Parenting Info

Kenali Gejala Cacingan Pada Anak Berikut Ini

Cacingan adalah salah satu jenis penyakit yang sering menimpa pada anak-anak. Bermain dengan beragam media secara bebas. Cacingan menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi anak sebab penyakit ini bisa menganggu daya tahan dan tumbuh kembang dari anak. Gejala Cacingan Pada Anak sering kali tidak disadari oleh orang tua. Ada banyak sekali media yang menjadi sumber dari bersarangnya virus cacing seperti makanan, pakaian, alat bermain yang kotor ataupun beragam furniture rumah yang kotor juga.

Sponsored: dr rochelle skin expert

Kenali Gejala Cacingan Pada Anak Berikut Ini

Meskipun sebenarnya penyakit cacingan tidak hanya menyerang anak-anak saja, melainkan juga bisa menyerang dari orang dewasa dan bahkan hewan juga. Namun pada anak dengan daya tahan tubuh yang masih rendah dan juga bertemunya mereka dengan beragam media yang kotor menyebabkan mereka sangat mudah terserang penyakit cacingan. Pada anak biasanya mereka akan merasakan serangan penyakit ini pada daerah sekitar anus dan mereka akan merasakan gatal yang luar biasa sehingga mereka akan terus menggaruk-garuk bagian tersebut. Namun sebenarnya ada banyak sekali gejala dari cacingan yang harus para orang tua tau pada diri seorang anak, berikut ini beberapa Gejala cacingan pada anak yang sering dianggap sepele dan kurang diperhatikan.

  1. Meludah

Meludah adalah salah satu gejala yang memang harus diperhatikan dengan benar dan seksama. Ketika anak anda mulai meludah secara terus menerus padahal tidak sedang mengalami gangguan pada bagian mulut tentu hal ini jugalah yang harus segera diperhatikan apakah menjadi gejala penyakit cacingan ataukah tidak. Cacing adalah virus atau parasit yang masuk kedalam bagian tubuh. Cacing yang merupakan hal yang asing bagi tubuh maka akan mendapatkan penolakan dari tubuh. Penolakan ini akan membuat tubuh membentuk perlindungan yaitu dengan memproduksi air liur secara berlebih. Kelebihan air liur pada tubuh ini menyebabkan anak akan sering meludah untuk membuang air liur yang berlebih. Oleh karena itulah demi mendapatkan penanganan yang cepat ketika anak sudah mulai meludah ada baiknya untuk segera memeriksakan anak ketika anak sudah mulai sering meludah.

  1. Tinja yang Berbau

Tak hanya dengan meludah terlalu sering saja, penyakit cacing juga bisa dideteksi dari kotoran yang sudah dibuang oleh anak. Pada umumnya orangtua akan mengecek anak mengalami cacingan atau tidak dengan menemukan cacing yang berada pada kotoran si anak. Namun yang perlu diketahui adalah tidak semua cacing bisa ikut dan terkandung dalam kotoran. Satu hal yang bisa menjadi tanda jika buah hati sedang mengalami cacingan dengan mengecek dari kotoran si anak adalah ketika kotoran mengeluarkan aroma yang sangat berbau bahkan cenderung busuk. Bau yang tidak sedap ini bisa diakibatkan karena tubuh mengalami infeksi dan juga gangguan yang pastinya menyebabkan gangguan pada pencernaan sehingga kotoran dari anak bisa sangat berbau.

  1. Menggaruk Bagian Bokong

Cacing pada tubuh anak biasanya akan menyerang pada bagian anus. Sehingga dengan kondisi seperti ini akan membuat bagian anus menjadi sangat gatal. Hal ini dikarenakan cacing-cacing bertelur dibagian anus anak dan ditempat tersebut pulalah telur disimpan dan mampu menghasilkan rasa gatal yang luarbiasa. Sehingga tak mengherankan jika pada saat mengalami cacingan anak akan terus menggaruk-garuk pada bagian anus secara tidak wajar. Jika hal ini sudah terlihat ada baiknya untuk segera memeriksakan anak untuk mendapatkan pertolongan yang cepat.

  1. Anak Mengalami Susah Tidur Saat Malam Hari

Ketika malam hari dimana anak seharusnya sudah mulai tidur namun tetap masih terjaga dan bahkan sampai terlihat sangat rewel ini juga bisa menjadi salah satu gejala dimana anak mengalami penyakit cacingan. Pada saat malam hari, cacingan biasanya akan lebih terasa dan lebih ganas jika dibandingkan pada saat siang hari karena cacing betina pada saat malam hari akan mulai bergerak dari usus menuju anus dan menyimpan telur-telurnya di anus. Sehingga, dengan aktivitas cacing ini membuat anak pada saat alam hari menjadi susah tidur dan rewel karena merasakan gatal yang luar biasa.

  1. Anak Mengalami napas yang berat

Selain hal-hal tersebut, ada juga yang menjadikan gejala dari adanya cacing pada tubuh anak. Napas yang berat juga menjadi salah satu tanda jika anak sedang mengalami cacingan dimana cacing yang termasuk dalam golongan cacing tambang merupakan jenis cacing dimana larva cacingnya bisa masuk kedalam paru-paru. Hal inilah yang membuat anak menjadi susah bernafas dan bahkan terkadang nafasnya bisa sampai berbunyi. Sehingga, jika anak sudah mulai merasakan nafas yang berat dan terengal-engal ada baiknya untuk segera melakukan tindakan lebih lanjut untuk segera menyembuhkan penyakit pada anak.

Gejala cacingan memang bisa diketahui dengan cepat. Gejala-gejala tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk segera memperhatikan dan memberikan pertolongan yang paling tepat dan cepat untuk anak. Beberapa gejala diatas merupakan gejala-gejala yang paling umum yang sering diterima oleh anak sehingga untuk segera mendapatkan pertolongan ketika sudah mengalami satu gejala segera cek dan periksakan ke dokter. Pertolongan yang tepat dan cepat tentu akan sangat membantu untuk membuat anak agar tetap sehat dan cepat sehat.

 

Baca juga: Makanan Pendamping ASI yang Menyehatkan Untuk Bayi

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top