Fashion

Kesalahan Ketika Belanja Pakaian yang Kerap Dilakukan Wanita

Wanita mana yang tak suka belanja. Kegiatan yang satu ini jadi hobi favorit para wanita. Seolah menjadi terapi emosional bagi kaum perempuan. Dengan kadar yang berbeda-beda, dapat dipastikan semua wanita bisa bahagia ketika berbelanja. Termasuk salah satunya belanja pakaian. Sayangya masih banyak kesalahan saat belanja pakaian yang dilakukan wanita, yang membuat mereka menyesal selesai berbelanja. Apa saja?

kesalahan ketika belanja pakaian

Sponsor: pemutih wajah

  1. Kualitas atau Kuantitas?

Kamu mungkin bingung, lebih prioritas kuantitas atau kualitas. Sesuaikan saja dengan kondisi finansial kamu. Sebab sekarang ini sudah banyak, kok pakaian kualitas premium, harga masih terjangkau. Kadang mahalnya pakaian hanya karena punya merk ternama. Jangan sampai menyesal gara-gara ada kualitas barang sama, ternyata harganya lebih murah. Mencari info terlebih dulu dapat membantumu agar tidak terjadi kesalahan ini.

  1. Salah Memilih Tempat Belanja

Sebuah toko atau store pakaian tentu mempunyai segmennya masig-masing. Ada pusat perbelanjaan yang menyasar segmen atas, ada pula yang pangsa pasarnya orang menengah. Nah, kamu harus perhatikan ini. Toko pangsa pasar atas, pakaian yag dijual juga akan mahal. Sementara pangsa pasar menengah, cenderung menawarkan harga terjangkau. Pilihlah sesuai kemampuan. Hindari gengsi, ya. Buat apa memilih sesuatu yang tidak sesuai kemampuan. Hanya akan menyusahkan diri sendiri.

  1. Tidak Mencoba Pakaian yang Akan Dibeli

Sebelum membeli, pastikan bahwa pakaian cukup untuk ukuranmu. Kamu harus mencoba terlebih dahulu pakaian yang akan dibeli. Jangan sampai ketika di rumah, pakaiannya rupanya tidak bisa kamu pakai. Ini hanya akan membuang-buang uang.

Misalnya saat membeli celana jins. Walaupun menggunakan nomor sama, setiap label celana terkadang ukuran yang berbeda. Ini adalah salah satu kesalahan besar bila kamu hanya berpaku pada nomor celana tanpa mencobanya lebih dulu. Ini juga berlaku waktu kamu memilih atasan. Perhatikan ukuran dan paskan dengan tubuh.

  1. Mengabaikan Pakaian dengan Label ‘Dry Clean Only’

Kamu pasti berpikir bahwa mencuci pakaian dengan sistem dry clean membutuhkan biaya yang mahal. Sehingga kamu lebih memilih untuk tidak memilih pakaian dengan label dry clean only.

Namun, tahukah kamu bila ternyata perawatan label dry clean only tidak melulu menghabiskan banyak uang. Hampir 90% baju yang dilabeli dengan label dry clean only, bisa dicuci dengan tangan.  Sekarang ini, sudah banyak bahan untuk baju atau pakaian yang tidak cuma menggunakan satu bahan saja. Mayoritas adalah gabungan beberapa jenis bahan.

  1. Melupakan Setiap Detail Pakaian

Waktu kamu membeli baju, celana, jaket, atau fashion item lainnya, jangan hanya memilih ukuran yang tepat. Perhatikan pula kondisi pakaian. Meskipun di mall, bukan berarti kualitas/kondisi pakaian bagus seluruhnya. Biasanya kita cepat senang dan memantapkan dirinya untuk segera membeli fashion item tersebut. Apalagi jika ukuran tepat, model dan warna dari pakaian tersebut sangat sesuai dengan keinginanmu. Kamu langsung ambil lalu pergi ke kasir untuk membayarnya. Dan ternyata.. sesampainya di rumah ada yang rusak.

  1. Kalap Setelah Terima Gaji

Ya menerima gaji jadi satu hal yang menyenangkan dan membahagiakan. Setelah mendapat uang, kebanyakan wanita bergegas untuk belanja, betul tidak? Kalau iya, kamu harus hati-hati nih, girls. Karena kamu juga perlu memenuhi kebutuhan prioritas dan menabung untuk masa depanmu.

Seandainya kamu punya tanggungan—baik hutang maupun kredit kendaraan—lebih baik prioritaskan pembayarannya terlebih dahulu, ya. Baru sisihkan untuk membeli kebutuhan sekunder kamu. Barangkali kosmetik sudah habis, atau kamu butuh pakaian untuk acara tertentu, tidak masalah membeli. Namun bila tidak ada kebutuhan mendesak, alangkah baiknya kamu tahan hasrat belanjamu itu, ya.

  1. Tergoda dengan Tawaran Diskon

Siapa sih yang tidak tergoda dengan diskon. Semua wanita selalu inginnya berburu diskon kalau belanja. Meskipun diskon sangat menggoda, tetap perhatikan apa yang menjadi prioritas kita saat berbelanja, ya. Jangan mentang-mentang diskon, kamu borong semua. Itu boros lho, girls. Memang sih, harga yang ditawarkan di saat diskon jauh lebih murah, tapi coba, deh pikir lagi. Apakah kamu begitu butuh dalam waktu dekat ini atau hanya tergoda saja dan tidak memerlukannya.

Supaya tidak mudah terbawa godaan diskon, sebelum belanja tentukan budget untuk setiap kebutuhan yang akan kamu beli. Fokus saja pada budget yang dibuat.

  1. Mengajak Teman Belanja yang Salah

Meminta kawan agar menemani kita berbelanja memang menyenangkan. Kamu tidak akan sendirian. Pun suasana menjadi lebih ramai karena ada teman untuk mengobrol. Kita juga bisa diskusi untuk meminta saran. Namun disadari atau tidak, teman pula dapat mempengaruhi perilaku belanja kita, lho. Kalau kawanmu termasuk perempuan bukan konsumtif, dia akan membantu mengerem hasrat belanjamu. Sedangkan jika temanmu sangat konsumtif.. wah, bisa-bisa kamu terpengaruh. Kamu ikut-ikutan sehingga kalap berbelanja.

Sehingga kamu perlu hati-hati memilih teman belanja, ya. Pastikan teman yang kamu ajak belanja adalah mampu mengontrol kamu agar tidak belanja berlebihan. Bukan malah pilih teman yang  menghasut kamu untuk membeli barang-barang yang tidak sesuai rencana.

Kejadian seperti itu kerap terjadi. Sehingga saat memilih, perhatikan juga keseluruhannya, ya. Entah kancing, jahitan, noda, dan sebagainya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dialami wanita—sengaja atau tidak. Mudah-mudahan setelah membaca ini, kamu lebih berhati-hati, ya girls.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top