sangat menegangkan apalagi jika kamu sangat menginginkan pekerjaan ini. Was-was, ragu dan rasa takut diterima atau tidak pasti akan terus menghantui perasaanmu ketika sedang menunggu hasil dari wawancara ini.

Sponsored: perawatan wajah terbaik

Langkah Penting yang Harus Kamu Lakukan Setelah Wawancara Kerja

Daripada kamu harus terus merasa penasaran akan hasil dari wawancara kerja yang kamu lakukan, ada beberapa Langkah setelah melakukan wawancara yang bisa kamu lakukan. Langkah untuk menghubungi perusahaan tempat kamu melamar pasti menjadi salah satu langkah yang selalu terpikirkan. Kamu tentu memerlukan satu langkah yang tepat untuk memulainya supaya kamu tidak terlalu kelihatan ambisius dimana hal ini tentu juga akan menjadi satu penilaian dari personalia. Berikut ini beberapa langkah penting yang bisa kamu lakukan setelah melakukan wawancara kerja.

  • Awali dengan Terima Kasih

Tindak lanjut atau langkah lanjutan setelah tes wawancara adalah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk memenuhi rasa penasaran yang pasti akan selalu muncul pada diri kamu, proses tindak lanjut ini juga bisa menjadi satu tolak ukur dari perusahaan tentang ketertarikan kamu terhadap perusahaan tersebut. Untuk lebih mudah dalam menjalin hubungan antara kamu dan personalia, ada baiknya setelah melakukan wawancara bisa mengirimkan pesan melalui email tak lebih dari 24 jam. Ucapan terimakasih bisa menjadi satu cara untuk terus menjalin hubungan supaya terus terjalin antara kandidat dan perusahaan. Selain itu, ucapan ini juga bisa menjadi satu jembatan untuk menambahkan berbagai informasi yang tadinya kurang atau terlupakan saat kamu sebutkan di tes wawancara.

  • Sabar adalah Hal yang Penting

Saat kamu melakukan tes wawancara, pada saat sesi sudah selesai ada baiknya untuk menanyakan tentang tahapan berikutnya dari tes wawancara tersebut. Kamu juga bisa menanyakan berapa lama kamu harus menunggu dan kapan waktu pengumuman dari hasil tes wawancara tersebut. Jika memang pihak personalia belum mengatakannya atau belum bisa memastikan ada baiknya untukmu menunggu selama kurang lebih 7 hari. Sabar adalah hal terpenting dalam menunggu tes hasil wawancara kerja, jika memang belum ada panggilan bukan berarti kamu gugur atau tidak lolos, tetap tunggu dengan sabar.

  • Jangan Malu Untuk Bertanya

Terkadang perasaan malu sangat berpengaruh dan menutup keberanian hanya untuk sekedar bertanya kepada bagian personalia. Padahal jika kamu ingin segera mengetahui tentang hasil dari tes wawancaramu kamu tak perlu malu, canggung ataupun takut untuk menanyakannya. Asalkan dengan bahasa yang profesional kamu sudah bisa mendapatkan hasil dari wawancara kamu.

Dengan melakukan tiga langkah penting diatas kamu sudah bisa mengetahui dan mengurangi rasa was-was apakah diterima ataukah tidak. Yang perlu diingat oleh para pelamar kerja pada saat menunggu hasil keputusan setelah wawancara adalah dalam penyampaian hasil tentu harus menunggu karena melewati banyak proses. Selain dari kandidat yang juga menjadi bahan pertimbangan pasti perusahaan juga melakukan banyak pertimbangan dari kondisi internal perusahaan. Oleh karena itu, sebagai kandidat kamu pun juga harus tetap sabar dalam menunggu jawabannya.

 

Baca juga: Hal Penting Yang Ada Pada CV Berikut Ini Tidak Boleh Kamu Lupakan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top