Parenting Info

Keuntungan Mengajari Anak Bawa Bekal

Dewasa ini, anak yang sekolah dengan membawa bekal dari rumah seringkali dianggap sebagai hal yang tabu dan tidak modern. Entah apa yang melatarbelakangi fenomena ini, namun faktanya apa yang menjadi kebiasaan dari anak sekolah jaman dulu sudah mulai ditinggalkan. Disadari atau tidak, menjamurnya beragam jenis jajanan di sekolah membuat anak cenderung lebih menyukai jajan di sekolah daripada membawa bekal dari rumah. Variasi jajanan dengan warna dan rasa yang berbeda membuat anak lebih tertarik. Di sisi lain, alasan praktis dan kesibukan pagi hari membuat orang tua merasa malas untuk menyiapkan bekal untuk anaknya. Padahal, membiasakan anak untuk membawa bekal ke sekolah adalah hal yang bagus untuk diakukan. Ada beberapa keuntungan mengajari anak bawa bekal terutama saat ke sekolah jika Anda melakukannya sejak dini. Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini dan dapatkan manfaatnya.

Keuntungan Mengajari Anak Bawa Bekal.2

Sponsor : dr rochelle skin expert

  1. Menyediakan nutrisi yang dibutuhkan anak

Perlu diketahui bahwa usia anak merupakan usia pertumbuhan yang harus selalu diperhatikan. Dalam usia pertumbuhannya, tentu saja wajib bagi orang tua untuk memberikan nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh anak mereka setiap hari, terutama saat ia berada di sekolah dan Anda tidak bisa mengontrolnya. Dalam masa pertumbuhan ini pula, anak membutuhkan banyak zat penting, seperti vitamin, mineral, protein, dan lainnya. Nutrisi ini salah satunya dapat dipenuhi dengan memberikan bekal kepada anak saat ke sekolah. Anda dapat memberikan bekal yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak, seperti roti, sayuran, buah, atau susu. Dengan bekal ini, tentu saja anak Anda akan tumbuh dengan sehat dan juga kuat.

  1. Membantu mengontrol asupan makanan anak

Hal lain yag menjadi keuntungan Anda mengajari anak untuk membawa bekal ke sekolah adalah Anda tetap bisa mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anak Anda meskipun Anda berada di rumah. Hal ini tentu saja sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu alasan anak menjadi malas untuk membawa bekal di sekolah adalah karena banyaknya jajanan dengan beragam variasinya. Namun, Anda harus tahu bahwa jajanan yang ada di sekolah tidak mesti memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh anak Anda dan terkadang mengandung beberapa kandungan zat yang kurang menyehatkan. Dengan menyediakan bekal terbaik untuk anak Anda setiap hari, maka Anda dapat mencegah dari konsumsi tak sehat yang berasal dari jajanan sekolah.

  1. Meningkatkan energi dan performa

Untuk dapat memahami pelajaran dengan baik sehingga prestasi anak di sekolah dapat terus meningkat, tentu seorang anak perlu memiliki energi yang cukup. Disadari atau tidak, perlu energi yang cukup besar untuk dapat mengikuti pelajaran dengan baik terutama untuk anak yang sekolah hingga siang hari. Nah, energi yang dibutuhkan untuk membantu anak memahami pelajaran dengan baik tentu saja didapatkan dari beragam makanan bergizi. Di sinilah keuntungan Anda jika mengajari anak membawa bekal sejak dini ke sekolah. Dengan bekal makanan bergizi yang Anda siapkan, tentu anak Anda dapat memenuhi kebutuhan energi hariannya dengan baik sehingga pelajaran dapat dimengerti dengan baik pula. Hal ini cenderung lebih membantu daripada anak Anda membeli jajanan yang tidak mengenyangkan di sekolah.

  1. Membiasakan anak makan teratur

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan saat mengajari anak Anda untuk membawa bekal ke sekolah sejak dini adalah dapat membiasakan anak Anda untuk makan dengan teratur dan tepat waktu. Disadari atau tidak, keasyikan berkumpul dengan teman di sekolah atau mengerjakan hal lain yang dianggap lebih menyenangkan terkadang membuat anak Anda lupa untuk makan siang. Hal ini, jika berlangsung lama, maka dapat mempengaruhi kondisi anak. Anak yang sering telat makan tentu akan kehilangan banyak energi dan bisa saja terserang beberapa penyakit, seperti maag. Nah, dengan memberikan bekal kepada anak setiap hari, Anda dapat merangsang anak Anda untuk makan tepat waktu setiap hari. Hal ini sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan anak secara umum.

  1. Menghemat uang jajan buah hati

Ini adalah keuntungan lain yang harus Anda pahami. Dengan memberikan bekal pada anak ke sekolah setiap hari, tentu saja Anda dapat mengurangi intensitas jajan anak Anda. Bekal yang Anda berikan akan merangsang anak Anda untuk menahan keinginannya untuk jajan di sekolah. Dengan begini, uang jajan yang Anda berikan dapat disimpan dan Anda juga bisa mengajarinya untuk menabung sejak dini. Di sini, tentu saja penting bagi Anda untuk memberikan bekal yang unik dan terlihat menarik di mata anak Anda agar anak tidak bosan dengan bekal yang Anda berikan. Ajarkan pula kepada anak Anda tentang manfaat berhemat yang bisa membantunya membeli sesuatu yang ia inginkan.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat mengajari anak Anda membawa bekal ke sekolah setiap hari tentu dapat menjadi inspirasi yang baru untuk mengubah kebiasaan Anda jika sebelumnya Anda termasuk seseorang yang malas menyiapkan bekal. Bekal bagi anak-anak adalah hal yang cukup penting yang berguna untuk memenuhi nutrisi harian untuk membantunya tetap berprestasi. Dengan membiasakan diri memberikan bekal makanan yang sehat, kita tak perlu khawatir lagi dengan kesehatan dan kebutuhan gizi buah hati.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top