Info Kedokteran

Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Kuning

 Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Kuning

Salah satu indikasi bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan bisa dilihat berdasarkan warna atau kondisi lidah. Warna lidah yang normal adalah merah muda dengan sedikit lapisan putih di atasnya. Warna lidah menjadi kuning bisa menjadi pertanda berbagai hal. Bisa karena masalah biasa yang terjadi sementara hingga masalah lebih berbahaya. Dan berikut sejumlah alasan tentang kondisi kesehatan yang menyebabkan warna lidah kuning.

Sponsor: cream pemutih wajah

Apakah penyebab warna lidah menjadi kuning?

Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Kuning

1. Kebersihan gigi yang kurang baik

Penyebab pertama dan paling sering muncul akibat dari warna lidah menjadi kuning adalah karena banyak menumpuk sel kulit mati sehingga menimbulkan kumpulan bakteri. Bakteri tersebut akan berkumpul di sela-sela bintil lidah atau disebut dengan papila. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya bukan pertanda munculnya suatu penyakit yang serius, hanya saja diakibatkan karena kurangnya diri membersihkan gigi atau lidah secara teratur. Untuk menghindari masalah tersebut, maka lebih baik cobalah menyikat gigi secara teratur dengan sikat gigi. Sementara itu bersihkan pula permukaan lidah dengan lembut menggunakan alat penggosok lidah. Alat penggosok lidah memang didesain khusus untuk membersihkan area lidah yang kotor akibat plak dan sisa makanan. Jangan lupa berkumur dan perbanyak meminum air agar lapisan kuning di area lidah dapat hilang.

Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Kuning

2. Merokok

Sejak dulu rokok memang sudah menjadi masalah kompleks baik aspek psikologis hingga gejala sosial. Tak hanya itu, merokok adalah masalah yang menyebabkan lidah berwarna kuning. Alasannya karena didalam rokok terkandung berbagai zat kimia. Saat menghisap asap tembakau maka secara otomatis lidah akan terkena paparan asap sehingga menjadi kuning. Roko juga dapag menimbulkan kelainan-kelainan pada rongga mulut lainnya seperti pada gusi, mukosa mulut, gigi hingga langit-langit mulut sehingga bisa muncul masalah stomatitis nikotina hingga infeksi jamur. Bagi perokok berat, asap rokok mengandung komponen dan zat berbahaya bagi tubuh, menyebabkan papilafiliformis atau tonjolan lidah bagian atas memanjang, dan membuat perokok sukar merasakan betbagai rasa karena ujung sensor perasanya rusak.

Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Kuning

3. Obat kumur yang mengandung zat pengoksidasi

Tak hanya rokok, ternyata memakai obat kumur dengan bahan yang mengandung zat pengoksidasi dapat membuat lidah menjadi kuning. Obat kumur dengan bahan witch hazel, peroksida atau menthol ternyata bisa mengubah warna lidah yang biasanya merah muda menjadi kekuning-kuningan. Tak hanya itu, obat kumur yang mengandunv floride juga tak baik jika tertelan sebab dapat menyebabkan keracunan. Jika tak ada masalah serius pada mulut lebih baik jangan gunakan obat kumur tanpa anjuran dokter. Tak hanya bisa sebabkan lidah kuning, terlalu sering berkumur dengan obat kumur justru bisa membuat bau mulut mudah muncul. Obat kumur juga bukan pengganti sikat gigi, jika sudah berkumut maka kotoran akan hilang. Justru cara efektif menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi sebab bau bakteri mulut dan lidah akan berkembang kembali setekah 24 jam.

Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Kuning

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik bisa menyebabkan lidah menjadi kuning. Hal ini terjadi berkat adanya ketidak seimbangan jumlah mikroba sehingga bakteri atau jamur dalam mulut cepat berkembang. Semakin lama dikonsumsi dan dibiarkan maka bakteri akan menumpuk dan lidah mudah menjadi kuning. Beberapa obat-obatan seperti Pepto-Bismol atau yang mengandung bismut juga menjadi penyebab lidah kuning bahkan menjadi hitam. Jenis obat lain seperti obat sindrom Sjogrendan diabetes, dan obat untuk terapi radiasi dan kemoterapi adalah faktor menyebab mulut kering. Dan mulut yang kering bisa karena faktor risiko lidah menguning.

Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Kuning

5. Sindrom lidah hitam berbulu

Sindrom lidah berbulu hitam kedengarannya masih asing bagi orang awam. Namun kenyataannya masalah ini ada akibat salah satunya karena gangguan pada mulut. Sindrom ini hanya bersifatb sementara serta tak menyebabkan rasa sakit. Kondisi ini bahkan tak berbahaya dan hanya menyebabkan papila atau bintil lidah yang ada di dua sisi lidah tumbuh dan sedikit membesar. Jika ukuran papila ini tumbuh memanjang maka bisa membuat sel-sel kulit mati terjebak sehingga kumat atau bakteri mudah berkembang didalamnya. Akhirnya terjadilah residu sisa makanan, tembakau atau zat lainnya sehingga lidah mudah berubah menjadi kuning dan baru akan berubah menjadi kehitaman.

Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Kuning

6. Lidah geografis

Kondisi lain penyebab lidahenguning adalah akibat dari lidah geografis. Kondiai ini mengakibatkan struktur pada lidah berbeda dan membuat permukaan lidah tak tertutupi dengan rata oleh papila. Akibatnya, permukaan lidah terlihat seperti area berwarna bercak merah yang tidam rata. Muncul juga garis putih di sekitar garis berwarna merah bahkan kuning. Kondisi inj terkadang bisa menimbulkan rasa sakit meski sebagian orang tidak merasakan.

      Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Warna Lidah Kuning

7. Sakit kuning

Kondisi yang terakhir penyebab lidah berwarna kuning akibat dari gangguan jaundice atau sakit kuning. Kondisi ini merupakan masalah kesehatan dimana kulit dan bagian mata berwarna putih berubah menjadi kuning. Sakit kuning terjadi karena hati tak mampu mengolah zat sisa bilirubin dengan baik. Akibatnya hati hati yang rusak menyebabkan Bilirubin atau pigmen kuning yang diproduksi ketika sel darah merah rusak akan menumpuk dalam darah, kulit, putih mata, bahkan area lidah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top