Makanan Kesehatan

Kreasi Resep Nasi Goreng Sehat Untuk Sahur

Siapa yang tak suka makan nasi goreng. Menu yang menggoda selera ini bisa membuat kita ketagihan untuk memakannya terus. Yah nasi goreng merupakan menu andalan dan praktis dibuat. Sementara itu, nasi goreng juga salah satu hidangan yang serinb disajikan untuk makan sahur. Namun untuk bisa membuat nasi goreng yang bergizi dan kaya nutrisi, maka Anda harus memperhatikan racikannya sebelum berencana membuatnya. Gunanya agar menu nasi goreng tetap sehat dan lezat. Berikut beberapa kreasi resep nasi goreng sehat untuk sahur yang lezat.

Sponsor: perawatan wajah

1. Nasi goreng sayur

Kreasi Resep Nasi Goreng Sehat Untuk Sahur

Nasi goreng sayur diadaptasi dari anekaragam sayuran yang ditambah ke dalam menu. Bahan yang bisa disajikan berupa 8 buah jamur shintake kering, 3 sdm minyak sayur, 4 batang daun bawang iris tipis, 2 buah telur ukuran besar yang sudah dikocok, 1 siung bawang putih, 1 buah wortel potong dadu, cincang, 1 sdm jahe parut, 1 sdt minyak wijen, 2 sdm kecap asin, garam dan bubuk cabe secukupnya, nasi 3 mangkuk, 3 lembar daging asap, dan 40 gram kacang polong beku.

Cara membuatnya dimulai dari lunakkan jamur dengan menyirami air mendidih, tunggu sekitar 20 menit, angkat, keringkan, dan iris tipis. Siapkan 1 sdm minyak sayur ke dalam wajan dan panaskan. Tuang telur hingga matang, angkat dan iris tipis. Panaskan lagi sisa minyak sayur, masukkan daun bawang dan wortel sambil tumis selama 1,5 menit. Tambahkan bahan dan bumbu lainnya dan rata 2-3 menit. Menu istimewa nasi goreng sayur siap untuk disajikan.

2. Nasi goreng oriental

Kreasi Resep Nasi Goreng Sehat Untuk Sahur

Nasi goreng oriental bisa dibuat hanya dalam 30 menit saja. Sebelumnya, siapkan bahan berupa 1 bawang bombay besar yang sudah di cincang halus. Siapkan 1/2 buah wortel cincang, 2 1/2 sdm minyak sayur, 8 ons fillet dada ayam, 1 telur kocok, 1/2 sdt kecap asin, 1/2 sdt minyak wijen, 75 gram kacang polong, 4 mangkuk nasi putih, 4 bawang daun cincang, 200 gram toge, dan 2 sdm kecap ain.

Cara membuatnya yaitu panaskan dulu 1 sdm minyak, masukkan bombay, tumis hingga harum, angkat dan, sisihkan. Berikutnya siapkan telur, kecap asin, minyak wijen dalam mangkuk dan masak hingga matang lalu potong suwir. Masak daging ayam,  wortel, kacang polong, dan bombay matang ke dalam wajan berisi 1 sdm minyak sayur. Jika sudah, masukkan nasi, bawang daun, toge, aduk sebentar lalu tambahkan kecap asin dan irisan telur. Menu nasi goreng oriental siap disajikan.

3. Nasi goreng tahu

Kreasi Resep Nasi Goreng Sehat Untuk Sahur

Nasi goreng tahu adalah menu sederhana namun nikmat dan bergizi. Cukup dengan 20 menit saja, hidangan ini siap disantap saat sahur. Bahan yang dibutuhkan berupa nasi putih 4 mangkuk, 2 sdm minyak sayur yang telah dipisahkan, 1 sdm jahe parut, 2 sdm cuka beras,2 telur kocok, 150 gram sayuran, 4 siung bawang putih cincang,  3 sdm kecap asin, 1 blok tahu putih besar potong dadu, 1 sdm saus hoisin, 1/2 sdt minyak wijen, dan 1 ruas bawang daun yang di iris tipis.

Cara membuatnya yaitu panaskan 1 sdm minyak sayur dalam api sedang dan masak tahu sambil tunggu warnanya berubah kecokelatan. Aduk sesekali, angkat dan sisihkan. Selanjutnya masukkan telur dan masak dengan cara orak-arik, angkat dan sisihkan. Masih di wajan yang sama, masukkan 1 sdm minyak sayur dan tumis selama 2 menit bawang daun, sayuran, bawang putih, dan jahe. Setelah tercium aroma wangi, masukkan juga cuka beras, kecap asin, saus hoisin, dan minyak wijen sambil di aduk rata. Terakhir  masukkan nasi, tahu dan kecao, masak ulang selama 30 detik. Nasi goreng siap dihidangkan.

4. Nasi goreng udang

Kreasi Resep Nasi Goreng Sehat Untuk Sahur

Ingin berkreasi dengan nasi horeng sea food, udang bisa jadi pilihannya. Anda hanya butuh 30 menit nasi goreng udang pun siap disantap saat sahur. Siapkan 1 buah brokoli ukuran besar yang sudah disiangi, 7 sdm minyak kacang, 1 buah paprika merah dan 1 buah paprika kuning ukuran sedang sambil di iris tipis memanjang, 85 gram kacang kapri, 1 sdm jahe parut, 2 mangkuk nasi, 1 sdm minyak wijen, 12 ons udang yang telah di kupas kulitnya, 200 gram kacang edamame, 60 ml kecap asin, 1 1/2 sdm cuka beras, 1 sdm sambal cabe dan bawang daun.

Cara membuatnya yaitu siapkan brokoli dan tim selama 4 menit hingga renyah dan lunak, sisihkan. Kemudian siapkan wajan panaskan, tambahkan 1 sdm minyak kacang lalu masukkan paprika dan kacang kapri dan tumis selama 2 menit. Tambah  sendok makan minyak kacang, tambahkan jahe dan tumis sebentar. Langsung masukkan nasi sambil diaduk selama 5 menit. Campur nasi dengan berbagai sayur yang tadi telah ditumis sambil diaduk kembali. Tambahkan udang, edamame, kecap, cuka, dan sambal cabai lalu tumis dan tunggu hingga matang selama 3 menit. Sajikan dengan segera.

5. Nasi goreng ayam brokoli

Kreasi Resep Nasi Goreng Sehat Untuk Sahur

Nasi goreng ayam brokoli adalah menu spesial sahur puasa yang lezat. Hanya butuh 30 menit Anda bisa sajikan menu ini untuk keluarga. Siapkan bahan berupa 1 1/2 sdm minyak sayur, 2 buah brokoli yang sudha disiangi, 1/2 cangkir kaldu ayam, 2 mangkuk nasi, 1 sdm bawang putih cincang, 2 sdt jahe parut, ½ sdt bubuk paprika, 2 buah fillet dada ayam yang sudah diungkep dengan merica/garam dan air limau/hoisin (panggang 3/4 matang), 2 sdm kecap asin, 2 sdm saus tiram, 1 sdm cuka beras, 1 sdt tepung maizena dan garam secukupnya.

Cara membuat dengan panaskan minyak, masukkan brokoli dan bombay sambil ditumis sekitar 3 menit. Tambahkan seperempat kaldu ayam dan ungkep selama 3 menit. Nyalakan wajan sedang dan masukkan nasi sambil dimasak selama 5 menit. Tambahkan tumisan brokoli, jahe, bawang putih, bubuk
paprika, dan irisan ayam. Campur dengan sisa kaldu, kecap asin, cuka, saus tiram, dan tepung maizena. Biarkan mendidih selama 1 menit, jika perlu tambahkan garam secukupnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top