Tips & Trik Parent

Kiat Buat Si Kecil Tetap Enerjik Dan Sehat Di Musim Hujan

Kiat Buat Si Kecil Tetap Enerjik Dan Sehat Di Musim Hujan

Sambut musim hujan, wabah flu dan batuk mulai menyerang buah hati kita. Alangkah baiknya Anda untuk selalu waspada dan tahu kiat si kecil sehat di musim hujan agar tubuhnya selalu terlindungi. Bukan hanya sehat, tetapi membuat si kecil tetap aktif dan energik di musim hujan sudah menjad tugas Anda sebagai orangtua. Jangan biarkan ia merasa lemas atau kurang bersemangat melakukan aktfitasnya. Karena melihat buah hati aktif merupakan kebahagiaan setiap orangtua. Meski penyakit di musim hujan sudah jadi hal lumrah, berikut kiat buat si kecil tetap energik dan sehat meski tengah memasuki musim hujan.

Kiat Buat Si Kecil Tetap Enerjik Dan Sehat Di Musim Hujan

Sponsor: pemutih wajah

1. Pola makan teratur jadi kunci utama ya mom

Cara paling memungkinkan buat si kecil tetap energik dan sehat di musim hujan adalah memberinya pola makan teratur. Meski terlihat mudah, akan tetapi banyak dari kita masih mengalami kesulitan untuk menerapkannya terutama pada balita. Pola makan teratur bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh si balita. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan konsistem mengajarkan makan 3 kali sehari dengan porsi yang cukup. Setiap makanan yang balita konsumsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi terlebih jika didukung dengan sumber vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan kalsium yang cukup. Vitamin C berperan penting dalam menjaga imun anak di musim hujan dan sumbernya bisa diperoleh dari sayur dan buah.

  Kiat Buat Si Kecil Tetap Enerjik Dan Sehat Di Musim Hujan

2.  Biasakan anak beristirahat di siang hari

Kebutuhan tidur bayi dan balita memang lebih banyak ketimbang usia anak-anak dan remaja. Akan tetapi bukan berarti usia anak-anak tak butuh waktu cukup untuk tidur. Memasuki musim hujan biasanya daya tahan tubuh anak bisa melemah. Anak yang terlalu aktif juga akan berfikir untuk bermain di bawah hujan. Jadi alangkah baiknya untuk membatasi anak bermain hujan atau bermain bersama temannya saat musim hujan. Jika hujan sering turun di siang hari, manfaatkan waktu untuk anak beristirahat misalnya dengan tidur siang. Cara ini dapat mencegah si kecil alami kelelahan dan paling utama meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Kiat Buat Si Kecil Tetap Enerjik Dan Sehat Di Musim Hujan

3.  Ajak si kecil menikmati waktu olahraga yang menyenangkan

Ingin menjadi sehat dan bugar, olahraga adalah waktu yang ideal. Bukan hanya untuk orang dewasa, olahraga juga baik untuk balita dan anak-anak. Menjaga kesehatan dengan berolahraga untuk si kecil alangkah baiknya jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Olahraga yang menyenangkan bisa Anda lakukan bersama buah hati di mana dan kapanpun, yang terpenting tidak ketika hujan turun. Tetapi jika hujan turun di pagi hari, olahraga bisa dilakukan di dalam ruangan. Beberapa jenis olahraga yang menarik buat si kecil seperti bermain hula hop, lompat tali, menari atau gerakan aerobik ringan. Ingat bahwa kunci agar buah hati cinta dengan olahraga adalah dimulai dari kebiasaan yang dilakukan oleh orangtuannya. Jika Anda suka dan rajin mengajak anak berolahraga, maka itu bisa membentuk anak menyukai olahraga sampai ia dewasa.

Kiat Buat Si Kecil Tetap Enerjik Dan Sehat Di Musim Hujan

4. Biasakan untuk selalu mencuci tangan

Hal penting yang tak boleh terlewat jika ingin si kecil tetap energik dan sehat di musim hujan adalah mengajaknya untuk selalu mencuci tangannya ketika selesai bermain. Mencuci tangan bisa membantu anak terhindar dari virus penyebab flu dan batuk. Ajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya juga bisa dilakukan dengan memotong kuku dan biasakan ia mencuci tangan dan kakinya dengan sabun antiseptik. Biasakan anak mencuci tangan sebelum menyentuh makanan, memegang hewan peliharaan atau selesai buang air. Ajarkan ia cara mencuci tangan dengan bunar selama 30 detik.

Kiat Buat Si Kecil Tetap Enerjik Dan Sehat Di Musim Hujan

5. Biar makin sehat, ajak si kecil rajin minum susu pagi dan malam hari

Minum susu setiap hari bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalsium, menjaga tulang kuat dan meningkatkan sistem imun. Beri anak Anda susu untuk memnuhi kebutuhan nutrisinya. Ketika musim hujan alangkah baiknya membiasakan anak meminum susu dua gelas setiap hari, pagi dan malam hari. Selain kaya kalsium, protein pada susu bisa meningkatkan kesehatan anak di musim hujan sehingga anak terbebas dari risiko flu dan demam yang jadi penyakit musiman di musim hujan. Pilih susu yang disukai anak atau susu dengan komposisi nutrisi yang lengkap.

Kiat Buat Si Kecil Tetap Enerjik Dan Sehat Di Musim Hujan

6. Jika perlu berikan multivitamin untuk meningkatkan imunitasnya

Selain memberi anak makanan bergizi dan susu yang menyehatkan, di musim hujan ia juga membutuhkan nutrisi yang berperan menangkal dan mencegah risiko flu, pilek, demam, batuk dan penyakit pancaroba lainnya. Berikan si kecil multivitamin yang membantu ia tetap aktif dan energik serta terhindar dari berbagai penyakit. Multivitamin bisa Anda dapatkan di toko obat baik dalam bentuk tablet kunyah ataupun sirup. Sesuaikan juga jenis multivitamin dan dosisnya sesuai usia anak terutama vitamin C yang bisa bantu cegah penyakit musim hujan.

Kiat Buat Si Kecil Tetap Enerjik Dan Sehat Di Musim Hujan

7. Jangan lupa siapkan pakaian hangat yang tepat untuk anak

Makanan bergizi, susu dan multivitamin bisa melindungi buah hati ketika musim hujan dari dalam tubuhnya, pakaian dapat melindungi tubuh akan ketika hujan atau saat hawa dingin menyerangan. Tubuh anak membutuhkan pakaian hangat dan nyaman untuk melindungi suhu tubuhnya. Jangan sampai anak menggigil karena kedinginan atau masuk angin karena udara dingin. Anda bisa siapkana pakaian hangat seperti jaket atau sweater berbagan wol atau katun. Beri anak jas hujan atau payung ketika keluar rumah. Sepatu terbaik bisa melindungi kaki dari genangan air yang kotor.

Itudia kiat buat si kecil makin sehat dan energik di musim hujan. Dengan kiat-kiat ini semoba bisa membantu buah hati Anda dari risiko penyakit musim hujan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top