Makanan Kesehatan

Kreasi Resep Mie Tanpa Karbohidrat Untuk Buka Puasa

Berbuka adalah waktu yang banyak dinanti orang untuk segera mengakhiri puasa. Banyak pilihan menu yang bisa sajikan untuk berbuka seperti makanan pokok, kolak, sirup, sayuran, makanan goreng dan buah-buahan. Nasi adalah salah satu menu wajib bagi masyarakan Indonesia dan paling banyak disajikan dalam menu berbuka. Sayangnya, terlalu banyak memasukkan nasi dalam perut bisa membuat kalorinya bertambah. Lalu bagaimana dengan mie?

Sponsor: cream perawatan wajah

Selain nasi, mie juga menu favorit. Sayangnya banyak juga dari kita menghindari mie karena dianggap memiliki karbohidrat lebih tinggi dibanding nasi. Mie instan juga dikenal tidak sehat karena mengandung pengawet dan penguat rasa. Tetapi jangan salah, pasalnya sajian mie masih bisa kok dibikin lezat namun sehat. Citarasa mie sehat ini tetap memberikan karbohidrat dan lemak, lengkap juga gizi lain seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Ini dia solusi praktis kreasi resep mie tanpa karbohidrat untuk buka puasa Anda.

Kreasi Resep Mie Tanpa Karbohidrat Untuk Buka Puasa

1. Mie zucchini saus garlic parmesan

Lembut dan renyah serta penyajian yang cepat adalah kreasi dari menu Mie zucchini. Hanya butuh waktu 20 menit Anda sudah bisa menikmati mie lezat nan sehat ini. Mie zucchini dicampur dengan garlic parmesan adalah pasangan idel. Ditambah aneka taburan sayur dan lauk super lezat sangat pas dikonsumsi sebagai hidangan makan malam. Mie ini bagus untuk meningkatkan asupan sayuran di menu berbuka.

  • Bahan-bahan:

Siapkan bahan seperti 4 buah zucchini sedang dan potong ujungnya, 2 buah tomat ukuran sedang, 3 sdm minyak zaitun,  bubuk cabe merah sesuai selera, 4 siung bawang putih cincang, 50 gram keju parmesan parut, 14 gram daun basil segar yang telah robek, 1 sdt tepung maizena, 2 sdt air, dan garam.

  • Cara membuat:

Pertama iris mie zucchini bentuk spaghetti dengan spiralizer. Panaskan minyak zaitun dengan api sedang lalu masukkan bawang putih dan cabe bubuk. Selanjutnya masukkan zucchini, aduk hingga mie lunak. Masukkan tomat, basil, dan keju parmesan dan masak selama 1 menit. Sajikan mie dalam piring. Untuk lebih nikmat tambahkan sisa kuah dengan cara tambahkan tepung maizena dan air lalu masak lagi hingga kaldu mengental. Terakhir, tuang saus di atas mie zucchini dan taburkan dengan keju parmesan atau daun basil.

Kreasi Resep Mie Tanpa Karbohidrat Untuk Buka Puasa

2. Mie wortel tumis dengan ayam

Mie wortel tumis dengan ayam adalah menu sehat selanjutnya. Tak perlu berfikir lama untuk bisa menyajikan mie dengan irisan wortel yang ditumis lengkap dengan suwiran daging ayam. Anda hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk menyajikan hidangan. Cara membuat menu lezat nan sehat ini yaitu:

  • Bahan-bahan:

Siapkan 700 gram daging ayam bagian paha fillet, buang kulitnya dan potong dadu. Sediakan 2 sdt minyak sayur dan 2 sdm lalu pisahkan, 1 sdt gula, 1 sdt minyak wijen, 5 iris jahe, 2 sdt tepung maizena, 1,5 sdt dan 1 sdm kecap asin, 1/2 sdt cabe bubuk,6 wortel ukuran sedang yang sudah iris tipis, 2 buah bawang daun potong 5 cm, dan 2 ikat baby spinach.

  • Cara membuat:

Masukkan ayam, minyak sayur 2sdt, minyak wijen, maizena, gula, kecap asin, dan bubuk cabe. Aduk dan ungkep 30 menit. Selanjutnya panaskan 2 sdm minyak sayur lalu masukkan jahe dan tumis 1-2 menit hingga harum kemudian masukkan ayam dan diamkan hingga warnanya berubah. Jangan lupa masukkan mie, wortel dan tumis kembali selama 1-2 menit. Agar lebih nikma masukkan sisa kecap asin dan bawang daun juga baby spinach, tunggu hingga 1 menit.

Kreasi Resep Mie Tanpa Karbohidrat Untuk Buka Puasa

3. Pasta ubi jalar saus butter

Pasta nerupakan salah satu hidangan favorit masyarakan barat terutama Eropa. Pasta biasanya dibuat dari gandum sehingga lebih sehat, kaya serat dan kaya gizi. Anda bisa padukan hidangan pasta dengan gaya tradisional yaitu ubi jalar dan saus butter. Hanya butuh 15 menit, hidangan bisa dipakai untuk 4 porsi keluarga. Berikut caranya.

  • Bahan-bahan:

Siapkan 2 buah ubi jalar oranye yang telag dikupas dan iris tipis seperti mie. Siapkan 5 siung bawang putih cincang halus,  125 ml kaldu ayam, 1 sdt bubuk cabe, cabe merah besar yang telah di buang biji lalu iris tipis, 3 sdm butter, wijen dan daun kemangi.

  • Cara membuat:

Lelehkan 1sdm butter dan masukkan mie ubi jalar sambil tumis 1-2 menit hingga mie lunak tapi dan garing lalu angkat dan diamkan. Lelehkan lagi sisa butter dan masukkan bawang putih, bubuk cabe lalu tumis selama 2 menit. Tambahkan kuah kaldu, diamkan selama 2 menit hingga mengental. Jangan lupan masukkan mie ubi jalar sambil di aduk dan masak selama 3 menit. Terakhir, gunakan pencapit untuk menyajikan mie ubi di piring saji sambil tabutkan biji wijen dan daun kemangi.

Kreasi Resep Mie Tanpa Karbohidrat Untuk Buka Puasa

4. Salad mie wortel saus jahe kacang

Salad mie wortel dengan saus jahe kacang merupakan hidangan berbuka yang mudah dan praktis dibuat. Hanya butuh 15 menit Anda sudah bisa menyiapkan 4 porsi menu ini untuk keluarga tercinta.

  • Bahan-bahan:

Untuk pasta wortel siapkan 5 buah wortel yang telah di kupas dan iris tipis-tipis seperti mie, 50 gram kacang mede atau kacang tanah sangria dan cincang kasar, kemangi secukupnya yang telah di cincang halus. Untuk bahan saus jahe kacang siapkan 2 sdm selai kacang original, 2 sdm kecap asin, 4 sdm santan, 1 ruas jahe kupas dan parut, cabe bubuk, 1 sdm jus limau, dan garam.

  • Cara membuat:

Pertama siapkan pasta yang sudah matang dan diamkan sejenak. Campur seluruh bahan untuk saus jadi satu dan aduk rata. Sementara untuk mie campur dengan worte. Terakhir, campur saus jahe di atas mie sambil aduk rata. Sajikan langsung lengkap dengan taburan kacang dan daun kemangi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top