Manfaat Tanaman

Konsumsi Jamur Bantu Lindungi Otak Dari Alzheimer

Jamur adalah salah satu jenis bahan makanan yang disukai oleh hampir semua usia. Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam jamur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi kesehatan otak. Dengan rutin mengkonsumsi jamur dapat menghindarkan otak dari resiko Alzheimer atau penurunan fungsi memori otak dan juga Demensia atau masalah kepikunan. Untuk itu agar otak selalu sehat disarankan untuk rutin mengkonsumsi jamur karena konsumsi jamur lindungi otak dari alzheimer dan demensia.

Konsumsi Jamur Bantu Lindungi Otak Dari Alzheimer

Sponsor: pemutih wajah

Kandungan nutrisi tanaman jamur:

Jamur adalah makanan yang memiliki citarasa unik dan lezat. Hampir kebanyakan orang menyukai olahan yang terbuat dari jamur. Saat diolah pun, jamur akan menghasilkan rasa yang gurih sebab memiliki kandungan penyedap alami yang jika diolah secara sederhana pun tetaplah nikmat. Tak hanya nikmat, makanan ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Sudah ribuan tahun, jamur telah banyak digunakan oleh masyarakan di belahan bumi sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Kandungan terpenting dalam jamur salah satunya adalah vitamin D yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Secara umum, kandungan gizi jamur terdiri dari lemak, karbohidrat, kalium, protein, kalsium, zat besi, magnesium, gula, serat hingga vitamin A, B kompleks dan C.

Penyakin Demensia dan Alzheimer, oleh beberapa ahli diperkirakan menjadi salah satu penyakit yang akan menyerang sekitar 42 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2020 mendatang. Pada waktu tersebut, banyak kaum yang telah memasuki usia tua. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Malaya mengungkap bahwa jamur sendiri memiliki senyawa bioaktif yang ampuh sebagai obat alami. Misalnya pada jamur merang yang dapat melindungi hingga meningkatkan fungsi kognitif. Jamur juga mengandung senyawa neurotrophic yaitu senyawa yang mampu mendongkrak saraf sehingga bekerja sebagai penguat pertumbuhan neuron pada otak. Senyawa juga membantu mendorong produksi saraf dan secara regular mampu mengurangi atau menunda penuaan syaraf yang berkaitan dengan usia.

Konsumsi Jamur Bantu Lindungi Otak Dari Alzheimer

jamur tiram
  • Menunda Degenerasi Saraf Otak

Manfaat dari jamur untuk kesehatan otak yang pertama adalah kemampuan jamur dalam menunda degenerasi saraf otak. Seperti telah diketahui saraf yang ada pada otak sangat mempengaruhi kemampuan otak untuk meningkatkan kinerja memori atau ingatan. Artinya jika saraf otak mengalami degenerasi akan mengakibatkan berbagai permasalahan pada otak dan juga ingatan Anda. masalah sepserti alzheimer dan demensia adalah salah satu contoh masalah yang terjadi pada otak, dimana otak atau memori tidak dapat bekerja dengan maksimal dalam menjalankan tugasnya karena adanya suatu masalah dalam syaraf otak. Dengan mengkonsumsi jamur yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak akan menghindarkan Anda dari resiko degenerasi saraf otak tersebut.

  • Menguatkan Pertumbuhan Neuron Dalam Otak

Manfaat dari jamur yang selanjutnya adalah kemampuannya dalam menguatkan pertumbuhan neurin dalam otak. Neuron sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak terutama dalam menguatkan memori. Jika produksi neuron dalam otak dapat terkontrol maka otak akan menjadi sehat sekaligus menghindarkan otak dari ancaman alzheimer dan demensia. Dengan rutin mengkonsumsi jamur maka kebutuhan neuron yang dibutuhkan otak atau memori akan terpenuhi dan terjaga kesehatannya.  Otak yang sehat secara otomatis kemampuan dalam menangkap memori menjadi lebih maksimal.

Konsumsi Jamur Bantu Lindungi Otak Dari Alzheimer

jamur sintake
  • Bersifat Anti Inflamasi

Manfaat lain dari jamur untuk otak adalah anti inflamasi. Inflamasi yang terkandung dalam jamur ini bermanfaat untuk mencegah peradangan. Peradangan menyebabkan menurunnya fungsi organ tubuh sehingga membuat tubuh dapat dengan mudah terserang berbagai penyakit. Menurut studi, sifat bio aktif pada jamur akan menghasilkan senyawa anti peradangan, dimana jamur akan berfungsi dalam menekan peradangan dan membantu penyakit kronik pada usia lanjut bisa dihambat. Jika sudah men galami hal yang demikian maka berbagai penyakit seperti alzheimer dan demensia juga sewaktu-waktu dapat mengancam kesehatan. Untuk itu jamur sangat dianjurkan bagi mereka yang sudah berusia lanjut dimana hampir seluruh fungsi organ terpenting tubuh terutama bagian sel saraf pusat yang sudah mulai menurun sangatlah beresiko mengalami gangguan neuton.

  • Mencegah Neurodegeneratif

Manfaat jamur yang terakir bagi otak adalah mencegah neurodegeneratif. Hal ini dikarenakan jamur banyak mengandung senyawa kimia yang mampu melindungi otak dari resiko neurodegeneratif. Neurodegeneratif adalah menurunnya fungsi otak karena sel saraf pada otak mengalami kehilangan strukturnya. Kondisi sel saraf yang kekurangan strukturnya dapat mengakibatkan berbagai masalah pada memory seperti parkinson, huntington, pick (dimensia frontotemporal), luo gehrig, amyotrophic lateral sclerosis (ALS), alzheimer, dan demensia. Yang kesemuanya itu adalah jenis masalah yang sering terjadi dalam otak Anda sehingga fungsi otak menjadi menurun.

Konsumsi Jamur Bantu Lindungi Otak Dari Alzheimer

jamur magic mushroom
  • Mengobati Depresi

Bagian terpenting dari manfaat jamur yakni mampu mengatasi penyakit depresi dan meringankan efek psikologis pada pasien yang memiliki riwayat kanker. Tidak semua jenis jamur dapat kita konsumsi dan sehat untuk dimakan. Penelitian di Inggris menunjukkan jika jamur ajaib atau jamur jenis magic mushroom memiliki zat paling aman dan efektif mengobati depresi. Jamur ini memiliki senyawa alami yaitu psilocybin, dimana senyawa inilah yang berperan dalam memerangi gejala depresi. Jamur inipun telah banyak dipakai sejak zaman kuno. Dan hingga kini hampir di seluruh dunia memanfaatkan magic mushroom untuk mengurangi depresi bagi penderita yang gagal melakukan terapi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top