Wajah ku

Kenapa Wajah Setiap Orang Berbeda-Beda ???

Kenapa Wajah Setiap Orang Berbeda-Beda ???Apakah dalam keluarga anda masing masing orang memiliki wajah yang sama selain saudara kembar ? Tentu tidak , antara ibu, bapak, adik, kakak, kakek, nenek, paman, bibi, pasti mempunyai wajah yang berbeda . Bahkan bisa jadi juga ada salah satu keluarga anda yang memiliki wajah tidak mirip siapapun dalam keluarga anda. Nah bagaimana bisa dan apa penyebabnya yang membuat anak tersebut dilahirkan dari orang tua yang sama atau dalam satu kandungan  bisa terlihat berbeda dari saudaranya yang lain ??? Atau ada juga yang ayah nya ganteng dan ibunya cantik tetapi anaknya biasa biasa saja atau pun sebaliknya.  Kenapa wajah setiap orang berbeda beda ya ? Nah berikut ini kita akan bahas seputar pertanyaan tersebut . Kebanyakan orang mengatakan bahwa hal tersebut adalah takdir ya itu sudah pasti karena yang memberikan kehendak apapun  itu adalah Tuhan , tetapi disini ilmuwan dapat menjawab dari pertanyaan misteri itu,  kenapa wajah setiap orang berbeda beda , apalagi yang berada satu kandungan tetapi bisa berbeda-beda.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Ilmuwan yang meneliti hal tersebut menjelaskan bahwa setiap orang mempunyai satu set kromosom sendiri sendiri dan gen pembawa yang menjadi keturunan dan warisan pada orang tersebut. Dimana gen tersebut merupakan sifat dasar dan yang akan menentukan ciri fisik si embrio tersebut (warisan dari induknya). Dan didalam setiap kromosom tersebut mengandung 2 bagian yang saling bersatu dalam untaian  DNA atau deoxyribonucleic acid. Lalu, antara kedua bagian dari masing-masing kromosom tersebut berasal dari sel ayah dan sel ibu. Yaitu masing masing setengah bagian dari sel ayah dan setengah bagian sel lagi berasal dari sel ibu . Yang kemudian sel sel tersebut akan membentuk kromosom baru. Dan pada kromosom yang baru ini mengandung separuhnya gen yang dominan dan separuh lagi gen yang resesif atau tidak muncul.

Dan bagaimana dengan seseorang yang lahir dari ayah dan ibu yang sama tetapi bisa terlihat berbeda?

Diambil dari Howstuffworks, Selasa (11/5/2010), kromosom juga terdiri dari beberapa alel. Alel ini mengandung kode genetik yang merupakan faktor keturunan . Kombinasi dari beberapa alel itu terdapat dalam setiap kromosom yang terbentuknya secara acak. Pada alel inilah yang akan menentukan bagaimana wajah seseorang.

Semisal, satu pasang kromosom dapat berubah menjadi alel yang dominan dan alel resesif yang nantinya akan memberikan kode sesuatu seperti apa warna rambut atau warna kulit . Lalu ketika sudah membentuk satu sel baru itu nantinya akan muncul satu karakter dominan yang berbeda dengan saudaranya yang sekandung lainnya . Hal tersebut tergantung pada dari sel mananya yang lebih dominan dan sel mana yang lebih resesif. Keanekaragaman kombinasi alel tersebutlah yang menyusun kromosom itu sehingga menyebabkan pada setiap anak berbeda beda walaupun memiliki orang tua yang sama atau dalam satu kandungan dengan ayah yang sama.

Yang menyebabkan gen berbeda beda dikarenakan adanya jenis dan ras manusia yang bermacam macam . Seperti bangsa asia, negroid, mongoloid, kauaksoid, melanesia, aria dan lain sebagainya. Dan disetiap ras tersebut mempunyai ciri fisik masing masing dan tubuh yang saling berbeda satu sama lainnya .

1
6%
like
2
13%
love
6
40%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
6
40%
angry

Comments

comments

To Top