Manfaat Tanaman

Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan – Daun sirih biasanya identik dengan seorang nenek atau kakek. Karena biasanya digunakan untuk nyirih atauh sebagai pembersih mulut. Biasanya nenel-nenek menggunakan daun sirih yang dikunyah di mulutnya dan didiamkan selama beberapa jam. Daun sirih ini sudah banyak dikenal banyak orang dari jaman dulu. Sangat mudah untuk mendapatkan daun sirih ini, karena hampir disemua daerah bisa ditanami tumbuhan sirih.

Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

sponsor: kezia skin expert.

Pemanfaatan daun sirih juga sudah banyak orang lakukan dari dulu hingga sekarang. Salah satu pemanfaatan yang paling umum yaitu untuk membersihkan organ kewanitaan. Banyak oabrik kecantikan yang telah memproduksi, mengolah daun sirih menjadi ekstrak untuk membersihkan kewanitaan. Bahkan sudah banyak varian aromanya hingga sekarang. Tidak hanya varian original saja yang hanya terkandung daun sirih.

Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Banyak manfaat yang terkandung di dalam daun sirih ini. Baik digunakan sebagai obat tradisional, untuk kecantikan, dan lain sebagainya. Kandungan yang terkandung dalam tanaman ini yaitu kavibetol, kavicol, estragol,hidrosikavicol, minyak atsiri, fenil propane, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, cadinene,diastase, tannin, pati, seskuiterpena, terpennene dan gula. Zat-zat ini lah yang membuat tanaman sirih memiliki banyak manfaat. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia. Namun untuk produksinya sudah dilakukan banyak di luar Indonesia juga. Cara pengolahan daun sirih ini sangat berbeda-beda. Ada yang merebus dan meminum hasil rebusannya, ada yang membuat ekstraknya, serta ada juga yang langsung mengkonsumsinya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat daun sirih baik bagi kesehatan maupun kecantikan, diantaranya:

  1. Menyembuhkan Penyakit Asma

Memiliki penyakit asma memang sangat merepotkan. Walaupun penyakit ini tidak tergolong berat seperti kanker ataupun jantung. Namun ketika penderita asma ini kambuh, si penderita akan sangat merasakan sesak nafas yang akan mengganggu kegiatan sehari-harinya. Daun sirih dipercaya dapat mengobati penyakit asma. Car apengolahannya yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan 4-5 lembar daun sirih
  • Rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa satu gelas
  • Minum rebusan daun sirih tersebut 2-3 kali dalam satu hari baik ketika penyakit asma tersebut kambuh ataupun tidak
  1. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Selain mengobati penyakit asma daun sirih juga mampu mengobati radang tenggorokan. Penyakit ringan ini memmang sangat tidak mengenakkan bagi penderitanya. Karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat makan. Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan daun sirih yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan 4-5 lembar daun sirih
  • Rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa setengah gelas
  • Minum rebusan daun sirih tersebut 2-3 kali dalam satu hari
  1. Menyembuhkan Penyakit Kulit Seperti Eksim Kering Dan Eksim Basah

Manfaat lain dari daun sirih ini juga bisa mengobati penyakit kulit seperti eksim kering atau eksim basah. Cara yang bisa dilakukan yaitu sama seperti yang dilakukan untuk mengobati penyakit asma.

  1. Mengobati Sakit Mata

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu bisa mengobati iritasi pada mata dan sakit mata. Cara mengobati sakit mata atau iritasi mata dengan daun sirih yaitu sebagai berikut:

  • Ambil 1-2 lembar daun sirih
  • Rebus dalam 1 gelas air sampai mendidih
  • Tunggu hingga dingin
  • Tetesi mata dengan air rebusan daun sirih tersebut atau bisa dijadikan untuk mengkompres mata
  1. Mengobati Mimisan

Langkah yang sangat mudah dilakukan untuk mengobati daun sirih yaitu dengan mengambil satu lembah daun sirih, membersihkannya lalu menggulungnya kemudian taruh pada hidung yang terkena mimisan. Daun sirih mampu mengatasi mimisan, karena bisa menghentikan darah yang keluar dari hidung.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Cara mengobati sakit gigi dengan daun sirih yaitu sangat mudah dilakukan. Ambil beberapa daun sirh kemudain cuci hingga bersih, dan kunyahlah daun sirih tersebut selama beberapa menit, yaitu sekitar 10-15 menit. Namun apabila anda tidak suka dan merasa jijik dengan mengunyah daun sirih, alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu dengan merebusnya.

  1. Mengobati Sariawan

Cara mengatasi masalah penyakit mulut seperti sariawan, sakit gusi, bau mulut bisa dengan menggunkan daun sirih. Penyakit mulut ini memang sangat mengganggu penderitanya dan juga bisa menyebabkan kesan yang kurang enak terhadap orang lain. Langkah yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Ambil 3-4 daun sirih
  • Rebuslah daun sirih tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih
  • Tunggu hidang dingin kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur setelah makan atau setelah sikat gigi
  1. Mengobati Sakit Demam Berdarah

Hasil rebusan daun sirih juga mampu mengobati sakit demam berdarah. Cara yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Ambil 5-6 lembar daun sirih
  • Rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa satu gelas
  • Minum secara rutin air rebusan daun sirih tersebut 2 kali dalam satu hari
  1. Mengobati Luka Bakar

Cara yang sangat mudah dilakukan untuk mengobati luka bakar yaitu dengan membakar daun sirih atau memanaskannya hingga layu. Kemudian tempelkan pada luka bakar. Dalam beberapa hari luka bakar tersebut akan berangsur membaik.

  1. Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit

Daun sirih juga mampu mengatasi gatal-gatal pada kulit. Caranya yaitu dengan menumbuk beberapa daun sirih kemudian oleskan hasil tumbukkan tersebut pada kulit yang gatal. Dalam beberapa hari kulit sudah tidak terasa gatal lagi.

  1. Mengobati Dan Mencegah Jerawat

Dalam kecantikan daun sirih juga mampu mengatasi jerawat. Caranya yaitu merebus 10 lembar daun sirh dalam 250 ml air hingga kecoklatan. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres muka. Cara ini bisa dilakukan secara rutin agar muka terhindar dari jerawat.

  1. Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Untuk melancarkan haid sebaiknya bisa mengkonsumsi jamu-jamu tradisional seperti kunyit. Tidak hanya melancarkan tetapi juga bisa mengobati rasa sakit saat haid. Namun selain kunyit daun sirih juga mempunyai khasiat yang dapat melancarkan haid. Daun sirih ini bisa menjadi alternatif lain selain kunyit dan apabila takut terhadap obat-obatan yang dapat melancarkan haid. Cara yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Ambil 3-5 lembar daun sirih
  • Rebus daun sirih tersebut dalam 2 gelas hingga mendidih dan sampai tersisia kira-kira satu gelas
  • Tungggu hingga dingin atau kira-kira tidak panas lagi
  • Minum rebusan daun sirih tersebut selama masa haid
  1. Mengobati Bau Tidak Sedap Pada Organ Intim

Manfaat yang paling umum diketahui banyak orang yaitu daun sirih mampu mengatasi bau tak sedap pada organ kewanitaan. Banyak wanita yang sudah melakukannya. Banyak juga produk yang menghasilkan ekstrak daun sirh untuk mengatasi hal ini. Namun cara yang paling baik yaitu langsung memproduksinya sendiri. Langkah yang bisa dilakukan yaitu merebus daun sirih 3-5 lembar dalam 250 ml air. Kemudian tunggu hingga dingin, dan gunakanlah air rebusan tersebut untuk membasuk organ kewanitaan. Penggunaan ini hanya dilakukan dalam 2 kali saja dalam seminggu. Tidak boleh terlalu sering juga melakukannya.

  1. Mengatasi Keputihan

Cara untuk mengatasi keputihan yang banyak dialami oleh wanita yaitu dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk daerah kewanitaannya. Langkahnya yiatu rebus 3-5 lembar daun siri dalam 250 ml air hingga mendidih. Kemudian tunggu hingga dingin, dan gunakanlah air rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh daerah kewanitaan. Selain untuk membasuh organ kewanitaan, hasil rebusan daun sirih tersebut juga bisa diminum untuk mengatasi masalah keputihan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top