Manfaat Buah

Kenali Manfaat Buah Cerry Selain Mampu Atasi Asam Urat

Asam urat merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi karena ketidak seimbangan senyawa asam yang ada di dalam tubuh sehingga menyebabkan masalah ini muncul. Asam urat banyak diderita oleh para usia lanjut namun tidak menutup kemungkinan asam urat juga dapat menyerang Anda yang masih dalam usia produktif. Salah satu jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk mengatasi asam urat adalah buah cerry. Buah dengan bentuk bulat kecil dengan warna merah yang sering digunakan sebagai hiasan makanan ini tenyaacukup ampuh mengatasi masalah asam urat. Apa saja si ini kandungan nutrsi dan manfaat buah cerry selain mampu atasi asam urat yang perlu Anda ketahui?

Sponsor: pemutih wajah

Kenali Manfaat Buah Cerry Untuk Atasi Asam Urat

Seputar Asam Urat:

Asam urat atau gout merupakan suatu kondisi dimana terjadinya gejala nyeri diikuti dengan pembengkakan dan rasa panas di daerah persendian. Asam urat sering menyerang area persendian seperti pada jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan juga jari-jari kaki. Asam urat berbeda dengan rematik, meski rasa nyerinya hadir di area persendian. Menurut Dokter Suryo Wibowo, MKK, SpOK, tubuh yang memiliki kelebihan purin akan diubah menjadi asam urat. Ditambah buruknya kinerja ginjal maka zat tersebut sulit dikeluarkan. Akibatnya terbentuklah kristal-kristal asam urat dan menumpuk di persendian penyebab nyeri, radang dan pembengkakan.

Penyebab asam urat bisa akibat dari makanan yang mampu meningkatkan penumpukan kristal seperti jeroan atau daging merah juga mereka yang gemar mengkonsumsi alkohol. Obesitas, hipertensi, diabetes dan ginjal kronik juga menjadi penyebab berikutnya. Asam urat termasuk satu penyakit yang jarang menampakkan komplikasi, tetapi tetap saja harus diwaspadai jika terjadi komplikasi seperti terdapat benjolan keras (tofi) di area yang mengalami peradangan, kerusakan sendi permanen akibat terlalu lama mengabaikan penyakit ini selama bertahun-tahun juga terbentuknya batu ginjal akibat pengendapan asam urat pada ginjal akibat bercampur dengan kalsium.

Kenali Manfaat Buah Cerry Untuk Atasi Asam Urat

Kandungan Nutrisi Buah Ceri:

Buah ceri dianggap buah alami yang mampu membantu mengatasi asam urat. Hal ini akibat dari adanya senyawa kimia bernama anthocyanin yang bertugas untuk mengurangi peradangan dan nyeri di persendian. Menurut penelitian dari Human Nutrition Research Centre di Univesity of California menyebut bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi buah ceri sebanyak 280 gram mengalami tanda-tanda penurunan asam urat sebanyak 15%. Ceri juga memiliki senyawa antioksidan yang berperan sebagai obat anti-inflamasi yakni ibuprofen. Buah ceri asam mengandung vitamin C dan A paling kaya setiap 100 gram nya, juga mengandung antioksidan beta karoten, lutein, zeaxanthin, stabil melatonin juga flavonoid antosianin glikosida si pemberi warna merah. Setiap buah ceri memiliki nilai antioksidan ORAC atau istilahnya nilai kapasitas penyerapan radikal bebas paling besar dan lebih tinggi dibanding stroberry dengan kaya zat besi,  terbesar, seng, mangan, potasium, dan tembaga.

Kenali Manfaat Buah Cerry Untuk Atasi Asam Urat

Manfaat Buah Ceri Atasi Selain Mampu Atas Asam Urat:

Ceri setelah dilakukan penelitian memang mampu menurunkan tingkat risiko peradangan asam urat. Namun disamping itu semua masih banyak manfaat buah ceri yang tak bisa kita lupakan. Beberapa manfaat buah ceri antara lain:

1. Mengusir bakteri. Buah ceri adalah anti bakteri alami karena adanya senyawa alami yang mampu membuang bakteri dalam tubuh.

2. Anti oksidan. Manfaat ceri lainnya adalah sebagai anti oksidan si penangkal radikal bebas yang penyebab rusaknya sel atau DNA dalam tubuh.

3. Anti septik. Ceri memang megandung flavonoid yang ampuh sebagai zat anti septic. Khasiat anti septik inilah yang mampu mengatasi masalah saat mengalami penyakita akibat bakteri.

4. Anti peradangan. Bakteri atau virus yang masuk dalam tubuh bisa mengakibatkan peradangan. Ceri adalah buah yang mengandung senyawa antosianin yang dijadikan penawar untuk meredakan radang atau anti inflamasi, sehingga menghindari tubuh dari penyakit kronis.

5. Mencegah tumor. Ternyata ceri ampuh untuk mencegah terbentuknya sel ganas tumor. Terdapat flavonoid yang mampu menghindarkan tubuh dari terbentuknya sel tumor jinak dan ganas.

6. Menyehatkan jantung. Ceri mampu bekerja sebagai sumber makanan yang bisa menyehatkan jantung. Dengan mengkonsumsinya, membuat jantung lebih sehat, mudah memompa aliran darah sehingga fungsinya lebih optimal.

7. Mengatasi perut yang kram. Perut yang mengalami kram bisa terjadi akibat meningkatnya asam lambung atau masuknya bakteri. Ceri mampu dijadikan obat atasi kram dan menghilangkan efek kram yang disebabkan.

8. Anti kanker. Ternyata buah ceri ampuh mengatasi atau mencegah terbentuknya kanker yang sangat berbahaya untuk tubuh. Terdapat flavonoid sitotoksik yang sering dijadikan sebagai obat anti kanker. Tak hanya kanker, bahkan penyakit kronik juga bisa dicegah.

9. Mengeluarkan racun. Cukup sulit meghilangkan racun dalam tubuh dan membutuhkan waktu secara bertahap untuk menghilangkan. Meminum jus dari buah ceri ternyata bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Ceri bisa dijadikan sebagai minuman toxin atau untuk detoksifikasi tubuh sehingga terbebas dari racun penyebab gangguan kesehatan.

10. Manfaat lain Ceri. Selain beberapa manfaat buah ceri seperti yang sudah disebutkan diatas, manfaat lain ceri yakni mampu mengobati diabetes, sebagai buah pereda demam dan flu, mengatasi diare, meredakan hipertensi atau darat tinggi, menurunkan tingkat kolesterol jahat, menjaga daya tahan tubuh, mengobati sakit kepala, sebagai buah kecantikan seperti melembabkan kulit,  dan menyembuhkan batuk.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top