Manfaat Tanaman

Kenali Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi Yang Jarang Digunakan

 Kenali Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi Dan Cara Menggunakannya

Mengenal manfaat siwak untuk kesehatan gigi sudah banyak diketahui orang sejak berabad-abad silam. Siwak alias si “kayu ajaib” ini juga sering disebut miswak merupakan ranting atau akar pohon arak. Pohon arak banyak dijumpai di kawasan Asia, Afrika dan Timur Tengah. Batang siwak ketika dikupas maka warnanya akan tampak putih dan berserat. Semenata jika yang dikupas adalah akarnya, maka akan terlihat warna coklat dan putih. Aroma siwak sendiri hampir mirip dengan daun seledri hanya saja rasanya agak pedas.

Kenali Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi Dan Cara Menggunakannya

Sponsor: perawatan wajah

Bahan Aktif Siwak Yang Bermanfaat:

Sifat batas siwak yang lembut bisa membantu membersihkan sisa kotoran pada sela-sela gigi sekaligus mengikis plak dan menjaga kesehatan gusi. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut, siwak menurut laporan dari peneliti U.S. National Library of Medicine tahun 2012 menyebut jika batang tanaman ini memiliki sifat anti bakteri berupa astringents, abrasive dan detergents untuk mencegah infeksi. Kandungan lain seperti klorida, fluoride, tannins, sodium bicarbonate, silika, trimethyl amine,  sulfur, vitamin c, salvadorine, pottasium, bermanfaat sebagai bahan pembersih gigi alami, memutihkan serta menyehatkan gigi dan gusi. Kandungan lain berupa mineral penting dalam siwak yang bermanfaat bagi rongga mutut.

Bahan aktif dalam batang siwak yang luar biasa memiliki manfaatnya tersendiri demi menjaga kesehatan, kekuatan, kesegaran dan mencegah infeksi bakteri. Berikut dijelaskan 19 bahan aktif siwak yang efektif membuat gigi jauh lebih kuat. Alkaloid-Salvadorine dan Trimethylamine berperan dalam mengatasi bakteri karena sifatnya yang anti bakteri.  Silika bertugas sebagai bahan abrasif alami penghilang noda. Kalsium, fluorida dan klorida begitu penting untuk proses perawatan dan kesehatan gigi. Zat Flouride mampu mengembalikan mineral yang hilang dalam struktir gigi. Resin bertugas membentu lapisan pelindung alas enamel gigi pencegah karies. Tanin adalah zat alami perangsang produksi air liur. Minyak esensial yang bisa memberikan rasa atau aroma siwak yang khas serta merangsang produksi liur dan meredakan perut kembung. Vitamin C adalah senyawa alami pencegah gusi berdarah.

Kenali Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi Yang Jarang Digunakan

Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi, Gusi, dan Mulut:

  • Mencegah kerusakan gigi

Akibat dari rusaknya gigi umumnya karena makanan yang mengandung gula. Lapisan enamel gigi bisa hancur karena aktivitas dari bakteri perusak gigi. Makanan banyak mengandung gula yang dikonsumsi bisa meningkatkan jumlah bakteri. Bakteri akan menggunakan gula dan tepung untuk menghasilkan asam yang bisa menghancurkan enamel. Akibatnya terjadilah proses pembusukan. Biasanya, untuk mengatasi masalah ini, beberapa produk pasta gigi sudah diberi label  bahan flourida, yakni zat yang efektif menjaga enamel gigi. Sementara itu, siwak memiliki manfaat yang bisa menambah jumlah air liur sehingga secara alami bermanfaat melawan bakteri penyebab gigi rusak.

  • Melindungi gigi terhadap plak

Plak pada gigi bisa disebut karang gigi dan merupakan proses yang biasa terjadi. Plak merupakan tembat dimana bakteri dapat tumbuh subur dan berkembang sehingga makin lama plak dibiarkan maka kotoran makin menumpuk. Akibatnya muncul plak berwarna kuning yang sering menempel pada gigi atau sekitar gusi. Plak yang tidak segera diatasi makin lama bisa menyebabkan gigi mudah goyang atau sakit. Untuk mencegah timbulkan plak pada gigi, maka sikat gigi minimal dua kali sehari merupakan pilihan. Selain itu, siwak memiliki peran aktif dalam mencegah timbulkan bakteri penyebab plak pada gigi dan gusi.

  • Menghilangkan Bau Napas

Nafas berbau tidak sedap merupakan salah satu tanda masalah pada gigi dan mulut. Bau nafas bisa disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam rongga mulut, dimana kumpulan bakteri tersebut yang menghasilkan zat penyebab bau. Mengkonsumsi makanan yang berbau tajam seperti pete atau jengkol juga merupakan penyebab bau mulut. Selain itu penyakit pada gusi, berurangnya air liur dan rusaknya gigi bisa sebabkan masalah bau. Siwak mengandung anti bakteri kuat yang dapat meningkatkan produksi air liur sehingga efektif membasmi bakteri penyebab bau nafas. Aroma siwak yang khas dapat meredam bau mulut.

  • Melawan bakteri berbahaya dan kuman

Ada lebih dari 700 jenis bakteri dalam mulut manusia, yang terdiri dari bakteri baik dan jahat. Banyak dari bakteri tersebut yang menimbulkan bau mulut akibat dari proses penguraian makanan. Bakteri baik berguna dalam menjaga kesehatan gusi dan gigi akan tetapi bakteri jahat yang terlalu aktif bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan masalah serius pada gusi. Menggosok gigi dengan siwak terbukti dapat melawan bakteri berbahaya serta kuman di dalam mulut berkat adanya senyawa anti bakteri yang membantu melawat pertumbuhan mikroorganisme.

  • Melindungi dan menguatkan gusi

Selain mencegah timbulnya karang pada area gigi, plak juga dapat dicegah pada area gusi. Menyikat menggunakan siwak bisa mencegah terbentuknya plak pada area gusi dan secara signifikan bisa mengurangi timbulnya gingivitis dan periodontitis. Alhasil gusi jadi makin sehat bebas peradangan dan bebas sakit. Hal ini disebabkan karena siwak mengansung sifat analgesik atau peredam rasa sakit pada gusi.

  • Menyegarkan mulut hingga memutihkan gigi

Manfaat lain dari siwak yang tak terduga adalah dapat menyegarkan dan membuat wangi mulut. Siwak mengandung bahan alami volatil aromatik yakni aroma alami pembuat nafas makin segar. Siwak juga mampu mengatasi masalah gigi kuning dengan melindungi enamel gigi berkat bahan alami natrium klorida, natrium bikarbonat dan kalsium oksida.

Itu dia beberapa manfaat siwak yang baik untuk menjaga dan melindungi gigi, gusi dan mulut dari serangan bakteri atau microorganisme penyebab plak, bau mulut atau gigi kuning dan nyeri. Semoga manfaat siwak ini bisa bermanfaat!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top