Tips Kesehatan

Langkah Penting Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Langkah Penting Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Otak adalah bagian penting dalam tubuh kita. Tanpa otak maka seluruh organ tubuh pasti akan lumpuh. Langkah penting untuk menjaga kesehatan otak merupakan hal yang wajib kita ketahui. Pasalnya, semua itu berkaitan dengan memori dan kesehatan tubuh.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Langkah Penting Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Bagi Anda yang sering lupa maka tanyakan apakah sudah menjaga baik kesehatan otak? Atau mungkin Anda kurang senang melakukan aktivitas yang berguna untuk kesehatan otak. Sebab semakin bertambahnya usia, maka sifat lupa juga sering muncul. Jadi apa saja yang harus dilakukan agar kita terhindar dari “sifat kepikunan”?

Menurut studi yang dilakukan oleh para ahli saraf di Harvard Medical School, struktur dan fungsi otak berkaitan erat dengan memori yang bisa berubah seiring bertambahnya usia. Tak hanya itu, sel otak yang dipakai seseorang juga bisa mempengaruhi daya ingat. Kita hanya menggubakan 10% sel dari total sel otak dimiliki. Padahal sel otak tersebut berkaitan erat dengan fungsi kognitif, cara berpikir, nalar, dan IQ. Agar sel otak kita bisa terus meningkat, maka rutin melakukan hal berikut bisa sangat membantu.

Ada sebuah studi ilmiah lain yang membahas tentang kesehatan otak bahwa sanya olahraga paling baik untuk kesehatan otak yaitu aerobik dan fitness. Penelitian itu sudah dibuktikan oleh banyak orang dewasa dan mampu mencegah risiko demensia. Melakukan  aerobik selama 30 menit setiap hari dan rutin 5 kali seminggu, bisa  meningkatkan kemampuan seseorang dalam menalar dan meningkatkan massa otak. Aerobik juga mampu mencegah gangguan kognitif dan terjadi peningkatan secara perlahan. Saat kita berolahraga maka sirkulasi darah akan lancar, sehingga menstimulasi hormon yang bisa memperbaiki mood dan kualitas tidur. Anda bisa lakukan dance sport atau yang melatih kelenturan dan kekuatan otot untuk kesehatan otak.

Mengonsumsi makanan yang sehat juga terbukti tingkatkan memori otak. Perbanyak mengkonsumsi makanan kaya serat seperti sayur, buah, dan karbohidrat kompleks seperti gandum adalah sumber terbaik bagi otak. Dianjurkan juga untuk mengurangi gula, garam, dan lemak jenuh yang tinggi. Kebanyakan dokter juga akan menyarankan makanan yang mengandung asam folat, vitamin B6 dan B12 untuk mencegah risiko menurunnya daya ingat.

Menurut penelitian, cara lain agar meningkatkan daya ingat adalah sering terlibat dalam kegiatan sosial. Dalam penelitian tersebut menyebut bahwa orang-orang yang mengalami demensia diuji untuk melakukan kegiatan sosial dengan cara membangun koneksi, dan berkomunikasi. Hasilnya, mereka pun memiliki kemampuan daya ingat yang meningkat. Interaksi sederhana bisa dilakukan juga dengan keluarga, teman, atau,  kerabat.

Terakhir, agar mencegah risiko menurunnya ingatan lakukan banyak hal positif seperti olahraga otak contohnya bermain alat musik, main catur, atau mengisi teka-teki silang. Iatirahan atau tidur cukup 6-8
jam dan hibdari stress/depresi. Semua itu akan membantu tingkatkan intelektual dan cara berfikir positif pun akan mudah terbentuk.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top