Makanan Kesehatan

Khawatir, Ini Panduan Tepat Makan Daging bagi Penderita Diabetes

Khawatir, Ini Panduan Tepat Makan Daging bagi Penderita Diabetes

Memiliki penyakit diabetes mengharuskan seseorang  mengubah pola makannya. Meski begitu, bukan berarti penderitanya tak boleh memakan makanan yang ia sukai. Misalnya penggemar daging atau makanan yang berasal dari olahan daging.  Meskipun makan daging menjadi salah satu hal yang membuat orang banyak menghindarinya, tetapi dengan pola makan yang baik, daging masih bisa dikonsumsi.

Sponsor: produk pemutih wajah

Ketika mengkonsumsinya ada panduan tepat makan daging bagi penderita diabetes yang harus diperhatikan. Misalnya dengan memilih daging yang baik dan mengurangi daging merah. Memakan daging olahan yang masih mengandung banyak lemak dan juga garam bisa memperparah kondisi diabetes. Tetapi di sisi lain, penderita diabetes juha harus mencukupi gizi protein. Mengkonsumsi daging merah rendah lemak sebenarnya masih boleh asal tidak rutin dan dalam porsi seimbang.

Seperti yang diungkap oleh pakar peneliti dari Jepang, yang melihat kebiasaan masyarakat yang mengkonsumsi daging terdapat risiko diabetes yaitu sebanyak 27.425 pria dan 36.424 wanita. Usia mereka antara 45 dan 75 tahun, dan menemukan bahwa pria, jauh lebih rentan dibanding perempuan. Dari hasil penelitian tersebut sudah tercatat bahwa makin banyak seseorang makan daging, maka memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih besar.

Penelitian itu diperkuat dengan hadirnya studi lain oleh American Journal of Clinical Nutrition dimana dalam jurnal tersebut menemukan hasil yang serupa. Dalam penelitiannya dilakukan kepada  kelompok besar orang dewasa yang ada di Amerika Serikat. Berkaitan dengan hasil studi, sudah jelas jika mengkonsumsi terlalu banyak dan sering daging merah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga diabetes. Menurut  Current Atherosclerosis menyebut jika didalam daging olahan terdapat tingkat natrium dan aditif yang cukup tinggi. Tingginya natrium inilah yang menjadi penyebab risiko kesehatan yang sangat serius termasuk diabetes. Lalu, jika menengok banyak temuan terkait daging dan risiko penyakit diabetes yang ditimbulkan, apakan masih aman menkonsumsi daging merah?

Khawatir, Ini Panduan Tepat Makan Daging bagi Penderita Diabetes

Menurut Lu Qi, MD, PhD seorang asisten profesor di departemen nutrisi di Harvard School of Public Health di Boston sejauh ini belum ada pembatasan mengenai berapa jumlah daging yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tetapi Dr Qi menyarankan agar pasien penderita diebetes mengurangi asupan daging terutama daging merah. Lebih baik pilih daging putih seperti daging ayam, unggas, atau ikan. Jika masih ingin menyertakan daging merah dalam menu diet diabetes yang sehat, sebaiknya konsumsi dalam jumlah atau porsi yang kecil dan tidak boleh terlalu sering. Menurut ahli diet Meredith Nguyen, RD. penderita diabetes masih boleh memakan daging merah asal tidak lebih dari 18 ons yang setara dengan 4-5 porsi selama seminggu.

Lebih amannya pilih daging merah rendah lemak dan jika perlu pilih yang tanpa lemak 95%. Daging sapi organik adalah sumper paling sehat dan bergizi. Sapi organik hanya memakan rerumputan tanpa melalui proses penggemukan kimia sehingga mampu menghasilkan daging dengan lemak yang sehat, dan terdapat omega-3 asam lemak yang tinggi. Mengkonsumsi daging merah atau olahan seperti steal sebenarnya tidak menimbulkan kenaikan gula darah. Akan tetapi kadar kalorinya yang ekstra dapat menjadi penghambat penurunan berat badan. Jika kelebihan berat terjadi maka bisa menjadi risiko penyakit diabetes yang lebih sulit terkontrol

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top