Entertaiment

Kota Peninggalan Peradaban Islam Yang Mendunia

Sama seperti bangsa-bangsa lainnya, bangsa muslim pernah berjaya dan menjadi salah satu bangsa yang mampu menguasai menguasai sebagian besar daratan yang ada di dunia mulai dari wilayah Asia, Afrika, hingga negeri Eropa. Akan tetapi seringnya terjadi perpecahan serta puncaknya perang salib mengakibatkan dinasti islamiah menjadi terpecah belah hingga akhirnya menemuhi keruntuhannya. Walaupun dinasti kejayaan islam telah runtuh namun Anda masih dapat menemui sisa-sisa peradabannya pada masa lalu. Berikut ini beberapa kota peninggalan peradaban islam yang masih bisa dijumpai hingga saat ini.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Kota Peninggalan Peradaban Islam Yang Mendunia

1. Alexandria, Mesir

Kota pertama yang merupakan bukti peninggalan peradaban islam pada masa lalu adalah kota Alexandria yang terletak di Negara Mesir. Kota ini berjarak kurang lebih 225 Km dari pusat Kota Kairo. Kota ini dahunya bernama Iskandariyah dan pernah mendapatkan julukan The Pearl of The Medditeranean. Disini terdapat sebuah masjid yang dahulunya merupakan sebuah gereja. Ketika Islam menguasai negri ini kemudian gereja tersebut diubah menjadi sebuah masjid dan diberi nama Masjid Attarine. Selain itu terdapat pula Masjid Abu Al Abbas Mursi yang merupakan masjid terbesar di kota ini. Terdapat pula benteng Qaitbay beserta Universitas Iskandariyah yang memiliki perpustakan dimana hampir sebagaian koleksi bukunya merupakan peninggalan tertua di dunia.

Tak hanya Kyoto Jepang, di Alexandria merupakan contoh kota berbudaya dengan keberhasilan pembangunan di dunia. Sehingga kota ini termasuk dalam liga kota budaya dunia. Termasuk kota tua, Alexandria memiliki banyak kenangan sejarang yang gemilang hingga saat ini. Tak hanya itu, Alexandria merupakan kota indah berbalut pesona pantai Laut Mediterania bak surga, dan bagai intan permata yang menjelma jadi zamrud Mediterania. Sejak ditemukan oleh Alexander yang Agung (Iskandar Zulkarnain) pada 331 SM dan sempat menjelma jadi Ibukota Mesir Kuno di era hellenistik, kini Alexander menjadi salah satu kota dengan peradapan muslim cukup tinggi.

Kota Peninggalan Peradaban Islam Yang Mendunia

2. Yerussalem, Israel

Selain Kota Alexandria ada pula kota lainnya yang membuktikan eksistensi peradaban islam yaitu Kota Yerussalem. Kota ini menjadi koa suci 3 agama yaitu islam, nasrani dan yahudi. Yang membuat Yerussalem sangat berharga adalah karena adanya Masjid Al Aqsho yang merupakan saksi bisu peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW. Selain Masjid Al Aqsho terdapat pula Masjid Qubbat As Sakhrah yang dahulunya merupakan Masjid Kaliofah Umar bin Khattab yang kemudian diperluas oleh Khalifah Al Malik sebelum akhirnya di ubah namanya kembali menjadi Masjid Fatimiyah setelah hancur terkena gempa.

Yerussalem adalah kota penting 3 agama dan ketiganya berbagi tempat karena adanya figur Ibrahim. Dalam bahasa ibrani kota ini disebut Yerushalayim, sedangkan dalam bahasa Arab disebut al-Quds. Yerusalem adalah salah satu kota tertua dunia yang pernah dihancurkan dan ditaklukkan sebelum akhirnya dibangun kembali selama beberapa periode. Yerusalem membagi tiga wilayahnya dimana wilayah muslim yang terbesar karena adanya tempat suci yaitu Dome of Rock dan Masjid the al-Aqsa (masjid al Aqsa) beserta dataran yang dikenal Haram al-Sharif. Selain masjid, ada pula Gereja Makam Kudus yang jadi warisan situs penting bagi umat Kristen di penjuru dunia serta Tembok ratapan, yang menjadi bagian dari dinding Bait Suci sekaligus situs suci bagi umat Yahudi.

Kota Peninggalan Peradaban Islam Yang Mendunia

3. Amman, Yordania

Jejak peradaban islam tertua selanjutnya ada di kota Amman, Yordania. Didirikan pada tahun 1921, negara ini diakui oleh Liga Bangsa-Bangsa sebagai negara Emirat Transyordania. Di kota ini terdapat beberapa peninggalan serta makam para nabi terdahulu, diantaranya adalah peninggalan Nabi Musa AS dan Nabi Syuaib AS. Terdapat pula makam para sahabat nabi seperti Abdul Rahman Ibn Awf Az Zuhri serta Bilal bin Rabah yang merupakan muazin pertama umat islam. Selain itu terdapat pula gua yang sangat bersejarah bagi umat islam yaitu gua Ashabul Kahfi.

Tak hanya itu, ada banyak tempat bersejarah peninggalan peradaban Islam ada di Amman. Di antaranya ada Masjid Al-Husayni yang dibangun di masa Khalifah Umar bin Al Khattab Ra pada tahun 640 Masehi, sekaligus masjid tertua di kota Amman. Peradapat yang melegenda lainnya ada di laut mati dimana dalam sejarah tercatat ketika Nabi Luth menyampaikan perintah pada kaun sodom untuk meninggalkan maksiat. Kisah itulah yang hingga kini masih ada dan dilukiskan dalam kita suci Al Qur’an. Jejak peradapan islam lainnya yaitu terdapatnya makam Nabi Shu’ayb, gua Ashab al-Kahfi, Jabal (Gunung) Nebo dan Musa, Pohon Sahabi yang jadi saksi bisu pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan Biarawan Kristen, dan Petra yang merupakan tempat mengagumkan yang dipahat di gunung yang tandus. 

Kota Peninggalan Peradaban Islam Yang Mendunia

4. Fes, Maroko

Peninggalan emas peradapan dunia lainnya juga ada di kot Fes, Maroko. Kota ini sering juga mendapat julukan Mecca of West, selain itu Kota Fes juga merupakan kota yang mempunyai peraadaban kerajaan tertua di dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Fez adalah kota ketiga terbesar di Maroko dan yang membuat kota ini menarik adalah adanya sebuah University of Al Kairaouine yang telah berdiri sejak 859 sebelum masehi. Wilayah Gate merupakan sisa benteng kuno yang masih terawat hingga kini. Ada pula peninggalan bersejarah umat islam berupa Labyrinth legendaris, dan pusat peradaban Islam serta kotanya untuk mencari ilmu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top