Parenting Info

Kenali Gejala Demam Berdarah pada Anak

Salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan juga sangat menakutkan khususnya bagi anak-anak adalah demam berdarah. Memang, fakta juga membuktikan bahwa demam berdarah dengue menjadi salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Demam berdarah merupakan penyakit yang ditimbulkan karena gigitan dari nyamuk aedes aegypti. Ada berbagai macam gejala demam berdarah pada anak yang harus Anda perhatikan agar Anda bisa memberikan pertolongan secara tepat dan cepat kepada anak yang sedang mengalami demam berdarah. Dengan pertolongan yang tepat dan cepat tentu akan membuat anak bisa kembali sehat dan terhindar dari hal yang bisa membahayakan akibat penyakit tersebut.

gejala demam berdarah pada anak

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang bisa memberi efek buruk jika tidak segera diatasi dengan cara yang tepat. Efek terburuk yang bisa terjadi dari demam berdarah yang menyerang pada tubuh anak bahkan bisa menyebabkan kematian. Tanpa ditangani secara tepat maka akan sangat membahayakan bagi anak, sebab demam berdarah sendiri bukanlah penyakit yang bisa diketahui dengan cepat tetapi bisa dilihat dengan cara yang lama dan juga bertahap. Dengan mengetahui berbagai gejala demam berdarah pada anak, maka akan membuat anda tahu secara benar dan tepat bagaimana mengatasi penyakit tersebut.

Berikut ini adalah gejala-gejala dari penyakit Demam Berdarah.

1. Demam Tinggi

Gejala yang biasa terjadi saat demam berdarah muncul pada anak yang terkena penyakit ini adalah demam yang terlalu tinggi yang dialami oleh anak. Bahkan demam ini bisa mencapai panas lebih dari 40 derajat Celcius. Hal ini akan menyebabkan anak menggigil panas dingin dengan kondisi badan berubah-rubah. Kondisi ini yang terkadang malah membuat Anda menjadi salah tangkap karena kondisi anak yang tadinya panas tinggi kemudian hilang panasnya, terkadang di artikan bahwa kondisi anak sudah membaik dan akan lekas sembuh. Padahal sebenarnya kondisi ini merupakan tanda atau gejala dimana kondisi anak mengalami masa kritis yang harus segera ditangani dengan baik. Hal penting yang juga harus Anda perhatikan adalah durasi atau waktu anak mengalami demam tinggi. Jika anak mengalami demam tinggi hingga lebih dari satu minggu berarti Anda harus segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan pertolongan yang terbaik.

2. Ruam Kemerahan Pada Kulit

Bintik-bintik merah yang terjadi ketika anak mengalami demam tinggi harus diperhatikan dan harus segera ditangani dengan baik. Biasanya banyak orang yang berpendapat jika demam berdarah harus ada ruam merah yang muncul dibagian kulit tubuh si anak. Namun ternyata hal ini tidak selamanya dapat diartikan bahwa hal tersebut baru dapat dibilang gejala demam berdarah tidak semua penderita demam berdarah mengalami dan mendapatkan gejala demam berdarah berupa bintik merah ataupun ruam yang muncul pada bagian tubuh. Bintik merah ini sendiri merupakan infeksi virus dari nyamuk dengue yang kemudian mengakibatkan terganggunya sistem pembekuan darah dan membuat darah menjadi membeku. Bahkan infeksi ini juga akan menjadi parah dengan adanya tanda berupa mimisan ataupun muntah darah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika anak tidak memiliki ruam atau bintik kemerahan tetapi memiliki suhu tubuh yang tinggi dan harus segera ditangani dengan baik.

3. Lemas dan Lesu

Jika saat kondisi sakit walaupun itu hanya penyakit yang biasa saja anak pasti akan mengalami kondisi yang menurun, begitu juga ketika anak sedang mengalami demam berdarah. Pada saat anak mengalami sakit yang biasa saja anak masih bisa untuk sekedar duduk ataupun untuk bergerak secara aktif, namun saat demam berdarah terjadi anak harus menghabiskan waktunya untuk tidur seharian karena lesu dan lemas. Hal ini tentu harus menjadi perhatian khusus sebagai gejala demam berdarah pada anak karena kondisi ini akan membuat anak menjadi semakin lemas dan juga lesu. Ditambah lagi dengan disertai rasa nyeri yang mungkin timbul pada anak terutama dibagian belakang mata. Rasa nyeri ini juga menjadi salah satu gejala yang menjadi tanda jika anak memang positif mengalami demam berdarah. Anak juga akan mengeluh pusing dan raut wajah yang berubah menjadi pucat. Jika hal ini sudah Anda temukan, segeralah untuk membawa dan memeriksakan anak ke dokter dengan cepat.

4. Mual

Pertama-tama anak akan mengalami penurunan nafsu makan yang cukup dratis hingga anak akan mengalami mual dan rasa ingin muntah secara terus menerus. Hal ini dikarenakan adanya rasa yang tidak enak pada perut yang membuat anak kehilangan nafsu makan. Anak-anak yang mengalami demam berdarah juga akan mengalami gejala tambahan yaitu gatal pada bagian telapak kaki, juga batuk dan pilek. Hal ini tentu menjadi salah satu gejala demam berdarah pada anak yang memang harus diperahtikan karena jika tidak akan membuat penyakit demam berdarah menjadi semakin parah.

Berbagai gejala demam berdarah diatas tentu harus diperhatikan agar pada saat anak Anda terekena penyakit tersebut Anda dapat segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Ketika satu gejala demam berdarah sudah mulai terlihat pada anak maka ada baiknya bagi anda untuk segera membawanya ke dokter. Dengan cara ini maka anak akan terhindar dari resiko penyakit demam berdarah yang sangat membahayakan.

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top