Manfaat Tanaman

Khasiat Mentimun Menurunkan Hipertensi

Darah tinggi atau istilah kedokterannya hioertesi, merupakan kondisi yang menyerang kesehatan dan bisa juga diwariskan secara genetika atau keturunab. Mengingat gaya hidup yang mencakup pola makan, aktivitas dan stres berlebih juga menjadi faktor terbesar pemicu penyakit hipertensi. Menurut pendapat dokter, ada yang mengatakan bila hipertensi yang menyerang seseorang tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa di mininalkan dengan penggunaan obat-obatan. Walaupun begitu, sudah pasti tubuh akan banyak memasukkan zat kimia sepanjang harinya. Oleh karena itu, tidak salahnya bila Anda memanfaatkan bahan alami seperti memakai khasiat mentimun menurunkan hipertensi.

Khasiat Mentimun Menurunkan Hipertensi

Sponsor: dr rochelle skin expert

Walau cara medis untuk menormalkan kembali tekanan darah, tetapi bika kondisi tekanan darah tinggi Anda tergolong ringan, lebih baiknya mencoba dengab cara alami dengan mengkonsunsi mentimun. Lakukan secara disiplin dan rutin agar hasilnya maksimal. Walau masih banyak bahan alami lain yang juga bersifat membantu menormalkan tekanan darah, menggunakan manfaat mentimun bisa menjadi alternatif yang mudah didapat san harga yang murah.

Alasan mentimun bisa menurunkan tekanan darah tinggi

  • Mengandudung nutrisi dan vitamin

Menurut hasil risert, makanan yang tinggi kalium, magnesium dan serat mampu mengurangi gejala tekanan darah bila dikombinasikan dengan diet sehat. Diet sehat bisa didapat dari menu makanan yang mampu menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 5 poin, dan tekanan darah diastolik 3,5 poin. Dibalik studi yang menyuruh mengkonsumsi menu sehat bagi penderita tekanan darah tinggi, maka Mentimun adalah salah satu makanan yang mengandung tiga nutrisi paling tinggi (kalium, magnesium dan serat) sekaligus sumber Vitamin A, dan K, asam caffeic, folat, serta silika. Kandungan vitamin C pada mentimun juga sebagai antioksidan kuat yang membantu menurunkan tekanan darah.

  • Rendah sodium

Alasan baik mengapa memakan sebuah mentimun untuk mengobati darah tinghi yaitu buah kaya air ini mengandung sedikit sodium yang baik untuk tubuh. Bila tubuh memasukkan banyak sodium maka bisa menyebabkan tekanan darah menjadi lebih tinggi, dan sulit untuk menirmalkan tekanan darah kembali. Dengan begitu, mentimun mamou membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

  • Kaya kalium

Kalium adalah salah satu mineral penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Sedangkan Mentimun merupakan sumber terbaik mineral kalium. Mentimun juga bersifat diuretik dan satu buah mentimun sedang mampu menyediakan sekitar 442 mg kalium. Sedangkan dalam sehari manusia membutuhkan setidaknya 4.700 mg kalium. Kalium sendiri adalah sumber penghasil elektrolit yang baik bagi hati, membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatur irama detak jantung. Kalium mampu melawan efek buruk natrium yang harus dibersihkan dalam tubuh.

  • Pengontrol berat badan

Karena Mentimun besifat diuretik yang ringan, kaya air, dan mengandung kalium dan rendah natrium hal itu mampu membantu mempertahankan berat badan. Seperti diketahui, kegemukan atau obesitas dapat memicu terjadinya hipertensi. Menurunkan berat kedalam keadaan normal, memungkinkan tekanan darah tinggi ikut membaik. Dengan mengkinsumsi 301 gram mentimun dengan kulitnya mengandung 45 kalori. Hampir 95 persen buah mentinun mengandung air yang merupakan nutrisi bebas kalori paling baik sehingga dapat menekan nafsu makan secara alami. Mentimun juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol dan makanan sumber serat yang dapat membantu mengurangi sembelit, perlindungan terhadap kanker usus dengan cara meluluhkan senyawa beracun pada usus.

  • Persiapan dan peringatan

1). Pilihlah buah mentimun berkualitas tandanya yaitu mentimun terlihat utuh, bulat dan hijau tua. Bila digunakan untuk beberapa hari sebaiknua simpan sisanya dalam lemari pendingin.

2). Sebelum diminum sebaiknya cuci dahulu mentimun hingga bersih dengan menggunakan air mengalir lalu langsung saja di blender atau dibuat jus. Agar efek mentimun lebih nyata sebaiknya jus bersamaan dengan dengan kulit. Kulit mentimun yang kaya zat hijau merupakan sumber antioksidan baik untuk kesehatan. Minum setiap hari.

3). Bila Anda bosan dengan jus mentimun murni, bisa coba mencampurkan dengan buah atau sayuran lain seperti wortel, atau dicampur dengan kedelai jus untuk penurun darah tinggi.

4). Untuk mendapatkan efek lebih cepat, bisa juga mernambahkan sayuran yang memiliki senyawa aktif penurun darah tinggi seperti seledri yang kaya bahan alami untuk menurunkan darah tinggi.

5). Peringatan: Bila tekanan darah tinggi sudah kembali normal dengan jus mentimun sebaiknya hentikan meminun jus mentimun. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari efek tekanan darah rendah. Periksalah tekanan darah sekali setiap 2 minggu selama melakukan pengobatan. Dan agar kondisi terjaga bisa konsumsi 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Banyak kalangan kesehatan dari barat yang mengatakan bila darah tinggi adalah suatu penyakit yang bersifat  Silent Killer.  Artinya kita harus  waspada karena darah tinggi tidak menunjukkan gejala yang bisa dirasakan secara signifikan, tak tampak gejala di awal kecuali kondisinya akut dan sulit dipulihkan. Darah tinggi yang tak cepat tertangani, akan memicu beragam kondisi fatal lainnya seperti gangguan jantung atau stroke. Oleh karena itu, periksakan kesehatan Anda, sebab semakin cepat darah tinggi terdeteksi maka akan sangat mungkin untuk disembuhkan. Demikian manfaat baik yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi buah mentimun untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top