Manfaat Tanaman

Keutaman Dan Manfaat Mengkonsumsi Srikaya Untuk Kesehatan

Keutaman Dan Manfaat Mengkonsumsi Srikaya Untuk Kesehatan

Tahukah anda tentang buah srikaya? Buah yang disebut banyak orang dengan julukan buah nona ini ternyata banyak sekali mengandung manfaat terlebih untuk kesehatan tubuh. Buah yang berukuran mungil dengan rasa nya yang manis itu selain bagus untuk menyegarkan tubuh, juga bermanfaat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Dan apa saja sih manfaat yang terkandung di dalam buah yang berwarna srikaya ini. Berikut hal yang bisa Anda ketahui tentang keutamaan dan manfaat mengkonsumsi srikaya untuk kesehatan.

Sponsor: cream pemutih wajah

  • Daun srikaya

Daun dari tanaman srikaya yang keras dan berwarna hijau ini ternyata juga banyak sekali manfaatnya. Anda bisa memetik beberapa ruas daun, kemudian cuci dan bersihkan. Untuk tahap persiapan muali dengan merebus daun srikaya dengan beberapa  gelas air sampai daun agak layu. Tunggu beberapa saat hingga mendidih dan angkat. Langsung saring dan dingin lalu minum. Meskipun rasa daun srikaya agak pahit tapi jangan di ragukan lagi khasiat daun srikaya yang bisa mengobati beberapa penyakit seperti batuk, reumatik, sakit perut pra menstruasi, diare, cacingan dan demam yang sering terjadi saat cuaca ekstrim.

  • Buah srikaya

Buah srikaya banyak dimanfaatkan sebagai camilan yang unik dan lezat. Rasanya yang manis dan lembut dilidah membuat buahnya banyak digemari masyarakat. Tak hanya daun, buah srikaya juga baik untuk mengatasi masalah kesehatan. Buahnya baik untuk mengobati penyakit misalnya untuk mengobati gangguan pada sistem pencernaan. Kaya antioksidan, vitamin, dan juga mineral alami.

  • Biji srikaya

Bagian tanaman srikaya yang bisa dijadikan obat alami adalah bijinya. Siapa sangka bahwa biji yang dihasilkan dari buah srikaya ini bisa untuk mengobatai masalah kesehatan. Bijinya dapat mengontrol sistem pencernaan lemah seperti diare, disentri akut atau gangguan pencernaan atonik dyspepsia.  Tak hanya baik mengatasi masalah pada pencernaan, manfaat lainnya dari biji srikaya adalah obat pembasmi kutu anjing. Caranya dengan rebus biji dan daun srikaya lalu tumbuk halus dan tambahkan sedikiy air. Saring airnya dan gunakan untuk memandikan anjing. Selanjutnya baik untuk mematikan kutu kepala dengan memanfaatkan 10 biji dan 1 genggam daun srikaya. Giling hingga halus dan tambah sedikit minyak kelapa. Setelah itu langsung oleskan pada kepala dan bilas dengan air bersih. Manfaat biji srikaya yang terakhir adalah mampu mematangkan bisul dengan segera caranya dengan ambil biji srikaya, giling, tambahkan garam dan oleskan ke lokasi bisul berada.

  • Akar srikaya

Akar srikaya ternyata banyak mengandung borneol, flavoida, champor, dan senyawa  alkoloid. Akar tanaman ini bisa diamanfaatkan sebagai herbal untuk alternative atasi masalah pencernaan seperti sembelit dan obat anti depresi alami. Tak hanya itu manfaat lain akar srikaya adalah mengatasi nyeri tulang punggung, diare dan luka. Untuk mengatasi diare misalnya, anda bisa mengambil 6-10 gram akar dan rebus. Saring lalu tunggu hingga dingin. Minum dengan segera.

  • Kulit srikaya

Terakhir, khasiat tanaman srikaya juga terletak pada kulit srikaya. Kulitnya berasal dari buah srikaya yang ternyata bisa dimakan. Meski kulit srikaya terkesan rapuh, tetapi manfaatnya baik untuk mengatasi masalah pada kulit yang terluka. Untuk membuatnya bisa dengan menghaluskan kulit buah srikaya dengan cara menumbuk atau memblender. Oleskan pada bagian tubuh yang terluka dan biarkan kering. Kulit akan memberikan rasa dingin untuk kulit yang terluka.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top