Entertaiment

Kesalahan Orang Dalam Memandang Kepribadian Introvert

Orang Dalam Memandang Kepribadian Introvertsebagai seorang manusia, tentu kita memiliki sesuatu yang bernama kepribadian, ini adalah sesuatu yang ada dan melekat pada diri kita dan mempengaruhi hampir setiap hal yang kita lakukan. Kepribadian yang dimiliki oleh manusia terbagi menjadi beberapa macam, di antaranya adalah seperti introvert, dan ekstrovert. Tidak ada satu pun orag di dunia ini yang tidak memiliki kepribadian. Dan kepribadian setiap orang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Tapi tetap terbagi dalam kelompok besar seperti introver dan ekstrover.

Orang Dalam Memandang Kepribadian Introvert

Sponsor : dr rochelle skin expert

Di masyarakat, kebanyakan orang mengaggap kepribadian ekstrover adalah tipe orang yang suka membaur dan tidak malu-malu. Sedangkan mereka menganggap kepribadian introver, adalah jenis kepribadian yang dimiliki seseorang berupa sikap pemalu, tidak suka bergaul, kurang pandai dalam berkomunikasi atau bersosialisasi,  dan karena smua hal itu akhirnya orang dengan kepribadian introver cenderung dianggap remeh dan rendah sehingga tidak cocok jadi pemimpin. Nah apakah semua hal yang kami sebutkan tadi memang benar dan sesuai dengan kepribadian introver ini. ataukah sebenarnya semua itu adalah sesuatu yang salah dan hanya mitos belaka, akibat ketidak tahuan orang dengan kepribadian introver ini.

Untuk itu pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang kepribadian ini, apa yang salah dan mana yang benar dari pendapat orang mengenai kepribadian introver. Dan bagaimanakah kepribadian ini sesungguhnya. Mari kita bahas.

Orang introvert dianggap tidak suka berkomunikasi dengan orang lain.

Orang dengan kepribadian introver sebenarnya sama saja seperti orang normal, maksudnya dia juga suka untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain. Tapi kenapa dia dianggap tidak suka? Karena dia akan bisa menghasilkan sesuatu dengan lebih baik jika dibiarkan melakukannya sendiri, diberikan ruang dan waktu untuk ia bisa melakukannya. Itu akan jauh lebih baik untuknya.

Banyak orang menganggap orang introver tidak cocok untuk jadi pemimpin.

Wah ini sih salah besar kalau ada anggapan begitu. Apakah anda tahu presiden barack obama dan orang paling kaya di dunia bill gates? Mereka pemimpin besar dan mereka juga orang dengan kepribadian introver. Nah lho. Orang dengan kepribadian introver juga memiliki banyak kelebihan untuk dijadikan pemimpin. Karena orang dengan kepribadian ini akan memiliki kemampuan utuk memikirkan sesuatu dengan lebih dalam dan lebih rinci dan ini sangat diperlukan oleh seorang pemimpin yang dituntut untuk visioner. Orang kepribadian introver juga tidak memiliki hasrat untuk mendominasi atau mencoba lebih superior, dan ini diperlukan oleh pemimpi besar, terutama untuk di bidang sosial.

Kesulitan mengekspresikan pendapatnya, apakah itu orang introvert?

Orang dengan kepribadian introver memang tidak terbuka atau bahasanya blak-blakan dalam mengemukakan perasaan, pemikiran dan ekspresnya. Sehingga karena hal itu ia dianggap tidak bisa mengungkapkan apapun. Dari sebuah situs yang menganalisa masalah psikologi,  ternyata kebanyakan orang malah suka dan banyak yang meminta pendapat serta masukan dari orang yag introvert. kenapa begitu? Karena dianggap bahwa pendapat serta pemikiran mereka bagus dan bisa memberikan manfaat.

Hal ini sebenarnya masih berhubungan dengan pendapat dari seorang ahli di bidang psikolog klinis yakni laurie helgoe yang di dalam bukunya ia mengatakana bahwa orang kepribadian introver memang akan memikirkan segala hal dengan ebih dalam dan mendetail sebelum menyampaikan pendapatnya kepada orang lain. Jadi berpikir dulu sebellum bicara. Berbeda dengan kepribadian ekstrovert misalnya, dimana biasanya berbicara sambil berpikir atau yang parah adalah berbicara tanpa berpikir. Dari hal inilah kemudian orang dengan kepribadian introver bisa meraih kepercayaan orang-orang.

Orang introvert tidak suka diajak pesta, lho?

Banyak orang menganggap orang introvert tidak akan bisa diajak pesta. Karena bahkan saat liburan mereka hanya akan baca buku, nonton film dan melakukan hal-hal dengan orang yang di sayangi di rumah. Banyak orang yang menganggap bahwa hal ini tidak menyenangkan dan tidak seru. Tapi bagi orang introvert ini sudah menyenangkan. Orang biasa akan menganggap yang seru itu adalah bermain di luar, menonton konser, melakukan pesta besar dan ramai. Tapi sebenarnya orang introvert juga bisa diajak berpesta dan melakukan hal-hal seru. Tapi untuk melakukan itu, orang dengan kepribadian introver enganggap tidak harus dengan melakukan sesuatu yang heboh dan berlari keluar rumah. Karena hal sederhana sudah bisa membuat mereka bahagia. Contohnya seperti baca buku dan melakukan kegiatan bersama orang terkasih.

Orang introver dianggap pemalu, apakah memang benar?

Menurut sebagian orang, introver itu berarti pemalu. Jadi orang introvert pasti adalah orang pemalu. Tapi apakah benar seperti itu? Kalau menurut seorang penulis yang bernama susan cain, ia membahas tentang kepribadian introver ini di dalam bukunya yang terkenal dengan judul : Quiet Power: The Secret Strengths of Introverts. Di dalam buku itu ia menjelaskan bahwa sebenarnya orang yang pemalu itu hanya khawatir akan mendapatkan pendapat negatif atau penolakan dari orang lain. Jadi pemalu, adalah ‘khawatir’ itulah yang ia rasakan. Tapi orang dengan kepribadian introver itu lebih kepada bahwa ia mencoba tidak berinteraksi secara berlebihan dengan orang lain, karena merasa hal itu tidak diperlukan. Sehingga ia lebih memilih menghabiskan waktu sendirian.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top