Wajah ku

Kenali Jenis Kulit Wajah dan Cara Perawatannya

kenaliSebelum anda melakukan perawatan untuk kulit wajah, pastilah anda harus kenali jenis kulit wajah  dan Cara Perawatannya dahulu. karna jika anda melakukan perawatan wajah tanpa mengetahui jenis kulit anda seperti apa, sewaktu-waktu anda pasti akan mengalami kendala disaat anda salah memilih perawatan kulit wajah.
karna Masing-masing jenis kulit mempunyai ciri khas masing-masing yang berbeda antara jenis satu dengan yang lain. Bila sudah mengetahui jenis kulit, disarankan melakukan penanganan yang tepat.
Wajah merupakan salah satu bagian tubuh terpenting karena yang pertama kali orang lihat adalah wajah. Wajah yang bercahaya, wajah yang putih, wajah yang kencang, wajah yang bersih tanpa jerawat dan tidak berminyak merupakan wajah yang diidamkan semua orang baik perempuan maupun pria.
Namun, karena kesibukan pekerjaan terkadang membuat Anda lupa dan malas untuk merawat wajah. Untuk mendapatkan kembali kulit yang sempurna, dapat dicapai dengan perawatan. Cara merawat wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda karena jika tidak, Anda tidak akan mendapat kulit wajah yang sempurna.

Berikut ini adalah 5 kategori jenis kulit wajah sekaligus tips mengetahui jenis kulit dan perawatannya.

Kulit Normal
keterangan – Kulit normal merupakan jenis kulit idaman semua orang, dia tidak berminyak atau kering sehingga cenderung bebas dari noda, halus, lembut dan hanya memerlukan perawatan yang minim.
perawatan – Kulit muka jenis ini memerlukan perawatan minimal untuk hasil maksimal.

Kulit Berminyak
keterangan – Berbeda dengan kulit normal, jenis kulit berminyak memerlukan perawatan dan perhatian yang lebih. Bahkan terkadang memerlukan pengobatan. Minyak yang dikeluarkan dari jenis kulit ini membuat jerawat dan noda menjadi sering muncul. Penyebab dari pada kulit berminyak ini adalah adanya kelenjar minyak yang terlalu aktif atau berlebihan pada permukaan kulit. Dan kulit yang berminyak ini mempunyai satu kelebihan yaitu melambatkan proses penuaan. Orang yang mempunyai jenis kulit berminyak harus mencuci dan membersihkan wajah secara teratur. Tipe kulit wajah seperti ini biasanya ditandai dengan adanya kandungan minyak di daerah kening hidung dan dagu, namun kering di area wajah lainnya.
perawatan – Kurangi makanan mengandung lemak, cuci muka secara rutin dan membersihkan wajah secara teratur.

kulit keringKulit Kering
keterangan – Kulit kering disebabkan oleh tidak cukupnya minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak sehingga membuat kulit menjadi kering. Trigger kelenjar minyak tidak bekerja normal bisa bermancam-macam. Seperti AC, pembersih muka yang tidak cocok, kurang minum atau efek obat-obatan. Jenis kulit kering memerlukan perawatan yang tepat. Kulit kering tidak akan disinggahi oleh jerawat. Ciri utama kulit kering adalah hitam disekitar mata, garis-garis halus dimuka, ada bintik-bintik hitam halus dan keseluruhan muka tampak kering dan kusam.
perawatan – Bila Anda mempunyai kulit kering, gunakan pelembab rutin dan banyak minum air putih.
Kulit Sensitif
keterangan – Debu, kotoran, matahari, dan kondisi ekstrim lainnya dapat menimbulkan masalah pada kulit sensitif. Kadangkala, kulit menjadi sensitif setelah penggunaan obat dan kosmetik yang mengandung obat berbahaya. Kulit sensitif sangat mudah pecah. Selain itu, bahan kimia pada parfum juga dapat menyebabkan masalah pada jenis kulit sensitif. Ciri dari kondisi kulit ini adalah mudah gatal-gatal, merah-merah dan kering saat menggunakan berbagai jenis kosmetik seperti bedak dan maskara. Tidak jarang juga penderita mempunyai pustula, benjolan kulit serta erosi kulit. Banyak yang menganggap bila mudah jerawatan kemudian disebut sebagai jenis kulit sensitif. Padahal bukan demikian arti dari istilah tersebut.
perawatan – Gunakan kosmetik dan treatment wajah bahan organik.

Kulit Kombinasi
keterangan – Jenis kulit kombinasi merupakan gabungan dari jenis kulit kering dan berminyak. Anda dapat mempunyai jenis kulit tersebut. Contohnya, jenis kulit kering di pipi, sementara hidung dan dahi berminyak. Untuk jenis kulit ini kadang kala berganti-ganti antara kering dan berminyak, bergantung dari hormon, keadaan lingkungan dan bisa juga jenis produk kecantikan yang digunakan. Jika ingin menggunakan kosmetik, lihatlah dari dominan wajah mengalami perubahan antara kering dan berminyak.
perawatan – Gunakan pembersih pada area yang berminyak dan menambahkan pelembab di area yang kering.

Untuk Perawatan sehari-hari anda dapat melakukan cara-cara berikut ini :
Bersihkan wajah pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Ketika berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat, jangan lupa untuk membersihkan wajah sesegera mungkin setelah melakukan olahraga. Melakukan cara membersihkan wajah dengan benar secara tidak langsung dapat mencegah timbulnya iritasi kulit dan tidak memperparah jerawat. Setiap kali membersihkan wajah, ambil sabun pembersih secukupnya di telapak tangan, kemudian gosok dengan perlahan lalu bilas dengan air hangat suam-suam kuku. Setelah membilas wajah, keringkan secara lembut dengan tissu. Menggunakan tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit. Jangan terlalu lama berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari terutama pada kisaran waktu sekitar jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Gunakan tabir surya sekitar 30 menit sebelum terpapar matahari.

Demikian cara-cara yang dapat dilakukan dalam merawat kulit wajah Anda sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu Anda dalam merawat kulit wajah Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top