Rambut ku

Kesalahan Umum Dalam Merawat Rambut

Kesalahan Umum Dalam Merawat Rambut

Banyak kondisi dan masalah rambut yang membuat kita khawatir, seperti kering, kusam, bercabang. Hal itu membuat Anda ingin melakukan sesuatu untuk mencegahnya agar tidak terjadi. Mungkin Anda juga sering memakai berbagai jenis perawatan rambut agar rambut tetap sehat dan kuat. Padahal, jika Anda mengerti perawatan rambut yang benar dan sederhana, serta juga menghindari kesalahan umum dalam merawat rambut yang biasa terjadi, mungkin Anda hanya membutuhkan sedikit produk perawatan rambut untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Berikut kesalahan umum dalam merawat rambut yang harus Anda hindari.

sponsor: kezia skin expert.

         1. Menggunakan produk rambut terlalu banyak
Kebanyakan orang tidak pernah membaca petunjuk penggunaan ketika mencoba sebuah produk yang baru. Hal ini sudah biasa terjadi, termasuk ketika menggunakan produk perawatan rambut. Penggunaan takaran produk perawatan rambut yang kurang tepat, justru tidak akan memberikan manfaat secara maksimal.
Bacalah petunjuk yang ada di bagian belakang produk perawatan rambut Anda, misalnya sampo. Biasanya produk tersebut menjelaskan untuk menggunakan setetes ukuran biji kacang dan sebagainya. Karena, menggunakan sampo atau jenis produk perawatan rambut yang lainnya justru dapat menyebabkan rambut Anda terlihat kusam dan tidak sehat.

         2. Menyisir rambut dari akar
Ini juga selalu dilakukan oleh sebagian besar orang, yaitu menyisir rambut dari akar. Bagi para lelaki mungkin bukan menjadi masalah karena memiliki rambut yang pendek. Namun bagi para wanita, hal ini mungkin akan merusak rambut Anda.
Sebaiknya sisirlah rambut dari ujung helai secara perlahan menuju ke akar rambut. Dengan demikian rambut akan tersisir lebih mudah, lembut, tidak tertarik secara kuat, dan tanpa merusaknya.

         3. Mencuci rambut menggunakan air panas
Keramas atau mencuci rambut menggunakan air panas memang terasa nyaman, namun air panas justru akan menghilangkan semua minyak alami yang ada pada rambut Anda. Dengan begitu, rambut akan lebih rentan terhadap kerusakan. Sebaiknya gunakan air hangat dan selalu perhatikan suhunya di suhu terendah. Air hangat mampu membersihkan rambut dengan baik, mempertahankan sinarnya, dan menjaganya agar tetap lembut.

         4. Menguncir rambut terlalu ketat
Kunciran ekor kuda memang banyak digunakan karena praktis dan mudah. Namun jika Anda mengikatnya terlalu kuat dan ketat, rambut Anda akan tertarik dan tertekan sehingga rentan terhadap kerusakan. Hal ini juga memberi beban terhadap folikel rambut. Bahkan dalam kasus terburuk, kebiasaan seperti ini selama bertahun-tahun dapat membuat rambut mudah rontok. Maka dari itu, longgarkanlah sedikit kunciran rambut Anda dan jangan mengikatnya terlalu kuat.

         5. Mengeringkan rambut menggunakan handuk
Menggosok dan mengeringkan rambut menggunakan handuk memang terlihat sangat baik. Memang benar hal ini dapat mengeringkan rambut Anda secara cepat. Tapi yang terbaik adalah membiarkan rambut kering dengan sendirinya.
Atau jika memang Anda ingin mengeringkannya dengan cepat, gunakanlah kain kaos dan jangan menggunakan handuk. Kain kaos terbukti lebih efektif dalam menyerap air sehingga mampu mengeringkan rambut Anda dengan cepat tanpa menimbulkan kerusakan.

         6. Mencuci rambut terlalu sering
Berlebihan memang tidak baik dalam segala hal. Kesalahan umum dalam merawat rambut yang salah dipahami selama ini adalah mencuci rambut terlalu sering. Hal ini tidak akan merawat dan membuat rambut Anda menjadi lebih baik, faktanya yang terejadi justru sebaliknya. Keramas terlalu sering justru dapat membuat rambut menjadi lebih rapuh dan kering karena kandungan kimia yang ada pada sampo.
Sebaiknya cucilah rambut Anda sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu, Anda juga dapat menentukan sendiri frekuensi keramas sesuai dengan kondisi rambut. Jika rambut Anda dalam kondisi berminyak, Anda dapat mencucinya sebanyak tiga kali bahkan sampai lima kali dalam seminggu.

         7. Menggunakan alat-alat panas secara berlebihan
Setiap wanita suka mengubah dan menata tampilan rambut mereka dengan alat-alat yang bersuhu panas. Tidak dipungkiri, hal ini dapat merubah tampilan Anda agar lebih baru dan cantik. Namun jangan menggunakan alat-alat tersebut terlalu sering dan selalu gunakan dalam suhu yang terendah.
Anda juga harus menggunakan produk pelindung rambut dari panas ketika menggunakan alat-alat tersebut. Jangan pernah mendiamkan alat tersebut di atas rambut Anda dalam waktu yang lama.

         8. Menggunakan kondisioner terlalu sering
Jika Anda mendapati rambut terasa lebih halus dan lembut ketika menggunakan kondisioner, bukan berarti Anda harus menggunakannya setiap kali keramas. Penggunaan kondisioner secara berlebihan akan membuat kulit kepala dan rambut Anda menjadi lebih berminyak. Rambut yang memiliki banyak minyak akan memicu berbagai hal buruk seperti ketombe, lepek, dan kusut.

         9. Tidak menjaga kebersihan sisir
Kesalahan umum dalam merawat rambut yang biasa terjadi adalah tidak pernah menjaga kebersihan sisir rambut. Padahal jika sisir rambut tidak pernah dibersihkan, bakteri dan kuman akan berkumpul pada sisir tersebut. Dan jika Anda menggunakannya pada rambut, maka bakteri dan kuman juga akan berpindah pada rambut Anda.
Setidaknya bersihkan sisir rambut Anda sekali dalam seminggu. Cara terbaik untuk membersihkannya adalah mencucinya dan merendamnya dalam air hangat, untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada pada sisir rambut.

         10. Menata rambut dalam keadaan basah
Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah hati-hati menyisir atau menata rambut ketika rambut sedang dalam keadaan basah. Rambut yang basah lebih rentan terhadap kerusakan, jadi gunakanlah sisir yang bergigi lebar atau tunggulah hingga kering jika ingin menatanya.

Demikian kesalahan umum dalam merawat rambut yang biasa terjadi. Jika Anda memiliki salah satu atau beberapa dari kebiasaan tersebut, segera hentikan dan tinggalkan karena dapat merusak kesehatan rambut Anda. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top