Inspiration

Kisah Usaha Sukses Dengan Modal Kecil

Secara awam, suatu usaha dianggap berhasil jika mendapatkan nilai keuntungan bersih dalam bentuk uang dan omset usaha mengalami perkembangan. Tidak harus langsung instan beromset besar memang, namun jika ada pergerakan ke arah positif, usaha tersebut bisa disebut sebagai contoh usaha yang menguntungkan. Cara berbisnis menentukan hasil yang diperoleh. Kesuksesan tidak dilihat dari modal materi yang digunakan, karena usaha dengan modal kecil pun bisa menjadi sukses. Orang yang giat, pantang menyerah, ulet dan kreatif biasanya akan lebih cepat mencapai kesuksesan dalam berwirausaha. Selain itu, dibutuhkan relasi yang baik dan luas dalam memasarkan produk usahanya. Oleh karenanya, berwirausaha sangan erat kaitannya dengan cara pemasaran. Dibutuhkan pula orang-orang yang berjiwa tangguh untuk memulai suatu usaha. Membangun usaha tidak serta merta mudah dalam meraih kesuksesan, semuanya butuh waktu, proses dan ilmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal baik omset dan keuntungannya. Ada beberapa kisah usaha sukses dengan modal kecil yang bisa diteladani dan ditiru, agar bisa dipelajari dan dipraktekkan dalam usaha yang sedang dijalankan.

Celah peluang usaha harus digali bagi yang ingin menjalankan bisnis modal kecil. Ide berusaha tidak harus baru, tetapi bisa dikembangkan dari yang sudah ada sebelumnya, agar menghasilkan ide bisnis yang “berbeda” dari sesama pesaing usaha. Tak jarang, dari orang-orang yang berwirausaha dengan menggunakan modal kecil ini, menuai kesuksesan usahanya di kemudian hari, karena benar-benar digeluti secara serius dengan kegigihan yang luar biasa. Hari ini, mereka sudah bisa merasakan hasilnya , dan bisa dijadikan contoh bagi kita semua, dan akhirnya bisa menginspirasi orang lain untuk membuka usahanya sendiri. Kesuksesan dalam menjalankan bisnis pasti ada campur tangan Tuhan. Sebagai seorang manusia, kesuksesan berusaha biasanya diiringi dengan berdoa dan bersedekah sebagai cara untuk lebih dekat dan menyukuri nikmat dari Tuhan. Berikut ini kisah usaha sukses dengan modal kecil yang bisa dijadikan sebagai inspirasi mendirikan dan menjalankan wirausaha:

  1. Donat Kampung Utami (DKU)

Sukses Dengan Modal Kecil

Pendiri dan pemilik usaha Donat Kampung Utami (DKU) adalah seorang wanita yang bernama lengkap Rosidah Widya Utami. Kesuksesan yang dimilikinya saat ini berawal dari hobi membuat kue, khususnya donat yang ditekuninya di Jombang, Jawa Timur. Pada awalnya, pembuatan donat dilakukan dengan modal kecil, dan selanjutnya dipasarkan ke sekolah-sekolah di sekitar Jombang dengan harga minimalis 500 rupiah. Namun, usaha yang dirintis itu akhirnya menemukan jalan kesuksesan berkat kegigihan dan keuletan dalam memasarkan produknya lewat blog pribadi, sehingga bisa terkenal dan bisa dipasarkan hingga ke luar negeri, misalnya Hong Kong, Malaysia, Singapura, London dan Belanda. Ada pula investor Malaysia yang tertarik untuk membeli resep donat milik Utami dan membeli resep dasar sebagai kompensasi royaltinya. Saat ini usahanya sudah berkembang dan merambah sektor lain selain donat, yaitu aneka kue kering, kue tart, brownies, dan roti manis, serta pastinya omsetnya semakin besar.

  1. Kerudung Rabbani

Berbusana muslim saat ini merupakan salah satu trend fashion yang sedang berkembang. Mengenakan busana muslim tidak lagi terkesan tidak fashionable, karena begitu banyaknya ragam desain busana dan kerudung yang dikenakan oleh para wanita muslimah. Hal itulah yang dibidik oleh pemilik sekaligus pendiri usaha kerudung dengan merek Rabbani, Bapak Amry Gunawan dan Ibu Nia Kurnia. Rabbani ingin menunjukkan bahwa wanita yang mengenakan busana muslim itu modern dan terhormat juga dapat tampil modis, trendi namun sopan dan syar’i. Pak Amry mulai merintis membuat kerudung yang saat itu belum ada wirausahawan yang menyediakan kebutuhan para muslimah. Usaha kerudung yang dirintis berawal dengan berdasarkan kemampuan istri Pak Amry dalam menjahit dan mengelola keuangan, sehingga merupakan modal besar beliau dalam menjalankan usahanya. Berawal dari kisah tersebut, Pak Amry memproduksi kerudung dari bahan baku menjadi barang jadi, dan tetap fokus menjalankannya hingga saat ini menjadi pengusaha sukses di bidang kerudung instan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top