Info Kedokteran

Khasiat Berpuasa Dari Dunia Kedokteran

Puasa merupakan salah satu ibadah bagi seorang muslim. Bulan puasa ramadhan sebentar lagi akan tiba. Pada bulan ini, seluruh umat muslim wajib untuk berpuasa selama satu bulan penuh, sebagaimana diajarkan dalam hukum agama. Tentu, Allah SWT memerintahkan umatNya untuk berpuasa bukan tanpa alasan. Banyak manfaat dari puasa yang bisa dibuktikan dengan cara medis untuk membangun kepercayaan diri bahwa apa yang hendak Anda lakukan adalah salah satu hal baik dan penting. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa khasiat berpuasa dari dunia kedokteran terutama untuk menjaga kesehatan Anda secara umum. Dengan mengetahui khasiat berpuasa secara medis, tentu saja Anda akan lebih bersemangat untuk melakukan ibadah yang satu ini. Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini dan dapatkan pengetahuan baru yang sangat berguna.

Khasiat Berpuasa Dari Dunia Kedokteran.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Salah satu khasiat dari puasa yang dibuktikan secara medis dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh adalah puasa dapat memperlancar sistem pencernaan Anda. Saat berpuasa, kita menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan apapun selama beberapa waktu. Hal ini adalah sangat baik karena kita menginstirahatkan organ-organ dalam sistem pencernaan. Meskipun sistem pencernaan beristirahat, namun secara fungsi organ tersebut tetap bekerja terutama sistem sekresi. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh dan juga membersihkan tubuh dari endapan sisa makanan yang sebelumnya belum tercerna dengan baik. Puasa juga akan memberikan waktu yang tepat untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan secara umum. Tentu kita tahu bahwa dokter juga menyuruh seseorang untuk berpuasa sebelum melakukan operasi, bukan?

  1. Mengurangi gula darah dan lemak

Bagi seorang yang menderita diabetes, puasa adalah salah satu terapi yang sangat bagus untuk membuatnya mendapatkan kondisi tubuh yang lebih baik. Manfaat lain dari puasa adalah ia dapat mengurangi gula darah dan juga lemak. Saat berpuasa, sistem di tubuh akan berubah. Tubuh akan berusaha meningkatkan glukosa untuk memperoleh energy dengan memanfaatkan sumber-sumber yang ada, kecuali makanan. Hal ini akan sangat penting untuk mengurangi produksi insulin yang biasanya menjadi sebab dari diabetes. Selain itu, puasa juga akan mengurangi tumpukan lemak yang ada di dalam tubuh karena asupan makanan yang di batasi. Tentu saja Anda yang menderita diabetes akan sangat terbantu untuk mengurangi berat badan Anda dengan lebih efektif.

  1. Menurunkan resiko hipertensi

Salah satu manfaat terbesar puasa dari segi medis adalah ia dapat menurunkan hipertensi secara signifikan. Kita semua tentu tahu bahwa hipertensi adalah salah satu masalah yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dampak dari hipertensi juga cukup berbahaya, seperti stroke dan juga pecahnya pembuluh darah yang bisa berujung pada kematian. Nah, puasa adalah salah satu metode yang cukup mudah dan efektif untuk menurunkan hipertensi. Penurunan hipertensi ini di sebabkan karena kondisi spiritual puasa yang tenang dan jauh dari marah. Kita tentu diajarkan bahwa puasa adalah menahan marah dan emosi, bukan? Kondisi ini akan menjadikan hormone dan tekanan darah menjadi lebih stabil dan tidak bergejolak. Dengan puasa yang secara teratur Anda lakukan, tentu saja Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih besar lagi.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ada salah satu pemikiran yang keliru terkait puasa yakni saat beberapa orang berpikir bahwa mereka akan cenderung lebih mudah sakit saat menjalankan puasa karena asupana makanan yang terbatas yang berujung pada kekurangan gizi. Nah, puasa, sebenarnya justru akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara umum. Ya, dengan berpuasa, produksi limfosit di dalam tubuh akan meningkat. Meningkatnya produksi limfosit ini tentu saja akan menjadikan tubuh Anda lebih kuat dan tidak mudah sakit. Tentu saja hal ini harus di barengi dengan asupan gizi yang cukup saat Anda sahur dan berbuka. Oleh karena itu, maksimalkan asupan makanan pada dua waktu yang diperbolehkan di bulan puasa tersebut dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi.

  1. Meningkatkan hormone seksual

Bagi Anda yang sudah menikah, puasa adalah salah satu hal yang sangat bermanfaat. Salah satu manfaat lain dari puasa yang dibuktikan oleh medis adalah puasa dapat meningkatkan hormone seksual secara efektif. Pada saat awal puasa, memang produksi hormone seksual, seperti testosterone, lemotin, dan lainnya akan cenderung menurun karena disebabkan oleh adaptasi kondisi tubuh. Namun, setelah itu, hormone seksual cenderung akan naik dan akan menjaga selera bercinta Anda bersama dengan pasangan resmi Anda. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang baru menikah atau memiliki sedikit masalah pada fungsi seksualitas Anda.

Beberapa poin di atas tentu membuktikan bahwa puasa merupakan salah satu ibadah yang sangat bermanfaat dan memiliki beragam khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh secara umum. Dengan manfaat yang dibuktikan tersebut, tentu saja Anda tidak perlu ragu untuk menjalankan ibadah ini di bulan ramadhan yang sebentar lagi tiba. Siapkan diri Anda untuk menyambut bulan puasa ini dan lakukan puasa sebagaimana dicontohkan dengan baik dan maksimal. Dengan bersemangat saat menjalankan ibadah puasa, tentu saja Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Semoga membantu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top